Skip to content

Arti di balik warna paspor

Jika kamu pernah melihat warna paspor yang berbeda tiap negara di bandara, pernahkah kamu bertanya-tanya; mengapa warna paspornya berbeda-beda? Apa yang membuatnya berbeda? Bagaimana negara tersebut memilih warna tertentu?

Dalam artikel kali ini kami akan membagikan alasan/jawaban dari pertanyaan di atas. Sebelum membahas hal tersebut, paspor sangat penting ketika kita bepergian ke luar negeri. Ada juga yang mengatakan bahwa paspor merupakan tanda pengenal kita yang berlaku di luar negeri. Terkadang paspor bukan hanya sebagai surat legal untuk kita melewati imigrasi di tiap negara, tetapi lebih dari itu.

Di Singapura misalnya, paspor diperlukan ketika kita membeli kartu sim untuk ponsel. Melalui paspor, data diri kita bisa dicatat dalam melakukan registerasi. Pada dasarnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paspor adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri.

Lalu mengapa warna Paspor berbeda di tiap negara? Kebanyakan ada tiga warna yang digunakan untuk memilih warna paspor; merah, hijau, biru atau hitam. Meski warna yang berbeda, tetapi ukuran dan format selalu sama. Mengapa sama? Karena hal ini telah diatur oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

Kembali ke pemilihan warna, ada beberapa alasan suatu negara memilih warna untuk paspornya. Seperti negara-negara Uni Eropa yang memilih warna burgundi sedangkan negara Caricom (Caribbean Community and Common Market) menggunakan warna biru. Ini karena alasan geografi dan politik.

Dikutip dari Telegraph.co.ukbeberapa ada yang berpendapat bahwa warna merah burgundi itu karena adanya sejarah komunis dan warna biru karena simbol dari New World untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania.

Ada juga pemilihan warna hijau berdasarkan religi, seperti negara-negara islam yang memilih warna hijau sebagai warna paspornya. Lihat saja Pakistan, Saudi Arabia, dan Indonesia yang memiliki warna paspor hijau. Masih dari sumber yang sama, warna hijau dipercaya sebagai warna favorit dari Nabi Muhammad SAW. Karena hijau merupakan simbol dari alam dan kehidupan.

Beberapa negara juga memilih menonjolkan keunikan dan simbol dari negaranya sendiri. Seperti Swiss yang memilih warna merah terang sebagai warna paspornya layaknya warna bendera negaranya.

Di Amerika Serikat (AS) menggunakan warna paspor biru tua, tetapi warna maroon dan merah tua juga sering dilihat di bandara, itu karena pemegangnya adalah sedang melakukan perjalanan resmi dari pemerintah AS atau oleh beberapa militer AS dan keluarganya.

Untuk melihat lebih jauh lagi mengenai warna-warna paspor dari tiap negara, kamu bisa klik tautan ini. Kemudian untuk mengetahui warna paspor berdasarkan geografi, bisa lihat pada gambar di bawah ini:

Sumber gambar: Reddit

Sumber gambar: Reddit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: