Bahasa Bali Tourist Spot

Lihat langsung lumba-lumba di pantai Lovina, Bali

Biasanya kita hanya bisa melihat lumba-lumba di Seaworld atau tempat serupa lainnya. Bayangkan, bagaimana jika kita bisa melihat lumba-lumba langsung di tengah laut? Pasti merupakan pengalaman yang berbeda bukan?

Nah, jika berkunjung ke Bali jangan sampai kelewatan untuk mampir ke Lovina. Untuk melihat bagaimana lumba-lumba berenang bersama kumpulannya di tengah lautan bebas. Yang menarik dari pantai ini selain lumba-lumba adalah pasirnya yang berwarna hitam. Berbeda dari pasir-pasir pantai di Bali lainnya yang biasa kita temui di kota Bali.

Pantai Lovina sendiri terletak di pesisir Bali Utara, tepatnya 10 km ke arah Barat kota Singaraja. Lokasinya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Jarak antara Denpasar/Kuta ke Pantai Lovina kurang lebih 100 km. Jika menggunakan mobil dari Denpasar/Kuta kurang lebih memakan waktu 2 jam.

Sumber gambar: Balilovinatours
Sumber gambar: Balilovinatours

Untuk melihat lumba-lumba secara langsung, kita bisa menggunakan kapal yang disewakan. Sejauh 1 km dari bibir pantai kita sudah bisa menyaksikan ikan yang dikenal sangat cerdas ini. Untuk melihatnya di alam bebas, kita harus berangkat dari pantai pada pagi hari, karena lumba-lumba muncul mulai pukul 6 – 9 pagi.

Jika kita bermalam di Denpasar/Kuta, berarti kita harus berangkat pagi-pagi buta, paling lambat pukul 3 pagi. Alternatif lainnya adalah dengan meyediakan waktu untuk pindah hotel ke Lovina. Dengan menginap di Lovina, kita hanya perlu bangun pukul 5:30 pagi kemudian berangkat menggunakan kapal ke tengah laut.

Ketika berada di atas kapal, jangan lupa untuk menyiapkan kamera agar momen tersebut bisa diabadikan. Jangan lupa juga untuk membagikan hasil foto tersebut ke media sosial.

Perlu diingat, untuk menjalani wisata lumba-lumba ini tidak menjamin 100 persen berhasil melihat mamalia ini. Karena kita juga tidak bisa mengatur bagaimana lumba-lumba ini muncul ke permukaan. Faktor alam yang paling berpengaruh, jika cuaca cerah tidak ada alasan untuk lumba-lumba tidak muncul.

Namun jangan berkecil hati, karena 90 persen wisatawan yang melakukan wisata ini puas karena melihat sekelompok lumba-lumba.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s