Tips untuk para perempuan yang ingin traveling seorang diri

Untuk urusan berlibur, semua pasti suka dan tidak ada batasan gender untuk yang satu ini. Bukan hanya pria yang gemar “melarikan diri” untuk jalan-jalan seorang diri, kaum hawa pun juga gemar melakukan traveling  seorang diri. Bahkan sudah banyak perempuan yang berjalan ratusan hingga ribuan kilometer tanpa ditemani oleh siapa pun.

Nah bagi kamu para wanita yang ingin mengikuti tren melancong seorang diri, ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui. Tips ini berkaitan dengan faktor keamanan diri sendiri; berikut di antaranya:

Banyak membaca

Maksudnya adalah banyak baca mengenai tempat-tempat yang akan kamu datangi. Baca juga mengenai review dari orang lain di situs-situs internet. Pastikan kamu merasa nyaman untuk datang ke tempat tersebut seorang diri.

Hotel yang aman

Bepergian seorang diri bukan hanya memperhatikan harga hotel yang murah karena tidak bisa berbagi dalam membayarnya, tetapi juga pastikan hotel tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi.  Untuk mencari yang sesuai dengan kriteria tersebut kamu bisa mencarinya di http://www.reddoorz.com yang merupakan jaringan hotel murah dengan layanan terstandarisasi.

Bagikan jadwal berliburmu ke keluarga

Untuk jaga-jaga, bagikan juga jadwal perjalananmu ke keluarga agar mereka tahu kamu ada di mana. Pastikan juga kamu selalu memberikan kabar ke mereka.

Foto dokumen pentingmu

Sebelum berangkat pastikan kamu telah memotret dokumen penting milikmu dan simpan di layanan “awan” seperti Dropbox agar kamu bisa buka di komputer mana pun ketika kehilangan dokumen tersebut. Yang dimaksudkan dokumen penting adalah paspor, visa, bukti booking hotel dan tiket pesawat, dan lainnya.

Bawa barang yang diperlukan saja

Setelah beres dengan masalah pemesanan kamar dan tiket, saatnya untuk berkemas semua barang ke tas atau koper. Karena kamu bepergian seorang diri, jadi pastikan kamu membawa yang penting-penting saja. Alasannya agar tas atau koper tersebut cukup ringan untuk dibawa. Karena berjalan seorang diri, jadi kita tidak bisa mengandalkan orang untuk membawa barang tersebut.

Pisahkan uang kamu

Sumber gambar: Gobankingrates
Sumber gambar: Gobankingrates

Hal yang penting adalah jangan menempatkan uang di satu tempat. Pisahkan uang yang kamu bawa di beberapa tempat. Alasannya untuk menjaga jika suatu saat dompet kamu hilang, kamu tidak kehilangan semua uang kamu.

Jangan memakai perhiasan

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah meninggalkan perhiasanmu di rumah. Hal ini juga pas untuk tidak mencuri perhatian ketika sedang berada di sana.

Jangan lupa bawa tongsis

Tongsis atau tongkat narsis sangat berguna untuk membantu kita mengambil gambar seorang diri tanpa bantuan orang lain.

Tanya dengan pihak hotel

Sebelum keluar kamar hotel, ada baiknya untuk bertanya ke pihak hotel tempat mana yang aman untuk dikunjungi dan juga tempat yang tidak aman untuk dikunjungi seorang diri. Jangan lupa juga untuk bertanya transportasi untuk sampai ke tempat tersebut.

Jangan buka ponsel di jalan

Untuk menghindari dari orang jahat, ada baiknya jangan membuka ponsel di jalan. Jika memang butuh melihat ponsel, masuklah ke salah satu cafe atau tempat lain yang aman. Kemudian buka ponsel kamu di sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s