Yuk coba es krim legendaris di Jakarta

Sumber gambar: Oligolis
Sumber gambar: Oligolis

Es krim Ragusa merupakan sebuah kedai es krim yang telah berdiri sejak tahun 1932 di Jakarta. Selain sudah bertahan hingga sekarang, cita rasa yang ditawarkan sangat unik dan berbeda dari es krim kebanyakan. Karena Ragusa menggunakan bahan dasar susu sapi segar, sehingga dapat membuat tekstur es krim yang lembut dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Menurut Wikipedia, awalnya Ragusa didirikan oleh pria berkebangsaan Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Mereka datang ke Batavia (Jakarta) untuk berlajar menjahit di daerah Jakarta Pusat. Setelah lulus, kedua bersaudara tersebut pergi ke Bandung dan bertemu dengan seorang wanita Eropa yang memiliki peternakan sapi dan memberikan banyak susu sapi kepada mereka.

Susu sapi tersebut dimanfaatkan Luigie dan Vincenzo sebagai bahan untuk membuat es krim Italia yang ternyata banyak disukai. Dengan dibantu oleh tiga orang saudara laki-laki lainnya membangun toko es krim Ragusa pertama di Jalan Pos (sekarang Jalan Naripan), Bandung. Dalam menjalankan usahanya, Ragusa dibantu oleh Jo Giok Siaw (Yo Giok Siang), seorang teman di sekolah menjahit.

Setelah itu mereka mulai ekspansi dan membuka tokonya di Pasar Gambir (Jakarta Fair) pada tahun 1932. Namun sayangnya pasar ini hanya ada satu tahun sekali. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuka toko di Citadelweg (sekarang Jalan Veteran I no. 10), Jakarta Pusat pada tahun 1947.

Hingga kini Ragusa masih banyak dicari oleh peminatnya. Bahkan pada waktu-waktu tertentu kita menemukan antrean yang panjang untuk dapat memesan es krim olahan rumahan ini. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah es krim Spaghetti.

Sumber gambar: Topsy
Sumber gambar: Topsy

Mendengar namanya mungkin aneh, tetapi es krim yang disajikan memang berbentuk seperti makanan khas Italia, Spaghetti. Rasa es krim yang ada pada menu ini adalah cokelat, stroberi, vanilla, moka, nouggat, durian dan rum raisin juga beberapa olahan lainnya.

Selain es krim Spaghetti, Banana Split juga wajib kamu coba ketika datang ke kedai es krim di jalan Jalan Veteran I No.10, Gambir, Jakarta Pusat. Banana Split memang sudah banyak ditawarkan oleh berbagai penjual es krim lain, tetapi sudah kah coba menu ini khas dari Ragusa?

Kembali ke beberapa tahun ke belakang, Ragusa sempat mengalami cobaan ketika berbagai industri es krim mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980-an. Penjualan Ragusa sempat menurun namun dengan cepat meningkat kembali karena mereka menjual hasil olahan es krim tanpa busa, berbeda dengan industri pada umumnya.

Ragusa sempat memiliki 20 toko es krim di Jakarta, namun akibat kerusuhan tahun 1998, banyak toko mereka yang dirusak dan dibakar.

Di bagian depan toko ini juga menjual berbagai macam jajanan atau makanan kecil, mulai dari sate, otak-otak hingga rujak.

Nah ketika mampir ke es krim Ragusa, jangan lupa juga untuk bermalam di salah satu hotel milik kami, RedDoorz. Ada beberapa properti hotel kami yang tersebar di dekat dengan lokasi es krim ini. Jika ingin di tempat lain, kalian juga bisa mencari berbagai hotel murah di Jakarta lainnya dengan masuk ke laman website kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s