Bahasa Bali Places To Visit

Jalan-jalan ke penangkaran penyu di Bali

Sumber gambar: Asaidluv
Sumber gambar: Asaidluv

Tahukah kalian kalau di Bali bukan hanya ada wisata alam yang indah juga kuliner yang beragam, tetapi ada juga tempat penangkaran penyu. Bertempat di kawasan wisata Tanjung Benoa, penangkaran penyu ini bernama Deluang Sari.

Tanjung Benoa sendiri pasti sudah tidak asing bagi kalian yang gemar melakukan water sport di Bali. Karena wilayah ini menjadi salah satu spot untuk melakukan olahraga air. Di Sepanjang jalan juga banyak penyedia jasa yang menawarkan kegiatan seru di air.

Kegiatan tersebut mulai dari Banana Boat, Parasailing, Snorkeling, menyelam, dan lainnya. Bahkan di jalan menuju Tanjung Benoa juga sudah banyak para pengguna motor yang menawarkan kegiatan olahraga air tersebut.

Masalah harga, semua kegiatan nampaknya masih bisa ditawar. Tetapi berbeda dengan biaya masuk ke penangkaran penyu di Deluang Sari. Karena biaya masuk sudah tergolong murah dan menggunakan tiket, makanya harga tidak bisa ditawar lagi.

Sebesar Rp 10 ribu saja bagi dewasa, Rp 5 ribu bagi anak-anak untuk masuk ke tempat penangkaran ini. Penangkaran penyu ini dikelola oleh masyarakat setempat, yang mana sumber pendanaan berasal dari tiket masuk tersebut yang lebih dikenal sebagai uang donasi.

Sumber gambar: blogvilla-bali
Sumber gambar: blogvilla-bali

Di sini selain bisa melihat penyu, kita juga bisa bermain dengan hewan lucu yang memiliki “rumah” sendiri ke mana pun merek pergi ini. Ada beberapa jenis penyu yang bisa kita temui di sini, di antaranya adalah penyu hijau, penyu lekang, dan penyu sisik. Masalah usia juga beragam, ada yang masih anak (tukik) mau pun penyu dewasa.

Mengapa tempat ini sangat cocok untuk penangkaran penyu? Karena memiliki sistem ekologi yang utuh, pantainya yang bersih dan terjaga, dan hutan bakaunya yang subur. Deluang Sari lokasi tepatnya di sebuah delta kecil yang ditumbuhi oleh hutan bakau, memiliki pantai yang berpasir putih, gelombagnya tenang, dan tepat menghadap ke Pelabuhan Benoa.

Di sini tersedia kolam dan bak yang berisikan penyu-penyu sebagai tempat menampung dan merawat penyu dari mulai menetas hingga dewasa. Bahkan umur penyu di sini ada yang mencapai 70 tahun.

Selain penyu, terdapat juga beberapa jenis hewan lain yang bisa kita lihat; ayam, binatang dan burung-burung liar. Di pulau kecil ini juga terdapat toko suvenir, rumah makan, dan tempat atraksi untuk satwa.

Tempat penangkaran penyu sangat penting, karena banyak sekali penyu yang menjadi korban pemburuan demi uang semata untuk diperjual belikan. Padahal ekosistem penyu sudah semakin sedikit, untuk itu karena penyu merupakan hewan yang dilindungi, maka tempat ini menjadi sangat penting untuk populasi penyu.

Tempat ini dibangun atas kepedulian masyarakat yang peduli dengan kelangsungan hidup hewan air dibantu dengan World Wildlife Fund (WWF) dan pemerintah daerah. Bagi kalian yang juga peduli dengan penyu, bisa langsung datang ke sini ketika sedang berada di Bali.

Di pulau dewata ini juga terdapat banyak penginapan murah yang menawarkan berbagai fasilitas khas hotel bintang 5. Kita bisa melihat hotel-hotel milik RedDoorz yang menawarkan harga murah dengan pelayanan yang sudah terstandarisasi.

RedDoorz sendiri telah tersebar di tiga kota di Indonesia; Jakarta, Bandung, Bali. Jadi bagi kita yang memiliki rencana untuk berlibur ke tiga kota tersebut, hotel dari RedDoorz bisa dijadikan akomodasi terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s