Nikmati kesenian asli Sunda di Saung Angklung Udjo

Sumber gambar: Parisvanjava
Sumber gambar: Parisvanjava

Bicara mengenai Bandung, langsung terbayang bagaimana kota ini dipenuhi oleh orang-orang kreatif yang selalu memberikan warna baru di negeri ini. Sebut saja banyak brand local yang berasal dari sini, juga musikus, hingga tempat makan yang unik-unik.

Seakan tidak melupakan budaya, di kota ini juga bisa ditemui pusat kebudayaan Sunda yang juga tidak kalah banyak disukai. Yaitu Saung Angklung Udjo yang menjadi salah satu tujuan utama para pelancong ketika mereka berada di kota “Paris-nya Jawa.”

Saung Angklung Udjo merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrumen musik dari bambu. Lalu tempat ini juga memiliki tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara pusat kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan bambu. Cara memainkannya adalah dengan di goyangkan. Tiap angklung memiliki suara yang berbeda, sehingga bisa menghasilkan suara yang indah jika dimainkan.

Tempat ini didirikan oleh Udjo Ngalagena dan istrinya pada tahun 1966 dengan maksud untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional Sunda. Tempatnya ada di jalan Padasuka 118, Bandung Timur, Jawa Barat.

Tempat ini dipenuhi dengan dekorasi dari kerajinan bambu. Bukan hanya itu saja, tempat ini pun dikelilingi oleh pohon bambu. Di sini juga diadakan pertunjukan rutin tiap sore, dengan udara yang segar di lingkungan ini, membuat para pengunjung yang datang menjadi lebih nyaman dalam menikmati pertunjukan di sini.

Sumber gambar: Indonesiaful
Sumber gambar: Indonesiaful

Pertunjukan yang ditampilkan adalah memainkan angklung secara bersama-sama. Bahkan kadang alat musik angklung yang terbilang tradisional dikombinasikan dengan alat musik modern seperti drum. Bukan hanya itu saja, ada juga pertunjukan seni tradisional lainnya seperti wayang golek dan tari topeng.

Pertunjukan ini biasanya memakan waktu 1.5 jam, mulai dari pukul 15.30 sampai 17.00.

Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga, buat orang tua bisa bernostalgia dengan memainkannya, sedangkan untuk anak-anak bisa sambil belajar dengan alat musik tradisional ini.

Menariknya, di tempat ini juga memiliki restoran yang menjual menu makanan tradisional asal Sunda. Di rumah makan dapur mang Udjo tersedia berbagai menu yang dapat kita coba. salah satu yang menjadi andalan di rumah makan ini adalah nasi timbel komplit angkung.

Yaitu kita akan mendapatkan sajian lengkap nasi timbel, tahu, tempe, lalapan, dan sambal, sementara lauknya pengunjung dapat memilih ayam tulang lunak atau gepuk. Benar-benar membuat perut menjadi lapar.

Harga tiket masuk ke sini dibanderol Rp 60 ribu untuk hari biasa, dan Rp 75 ribu untuk akhir pekan. Tiket tersebut sudah termasuk dengan welcome drink dan bisa menonton pertunjukan. Saung Angklung Udjo buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 8 sore.

Cukup murah melihat harga yang dibanderol dengan apa yang kita dapatkan di sini. Tidak hanya itu, di Bandung sendiri ada hotel murah yang sudah terstandarisasi dari RedDoorz yang memang terkenal dengan menyajikan hotel murah di tiga kota di Indonesia.

Fasilitas yang disediakan juga layaknya hotel bintang 5, lengkap dengan WiFi, TV kabel, linen yang bersih, kamar yang bersih, juga kamar mandi bersih lengkap dengan perlengkapan mandinya berupa sampo, sabun, dan moisturizer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s