Wisata Bukit Moko di Bandung

Bukit Moko belakangan ini banyak menjadi bahan pembicaraan di kalangan para pelancong tanah air. Ditambah lagi dengan adanya program jalan-jalan yang tayang di YouTube mendatangi tempat ini, menjadi lebih banyak dikenal.

Tidak sedikit juga yang mengetahui tentang tempat ini dari program tersebut. Hingga kini bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pelancong yang datang ke Bandung.

Lalu apa yang dicari di atas bukit ini? Apa lagi kalau bukan pemandangannya yang sangat indah. Kita bisa menikmati sunrise dari atas sini. Selain itu pemandangan indah kota Bandung juga terlihat sangat cantik dari atas sini.

Waktu paling pas berada di atas sini adalah pada pukul 5.30 pagi, sehingga kita bisa benar-benar menikmati matahari yang “baru bangun” dari tidurnya. Oia, di sore hari pemandangan yang ditawarkan oleh bukit ini tidak kalah cantiknya. Paling pas kita datang pada pukul 17.30 untuk melihat matahari kembali ke “tidurnya.”

Bukit Moko terletak di salah satu desa bernama Desa Cimenyan. Untuk sampai ke tempat ini kita bisa melewati jalan lurus menanjak ke jalan Padasuka, kemudian melewati salah salah satu tempat tujuan wisata yang juga terkenal, Saung Angklung Udjo.

Sebenarnya masih ada jalan alternatif untuk sampai ke tempat ini, tetapi jalan tersebut sangat tidak direkomendasikan. Karena jalan atau medan yang akan ditempuh jauh lebih sulit dari kita melewati jalan Padasuka.

Untuk sampai ke sini, disarankan menggunakan kendaraan yang baik dan sehat, mengapa? karena keselamatan kita bisa menjadi taruhannya. Pasalnya jalan tanjakan terjal dan tidak sepenuhnya aspal akan kita lalui untuk sampai ke bukit ini. Batu dan tanah adalah jalan yang ditempuh, bayangkan jika kendaraan kita tidak dalam kondisi yang baik.

Belum lagi jika turun hujan selagi kita menanjak ke sini, jalanan akan menjadi ekstra licin dan perlu berhati-hati. Disarankan juga menggunakan kendaraan yang tinggi dan memiliki kemampuan menanjak yang baik.

Sumber gambar: Ridwanbejo
Sumber gambar: Ridwanbejo

Di atas terdapat warung yang bisa kita manfaatkan beristirahat dengan menikmati kopi atau bandrek. Nama warung ini adalah Warung Daweung, yang berasal dari bahasa Sunda yang berarti melamun. Karena warung ini sangat cocok untuk kita yang ingin melamun sambil menikmati keindahan pemandangan kota Bandung, ditemani dengan santapan khas warung ini.

Warung Daweung sudah cukup dikenal oleh orang sekitar, jadi tidak perlu khawatir tersesat jika ke sini. Warung ini juga menjadi pemberhentian terakhir dari perjalanan ini. Di sini lah kita bisa menikmati pemandangan yang indah tersebut.

Apa saja yang bisa kita lakukan ketika berada di Bukit Moko selain yang telah disebutkan di atas? Adalah jalan-jalan di hutan pinus yang juga tidak kalah indahnya. Kita bisa sambil berfoto di hutan ini setelah melihat matahari terbit.

Di Instagram sendiri banyak ditemui foto-foto di hutan pinus ini. Jadi sayang kan jika setelah melihat sunrise langsung balik ke Bandung kota lagi? Di Bandung juga tidak boleh dilewatkan untuk bermalam di hotel murah dari RedDoorz yang menawarkan fasilitas layaknya hotel berbintang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s