Skip to content

Wisata religi ke masjid Al-Irsyad di Bandung

Di Bandung ada masjid-masjid besar dan cukup mengambil perhatian juga bisa menjadi tujuan wisata religi ketika kita ke kota ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama muslim, tidak heran jika di tiap kota terdapat masjid-masjid besar nan indah.

Berkunjung ke kota kembang; julukan dari Bandung, ada dua masjid besar yang bagus untuk kita kunjungi dan beribadah di dalamnya. Apa saja masjid tersebut? Salah satunya adalah Masjid Al-Irsyad.

Masjid Al-Irsyad merupakan sebuah masjid yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010. Bentuk masjid sekilas hanya seperti kubus besar layaknya bentuk bangunan kubah di Arab Saudi. Dengan konsep ini, dari luar terlihat garis-garis hitam di dinding masjid.

Masjid Al-Irsyad diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah tepatnya 27 Agustus 2010 silam. Bangunannya unik, megah, dan kokoh. Beberapa bulan setelah dibangun, masjid yang memiliki arsitektur memukau ini langsung meraih penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Pembangunan masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil dengan memanfaatkan sinar matahari. Desain arah kiblat dibuat terbuka dengan pemandangan alam. Saat senja, sinar matahari akan masuk dari bagian depan masjid yang tak berdinding tersebut.

Sumber gambar: annisabersabda

Sumber gambar: annisabersabda

Yang menarik ialah ketika pada malam hari dimana lampu-lampu masjid dinyalakan maka lampu yang menerobos keluar ruangan seolah membentuk lafaz syahadat. Ketika menginajakan kaki di dalam masjid ini, langsung berasa ketenangan batin yang memang pas sekali untuk langsung sujud kepadaNya.

Bagian langit-langit masjid, seolah mencuatkan batang-batang berbentuk kotak. Cuatan kotak-kotak dari langit-langit ini adalah lampu. Jumlahnya ada 99, yang menggambarkan jumlah seluruh sifat-sifat Allah. Tiap kotak dipasangkan cetakan kaligrafi bertuliskan sifat-sifat Allah.

Jangan lupa juga mampir di salah satu hotel milik RedDoorz selaku penyedia hotel murah yang tersebar di tiga kota di Indonesia; Jakarta, Bandung, dan Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: