Ponsel atau kamera yang terbaik dibawa berlibur?

Membaca judul di atas merupakan pilihan yang sulit. Yang pasti ponsel tidak boleh ketinggalan ketika kita ingin berlibur. Tetapi kamera juga tidak boleh dilupakan ketika pergi berlibur untuk memotret apa pun yang menarik dan juga menjadi memori bagi kita ketika berlibur.

Apakah kedua benda ini wajib dibawa? Pasalnya seperti yang kita ketahui, bahwa hampir semua ponsel yang kita punya sekarang ini memiliki kamera. Kamera yang dibenamkan pada masing-masing ponsel juga kebanyakan sudah memiliki kualitas yang baik.

Namun, apakah kamera pada ponsel bisa menggantikan kamera konvensional sehingga kita tidak perlu membawa kamera lagi ketika berlibur? Mari kita bahas selengkapnya di sini:

Sumber gambar: Readymag

Kualitas gambar

Kamera pada ponsel memang tidak bisa menandingi kualitas kamera konvensional. Kamera memiliki fitur-fitur yang diberikan untuk menghasilkan gambar terbaik dalam keadaan seperti apa pun. Sensor yang dimiliki juga lebih besar dibandingkan dengan sensor kamera pada ponsel.

Tetapi beberapa ponsel kelas menengah dan kelas atas sudah memiliki kualitas gambar yang baik. Bahkan jika teknik pengambilan yang tepat dan menggunakan aplikasi yang tepat pula, kita bisa menghasilkan gambar yang tidak kalah baik dari kamera pada umumnya.

Tinggal kita pilih saja, apakah hasil dari kamera ponsel sudah cukup? Jika iya, maka tinggalkan kamera di rumah. Tetapi kalau ingin hasil foto yang lebih baik lagi, bawa kamera kamu ketika berlibur.

Lensa

Sumber gambar: Pexels
Sumber gambar: Pexels

Kamera konvensional memiliki lensa yang lebih baik memang dibandingkan dengan kamera pada ponsel. Apalagi dibandingkan dengan kamera mirrorless atau DSLR yang lensanya bisa diganti sesuai kebutuhan, jelas kamera konvensional lebih unggul.

Sedangkan pada kamera ponsel yang memiliki lensa seadanya, tidak bisa menandingi kamera konvensional. Tetapi, ada beberapa ponsel yang memberikan lensa terbaik di ponselnya. Namun, balik lagi sesuai dengan kebutuhan. Jika kita tidak perlu foto yang “serius,” maka kamera di ponsel sudah cukup.

Autofokus

Hmm.. fitur yang satu ini memang sangat penting bagi kedua kamera; pada ponsel mau pun kamera konvensional. Untuk menghindari gambar yang kabur, autofokus yang baik sangat diperlukan.

Kamera pada ponsel ada yang memiliki autofokus yang baik, sedangkan pada kamera konvensional ada juga yang memiliki autofokus kurang bagus dan cepat. Untuk yang ini nampaknya tergantung dari ponsel dan kamera apa yang kita punya.

Minim cahaya

Ketika berlibur, tidak selamanya kita ingin mengabadikan gambar pada cahaya yang baik. Kadang ada kalanya juga pemandangan pada malam hari di suatu tempat sangat baik untuk diabadikan. Jadi kamera dengan pengambilan gambar yang baik pada keadaan minim cahaya sangat penting untuk dipertimbangkan.

Lensa dengan bukaan lebar akan sangat penting untuk pengambilan gambar yang satu ini. Lensa pada ponsel sudah banyak yang memiliki bukaan yang lebar, jadi untuk pengambilan gambar minim cahaya sudah cukup baik.

Nah semua aspek sudah dijelaskan, hasilnya balik lagi ke kebutuhan masing-masing. Jika ingin hasil yang sangat baik, maka kamera sangat penting dibawa ketika berlibur. Tetapi jika menggunakna ponsel saja sudah cukup dan merasa repot untuk membawa kamera ketika berlibur, nampaknya kamera perlu ditinggal saja di rumah.

Tetapi yang pasti dibutuhkan para traveller adalah hotel murah di tempat tujuan berlibur. Kalian bisa menemukannya dengan mudah di website milik RedDoorz yang selalu menawarkan hotel murah dengan fasilitas yang sangat baik; WiFi di tiap kamar, TV kabel, kamar dan kamar mandi yang bersih, lengkap dengan perlengkapan mandinya.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas tambahan di tiap hotelnya. Jadi, langsung saja pesan kamar mu di RedDoorz sebelum berlibur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s