5 kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba

Mendatangi ke suatu kota, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khas yang ditawarkan oleh kota tersebut. Seperti yang sudah diketahui bersama, Indonesia memang kaya akan budaya. Salah satunya adalah kuliner khas tiap daerahnya.

Seperti juga Surabaya yang menawarkan banyak kuliner khas yang patut kita coba ketika berada di kota pahlawan tersebut. Apa saja kuliner khas Surabaya tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

Rujak Cingur

Sumber gambar: Perut gendut
Sumber gambar: Perut gendut

Apa itu Rujak Cingur? Adalah kuliner khas Surabaya yang berisikan aneka sayur, buah-buahan dan lontong yang disiram dengan bumbu kacang dengan petis. Terdengar seperti gado-gado? Tenang, justru yang beda dari kuliner yang satu ini adalah ditambahnya cingur.

Cingur atau hidung kerbau merupakan bahan utama dari makanan ini. Jadi semua bahan makanan yang saya sebutkan di atas, dicampur dengan cingur. Rujak Cingur mudah ditemui di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Sate Klopo

Sumber gambar: Merahputih
Sumber gambar: Merahputih

Sate Klopo sama seperti Rujak Cingur yang mudah ditemui di Surabaya. Sama seperti sate pada umumnya, tetapi bedanya Sate Klopo mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Sebelum dibakar, akan dilumuri kelapa terlebih dahulu.

Meski banyak yang menawarkan Sate Klopo, tetapi yang terkenal adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Lokasinya terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Ketika ingin berkunjung ke sini, pastikan kita sabar menunggu. Karena warung ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung yang juga ingin mencicipi Sate Klopo.

Nasi Goreng Jancuk

Sumber gambar: Juantoherdiawan
Sumber gambar: Juantoherdiawan

Berbeda dari yang lainnya, nasi goreng yang satu ini menawarkan porsi yang luar biasa besar. Karena saking besarnya, satu porsi bisa dinikmati oleh empat atau lima orang sekaligus. Selain posri yang besar, rasa pedas yang ditawarkan juga perlu diperhatikan.

Karena nasi goreng ini memiliki rasa yang cukup pedas. Nasi Goreng Jancuk memang sangat pas disajikan untuk orang-orang yang suka pedas. Harga satu porsinya bisa ditebus dengan sekitar Rp 100 ribuan.

Warung Kepiting Cak Gundul

Sumber gambar: Titofebrian
Sumber gambar: Titofebrian

Rumah makan yang satu ini sudah sangat terkenal dengan sajian kepitingnya yang sangat lezat. Ketika berada di Surabaya, sajian kepiting yang paling pas untuk dinikmati adalah di tempat makan ini.

Bayangkan saja bagaimana warung makan ini sangat terkenal? Karena warung ini sudah berdiri sejak tahun 1992. Yang wajib dicoba di sini adalah Kepiting bumbu Kare dan Kepinging Asam Manis. Lokasinya berada di jalan Kupang Indah.

Rawon Setan

Siapa yang tidak tahu Rawon? Adalah makanan khas Jawa Timur. Makanan ini seperti soto, namun memiliki kuah yang berwarna pekat dari bumbunya yang bernama kluwak. Biasanya rawon berisikan daging sapi dan jeroan sapi.

Salah satu yang terkenal menyajikan rawon di Surabaya adalah Rawon Setan. Karena memiliki potongan daging yang besar dan juga empuk ketika digigit. Terbayangan bagaimana nikmatnya sajian ini? Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Surabaya langsung mencari rawon sebagai makanan mereka di sana.

Ketika berada di Surabaya, jangan lupa juga memilih RedDoorz sebagai akomodasi menginap kita di sana. Karena RedDoorz sekarang sudah menyediakan hotel murah di Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s