4 lokasi untuk camping terbaik di Jawa Barat

Jawa Barat memang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Tidak heran jika di sana terdapat gunung-gunung yang memancarkan udara bersih yang bisa dinikmati kesejukannya. Oleh karena itu, Jawa Barat banyak memiliki tempat-tempat yang pas sebagai lokasi berkemah.

1. Gunung Gede Pangrango

Mungkin gunung yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi yang suka naik gunung. Nah bagi kita yang sudah pernah mendaki gunung ini, pasti sudah tahu betul bagaimana pemandangan ketika berada di sini. Taman Nasional Pangrango merupakan salah satu dari lima Taman Nasional yang pertama  kali diumumkan di Indonesia.

Beberapa lokasi wisata yang bisa dinikmati di Gunung Gede adalah Telaga Biru; Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru, Air Terjun Cibeureum; Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas, dan Alun-alun Suryakencana; dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss.

2. Gunung Guntur

Gunung Guntur terletak di Garut dengan memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Gunung ini merupakan tipe gunung stratovolcano. Gunung Guntur juga merupakan gunung merapi yang paling aktif di pulau Jawa pada dekade 1800an.

Meski gunung ini tidak terlalu tinggi tetapi jangan salah, Gunung Guntur menawarkan pemandangan yang indah. Tetapi untuk mencapai ke sana kita harus melalui berbagai jalan terjal. Selain itu medan yang ditempuh juga cukup menantang. Jadi untuk mendapatkan sesuatu yang indah, kita memang harus melewati segala macam rintangan.

3. Pondok Salada

Pondok Salada berada di Gunung Papandayan yang belakangan ini menjadi tempat favorit pada pendaki. Karena medan yang tidak terlalu ekstrem, pemandangannya bagus, serta sumber air yang melimpah. Karena itu pula pada akhir pekan atau hari libur, Pondok Salada menjadi ramai dikunkungi.

Di sini pula terdapat bunga edelweis yang menambah kesan indahnya pemandangan. Selain itu warung juga sudah mulai banyak berdiri yang diikuti juga dengan wc umum. Untuk sampai ke tempat ini, dari tempat parkir bisa ditempuh selama dua jam.

4. Sarongge

Untuk yang satu ini merupakan wisata kemping yang juga cocok untuk keluarga. Di sini banyak tertanam berbagai macam tumbuhan. Pohon yang biasa ditemui di Gunung Gede juga bisa ditemukan di sini, di hutan dekat perkemhan.

Ikon wisata di sini adalah mengadopsi pohon. Program ini diklaim telah berjalan sejak tahun 2008 dengan tujuan rehabilitasi areal taman nasional yang sudah menjadi kebun sayur, untuk kembali menjadi hutan primer.

Siapa saja yang sudah pernah menjalankan program ini? Di antaranya adalah mantan Presiden SBY dan Ani Yudhoyono, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, presenter Olga Lydia, juga beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Itu tadi adalah lokasi untuk kemping di Jawa Barat. Perlu diketahui juga, di Jawa Barat khususnya Bandung sudah terdapat banyak penginapan murah jika kita tidak ingin langsung pulang ketika setelah camping. 

Karena di kota Bandung yang juga terletak di Jawa Barat menawarkan banyak sekali tujuan wisata yang bisa dinikmati. Untuk menemukan hotel murah di Bandung, bisa langsung mengunjungi website kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s