Skip to content

Google Trips, solusi untuk tiap traveling kita

Hal apa yang paling asyik dilakukan ketika traveling? Jelas ketika mengunjungi tempat-tempat yang sangat menarik di lokasi tersebut. Tempat itu bisa kita dapatkan dengan sebelum perjalanan telah membuat rencana perjalanan. Tetapi sayangnya, hal yang paling malas dilakukan ketika melakukan perjalanan berlibur adalah membuat rencana perjalanan tersebut.

Kita harus memikirkan matang-matang mengenai waktu dan uang yang harus kita keluarkan untuk melakukannya. Juga harus menyisipkan waktu yang mungkin tidak sebentar dalam perjalanan atau ketika sedang berada di sana. Jadi perencanaan seperti ini sangat penting untuk dilakukan oleh siapa pun yang ingin melakukan traveling.

Bagaimana juga kita bisa tahu tempat-tempat menarik yang wajib kita kunjungi di kota tersebut? Atau landmark yang harus didatangi ketika berlibur ke sana? Internet adalah jawaban dari semuanya. Tetapi kita harus meluangkan banyak waktu untuk mencarinya di internet agar perjalanan kita semakin berasa. Sayangnya banyak yang tidak punya waktu untuk mencari di internet, apalagi membuat itinerary ‘kan?

Karena merasa malas untuk membuat itinerary, banyak di antara kita yang membuatnya ketika sudah sampai di kota atau Negara tujuan. Hasilnya? Bisa ditebak sendiri, pasti kurang memuaskan. Mungkin tidak terlalu gagal, tetapi tidak yang seharusnya kita harapkan. Belum lagi ternyata jarak yang jauh sehingga memakan waktu traveling kita.

Intinya menyusun jadwal perjalanan ketika ingin berlibur merupakan hal yang penting. Jangan sampai ketika kita sudah luangkan waktu dari kesibukan kita, menabung untuk pergi ke tempat tersebut, kita malah tidak menikmatinya. Hal ini juga sangat perlu diperhatikan untuk para traveler budget yang juga ramai dilakukan belakangan ini.

Sumber gambar: Google

Sumber gambar: Google

Nah buat kita yang selalu mengalami hal serupa, kali ini ada aplikasi dari Google yang patut diinstal di ponsel kita. Namanya adalah Google Trips. Adalah aplikasi yang mampu membantu segala macam kebutuhan kita selama berlibur. Aplikasi ini bisa bekerja untuk perangkat Android maupun iOS.

Apa saja yang bisa aplikasi ini tawarkan? Banyak sekali, seperti yang sudah dibahas di atas, aplikasi ini bisa menawarkan semua yang kita perlukan ketika berlibur. Kita bisa menentukan tujuan atau membuat itinerary di tempat dengan rekomendasi lokasi-lokasi yang tidak kalah menarik.

Tiap lokasi yang ditampilkan, lengkap dengan alamat, jam beroperasi, no telepon, website, hingga map yang langsung bisa menunjukan ke kita direksinya dari posisi kita berada. Selain itu, di bagian bawah lokasi, ada juga ulasan-ulasan dari para traveler lain yang pernah mengunjungi ke tempat ini terlebih dahulu.

Aplikasi yang baru diluncurkan ini akan sangat membantu kita dalam memilih dan menyusun rencana perjalanan kita. Yang lebih membuat aplikasi ini semakin bekerja dengan baik, ketika kita bepergian ke luar negeri.

Mengapa? Karena kita bisa menjalankan aplikasi ini meski tidak terhubung dengan internet. Wow.. Ketika mendarat di kota tersebut, kita tidak perlu mencari WiFi untuk mencari alamat hotel. Karena ketika kita sedang mengantre imigrasi atau bahkan ketika di perjalanan kita bisa melihat alamat hotel tempat kita bermalam.

Balik lagi ke masalah pembuatan rencana perjalanan, Google Trips menawarkan full-day atau one-day tur dengan lebih dari 200 tempat destinasi. Tetapi sebelumnya kita harus mengunduhnya terlebih dahulu di kota atau Negara asal.

Namun sekalinya kita sudah mendarat, kita bisa mengakses semuanya dengan mudah meski tanpa ada koneksi internet. Dari sini kita sudah bisa membuat rencana perjalanan kita mulai dari landmarks kota dan Negara tersebut, tempat-tempat populer di tempat tersebut, transportasi, hingga rekomendasi tempat makan.

Sumber gambar: Androidpit

Sumber gambar: Androidpit

Dengan menggunakan aplikasi ini, sama saja kita seperti memiliki asisten traveling pribadi yang bisa diandalkan. Menggunakan aplikasi ini kita akan sangat menghemat waktu. Karena kita tidak perlu mencari alamat, direksi, dan jam beroperasi tempat tersebut, seperti yang biasa dilakukan sebelum adanya aplikasi baru dari Google ini.

Apa saja yang bisa kita cari dengan aplikasi ini? Intinya apa saja tempat yang ingin kita cari. Seperti museum apa yang bisa ditempuh dengan jalan kaki? Atau mencari tempat makan tradisional yang terbaik di lokasi tersebut? Kita juga bisa membuat planning dari tempat satu ke tempat lainnya dengan mudah.

Ketika kita sudah memastikan tempat mana-mana saja yang ingin didatangi, aplikasi ini akan otomatis membawa kita dengan tujuan dari yang terdekat ke yang terjauh. Benar-benar aplikasi yang sangat berguna.

Intinya Google Trips memberikan banyak sekali hal atau tempat menarik yang di dekat atau jauh dari posisi kita sekarang. Jadi kita bisa menemukan destinasi berikutnya dengan cara yang sangat-sangat mudah dan cepat pastinya.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Ketika selesai mengunduhnya, kita bisa masuk ke aplikasi tesebut, kemudian masukan kota tujuan dari traveling kita. Setelah itu, kita bisa masukkan kapan tanggal kita sampai dan kita pulang dari sana.

Setelah itu, kita bisa unduh “kota” tersebut melalui aplikasi Google Trips. Cara unduhnya juga cukup mudah, hanya dengan meggeser toggle yang ada di layar. Kita bisa dengan mudah menemukannya ketika sudah selesai mengunduhnya. Selesai mengunduh, kita bisa memulai perjalanan dengan nyaman berkat bantuan aplikasi ini.

Bukan hanya bisa membuat rencana perjalanan kita, aplikasi ini juga bisa mengorganisir semua reservasi kita, mulai dari pesawat, hotel, hingga sewa mobil. Karena ini produk milik Google, kita bisa masuk dengan akun Gmail milik kita. Seperti yang diketahui bersama, Google membuat satu akun untuk semua layanan miliknya. Ini akan memudahkan kita juga tanpa harus membuat akun baru di tiap layanan.

Setelah kita login dengan akun Google, dalam aplikasi ini akan merangkum trip kita yang sudah berlalu. Juga yang akan datang. Dengan kata lain akan ada rangkuman di tiap trip yang (akan) kita lakukan.

Mengenai aplikasi ini Theverge.com, menuliskan bahwa aplikasi ini akan mampu “membunuh” aplikasi traveling lainnya. Ini akan sangat dibutuhkan untuk para pelancong modern yang “melek” akan teknologi dan media sosial.

“Kami sudah melakukannya dengan baik dalam perencanaan, dan kami sangat ingin membantu para konsumen kami ketika mereka sampai di destinasi tujuan mereka,” ujar Richard Holden yang dikutip dari Theverge.com.

Apa lagi yang menarik dari aplikasi ini? Adalah dengan semua yang ditawarkan, kita bisa mengunduhnya secara gratis di ponsel atau tablet kita. Bayangkan kita bisa mendapatkan “asisten” ketika traveling dengan gratis di ponsel kita.

Kita juga bisa mendapatkan hotel murah menggunakan aplikasi RedDoorz yang tersedia untuk perangkat Android. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis. Menggunakan aplikasi ini kita bisa memilih penginapan di empat kota di Indonesia; Jakarta, Bandung, Bali, dan Surabaya.

Meski RedDoorz selalu menyediakan hotel murah, tetapi tetap mengedepankan kenyamanan para pelanggannya. Seperti selalu memberikan fasilitas-fasilitas yang tidak kalah dengan hotel berbintang. Seperti adanya WiFi, TV, kamar dan kamar mandi yang bersih, lengkap dengan perlengkapan mandi; sabun, sampo, sikat gigi, dan moisturizer.

Selain itu, tiap hotel juga menawarkan fasilitas yang berbeda-beda. Misalnya saja ada yang juga menyediakan kolam renang, pusat kebugaran, hingga dapur bersama yang bisa dimanfaatkan untuk memasak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: