Skip to content

Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Yang Sayang Untuk Dilewatkan!

Jakarta merupakan salah satu kota teramai dan terbesar di Indonesia, segala aktivitas baik pemerintahan maupun hiburan berpusat di Jakarta. Kota ini selalu sibuk dan hampir tidak pernah tidur, bahkan Jakarta sudah sangat terkenal dengan kemacetannya. Banyaknya tempat hiburan di Jakarta, kadang membuat kita lupa akan tempat-tempat bersejarah yang banyak tersebar dibelahan kota Jakarta. Tempat-tempat tersebut sebenarnya juga menarik untuk ditelusuri lebih jauh, yuk simak sepuluh tempat-tempat bersejarah yang seru rekomendasi dari RedDoorz!

Gedung Joang 45

1-jakarta-tourismsumber gambar: Jakarta tourism

Bangunan yang berada di Jl. Menteng Raya No.31 ini awalnya merupakan sebuah hotel megah yang didirikan pada tahun 1920-an. Hotel tersebut dikelola oleh keluarga L.C. Schomper yang merupakan warga Negara Belanda dan sudah lama tinggal di Jakarta. Setelah beberapa kali berganti fungsi, akhirnya pada tahun 1974, bangunan ini resmi dijadikan museum oleh Presiden Soeharto.

Di Gedung Joang 45 ini, Anda dapat menyaksikan sejarah perjuangan kemerdekaan RI. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan perang gerilya, atribut dan seragam ketentaraan, serta foto dan lukisan yang menggambarkan perjuangan dalam merebut kemerdekaan, dll.

Museum Nasional

2-museum-nas-jakarta-post
sumber gambar: Jakarta Post

Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, museum yang memiliki nama lain Museum Gajah ini menjadi salah satu tempat sejarah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Museum ini berisikan koleksi yang berupa peninggalan sejarah Indonesia. Beberapa koleksi yang ada di Museum Nasional berupa prasasti, tekstil, alat musik, patung, perhiasan kuno, wayang kulit, dan lain-lain. Menurut informasi yang didapat, ada kurang lebih 140.000 peninggalan sejarah yang dapat Anda lihat di museum ini.

Museum Bahari

3-museum-bahari-tripterussumber gambar: tripterus

Sebelum dijadikan museum, gedung ini merupakan gudang rempah-rempah pada masa kejayaan VOC. Gedung yang berlokasi di Jl. Pasar Ikan No 1 ini masih berdiri kokoh padahal sudah dibangun pada era tahun 1652. Museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional maupun modern dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias. Pengunjung museum dapat menyaksikan juga berbagai jenis biota laut yang telah diawetkan dan alat-alat yang digunakan oleh perahu seperti jangkar, navigasi, dll.

Taman Ismail Marzuki

4-tim-jakarta-panduanwisatasumber gambar: Jakarta.Pariwisata

Tempat yang dibangun untuk menampung berbagai macam kegiatan seni dan budaya ini terletak di Jl.Cikini Raya – Jakarta Pusat. Taman Ismail Marzuki memiliki sebuah planetarium yang juga banyak dikunjungi oleh masyarakat Jakarta. Planetarium sering dijadikan tempat wisata edukasi bagi anak-anak usia 8-12 tahun. Selain itu banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan seni dan budaya yang dipagelarkan di Taman Ismail Marzuki. Berwisata mengunjungi tempat ini bukan hanya kaya akan ilmu sejarah namun juga seni dan astrologi.

Gedung Kesenian Jakarta

5-gedung-kesjak-jalanjalan-cosumber gambar: jalanjalan.co

Gedung Kesenian Jakarta merupakan bangunan tua peninggalan bersejarah pemerintah Belanda yang hingga sekarang masih berdiri kokoh di Jakarta. Berlokasi di Jl. Gedung Kesenian No. 1 – Jakarta, gedung ini merupakan tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempertunjukkan hasil kreasi seninya seperti drama, teater, film, sastra, dll. Sebagai sebuah tempat pertunjukan seni, Gedung Kesenian Jakarta memiliki fasilitas yang lengkap seperti ruang pertunjukan dengan kapasitas 475 orang, panggung dan peralatan tata cahaya yang lengkap, beberapa elektrik billboard serta TV monitor.

Monumen Proklamator

6-tugu-proklamasi-static-panoramiosumber gambar: static.panoramio

Bangunan yang terletak di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 – Jakarta ini terdiri dari 17 pilar tepat di belakang patung proklamator yang menggambarkan tanggal kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Di depan tiang tersebut terdapat patung Presiden RI pertama yaitu Ir.Sukarno yang sedang membaca naskah proklamasi, kemudian disampingnya terdapat patung Drs. Mohammad Hatta dan naskah proklamasi yang ditulis diatas batu marmer hitam. Monumen proklamator ini diresmikan oleh presiden ke 2 RI yaitu Bapak Soeharto.

Masjid Istiqlal

7-masjid-istiqlal-satujam-comsumbergambar: satujam.com

Selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam, aktivitas sosial dan kegiatan umum. Masjid Istiqlal sendiri merupakan sebuah masjid kebanggan negeri ini karena merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya wisatawan yang beragama muslim saja yang mengunjungi Masjid ini, namun para wisatawan non muslim pun banyak yang berkunjung ke Istiqlal. Namun biasanya para wisatawan membutuhkan pemandu untuk mengetahui tentang masjid Istiqlal ini.

Gereja Katedral

8-pegipegisumber gambar: pegipegi

Berdampingan dengan Masjid Istiqlal, Gereja Katolik tertua di Jakarta ini dibangun pada tahun 1901 dengan gaya arsitektural neo-gotik sebagaimana bangunan gereja yang ada di Eropa. Tak hanya menjadi tempat aktivitas ibadah umat Katolik, gereja ini juga memiliki museum dengan sekitar 400 koleksi barang. Beberapa koleksi yang terkenal dan dapat Anda lihat adalah tongkat Paus Paulus VI dan piala Yohanes Paulus II, sebagai kenang-kenangan ketika Paus berkunjung ke Indonesia. Museum gereja ini terbilang lengkap jika Anda ingin mengetahui tentang sejarah tradisi Katolik di Indonesia.

Museum Satriamandala

8-imuseumssumber gambar: imuseums

Jika Anda tertarik dengan sejarah militer di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Museum Satriamandala. Terketak di Jl. Gatot Subroto No.14, Museum ini merupakan tempat untuk mengenal sejarah perkembangan tentara di Indonesia, dari zaman perjuangan kemerdekaan hingga zaman reformasi. Koleksi yang terdapat di museum ini berupa pesawat tempur, beberapa kendaraan yang dipakai untuk perang, aneka jenis senjata berat maupun ringan dan simbol-simbol kemiliteran yang ada di Indonesia.

Monumen Nasional

10-info-travelingsumber gambar: Info Traveling

Belum lengkap rasanya jika berwisata di Jakarta tanpa menyempatkan diri ke Monumen Nasional atau yang biasa dikenal sebagai Monas. Bangunan setinggi 132 meter ini mulai dibangun pada pemerintah presiden Soekarno tanggal 17 Agustus 1961 yang dirancang oleh Frederich Silaban dan R.M. Soedarsono, kemudian baru selesai dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Dari Monas, Anda dapat melihat keindahan pemandangan Ibu Kota Jakarta dari ketinggian 132 meter. Pengelola Monas juga menyediakan teropong yang bisa Anda gunakan agar Anda dapat lebih nyaman dalam menikmati panorama kota Jakarta. Di puncak monas terdapat api kemerdekaan yang terbuat dari lapisan emas yang melambangkan semangat bangsa Indonesia yang berkobar.

Itulah tadi rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang banyak mengandung sejarah. Untuk Anda yang ingin berlibur di Jakarta sambil berwisata ke destinasi tersebut, pastikan Anda memilih hotel yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Bukan hanya memiliki hotel yang cocok di kantong, kamar-kamar di RedDoorz juga dilengkapi dengan WiFi gratis, shower air panas, TV kabel, tempat tidur yang bersih dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar yang kami rekomendasikan jika Anda menginap di Jakarta adalah RedDoorz @ Cempaka Putih Barat yang terletak di dekat pusat kota Jakarta dan RedDoorz near Gondangdia Station yang memiliki akses dekat dengan stasiun yang menghubungkan Anda ke banyak tempat di Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: