Skip to content

Kudapan Natal Dari Berbagai Negara

Hari Natal sudah semakin dekat, kebanyakan orang sudah merencanakan untuk menghabiskan Natal baik bersama keluarga maupun kerabat. Berkumpul dan bercengkrama kebanyakan menjadi pilihan masyarakat, namun tak lengkap rasanya jika berkumpul tanpa mencicipi hidangan khas Natal yang lezat. Setiap Negara memiliki hidangan khas Natal yang selalu dihidangkan ketika makan malam. Nah kali ini, RedDoorz akan memberikan ulasan lengkap tentang sejumlah makanan khas Natal dari berbagai Negara di dunia. Yuk simak!

Yule Log

1-yule-log

Salah satu kue yang sering dan wajib disuguhkan pada saat Natal di Prancis adalah yule log atau banyak juga yang menyebutnya sebagai buche de noel. Kue ini berasal dari tradisi masyarakat Prancis yang menebang pohon yule. Bagian atas pohon yule akan dijadikan pohon Natal, sementara bagian bawahnya digunakan untuk kayu perapian. Yule log ini dipercaya akan memberikan perlindungan untuk masyarakat Prancis.

Eggnog

Holiday Eggnog

Jika Anda pernah membaca buku Harry Potter, pasti Anda tidak asing lagi dengan minuman kesukaan Harry dan Ron ini. Eggnog merupakan minuman khas Natal yang popular di Eropa sejak abad ke 17. Diperkirakan Eggnog dibawa masuk ke Amerika oleh para imigran dari Eropa. Eggnog sendiri memiliki rasa manis karena terbuat dari kuning telur yang dikocok dengan air dan gula atau susu. Eggnog juga bisa dimodifikasi dengan memberi tambahan brendi, rum atau wiski. Namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengolah eggnog agar rasa alkohol nya bisa meresap ke telur.

Feast of Seven Fishes

3-feast

Di Italia, ketika Natal tiba kebanyakan masyarakat akan menyantap hidangan yang bernama Feast of Seven Fishes atau disebut juga dengan La Vigilia. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari tujuh macam seafood. Kudapan ini melambangkan penantian akan malam kelahiran Yesus Kristus. Menu ikan yang disajikan antara lain seperti anchovy, lobster, sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, dan lainnya. Feast of Seven Fishes ini juga biasanya disajikan bersama pasta, sayuran dan wine.

Kalkun

4-kalkun

Di beberapa Negara seperti Inggris, Amerika, Australia dan juga Selandia Baru, kalkun menjadi menu andalan pada saat malam Natal. Walaupun kalkun lebih terkenal dalam tradisi Thanksgiving, namun di beberapa Negara lain kalkun juga dihidangkan untuk acara-acara spesial. Biasanya kalkun dimasak dengan dipanggang bersama rempah-rempah hingga matang. Kudapan ini biasanya disajikan dengan kentang panggang dan salad.

Chiles en Nogada

4-meks

Chiles en Nogada adalah hidangan khas Natal yang berasal dari Meksiko. Nogada sendiri berasal dari bahasa spanyol “nogal” yang artinya adalah pohon kenari. Chiles en Nogada ini adalah daging yang dimasak dengan poblano pepper dan aneka rempah lainnya yang disiram dengan saus dari krim walnut, kemudian hidangan ini ditaburi dengan buah delima sebagai hiasan. Chiles en Nogada ini memiliki tiga warna, yaitu hijau dari cabai, merah dari buah delima dan putih dari krim walnut.

Stollen Cake

5-stolencake

Masyarakat Jerman mulai menyajikan stolen cake atau kue yang dibuat dari buah kering ini sejak tahun 1329, kemudian menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan setiap Natal. Dalam bahasa Jerman sendiri, kue stolen ini memiliki arti terowongan karena memiliki bentuk panjang dan lonjong seperti terowongan. Bahan dasar pembuatan stolen adalah ragi yang dicampur dengan mentega, kismis dan air jeruk lemon. Untuk isi dari stolen cake, Anda bisa menggunakan buah-buahan kering, marzipan, keju atau kacang-kacangan.

Kurisumasu Keiki

6-kurs

Meskipun mayoritas masyarakat Jepang bukan beragama Nasrani, namun Natal dirayakan secara meriah di Jepang. Selain Natal dan Tahun baru diperuntukan untuk merenung, namun tradisi Christmas dinner ternyata juga dijalankan di Negara ini. Kudapan yang terkenal di Jepang adalah kurisumasu keiki, yang memiliki arti kue Natal. Kue ini pertama kali dijual di daerah Tokyo, Ginza pada tahun 1910. Tampilan nya sangat mirip dengan kue ulang tahun karena memiliki bahan dasar kue spons stroberi  yang diberikan whipped cream dan buah stroberi.

Zakuski

7-zakuski

Zakuski memiliki kemiripan dengan kudapan dari Jepang yaitu sashimi, hanya saja zakuski ini menggunakan ikan makarel, walaupun sebenarnya Anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai ikan segar seperti salmon ataupun tuna. Kudapan ini biasa disajikan dengan salad, keju, acar dan jamur dalam satu piring yang sama. Bagi masyarakat Rusia, zakuski hanya disajikan pada saat Natal ataupun hidangan pembuka pada pesta-pesta tertentu.

Doro Wat

8-dorowat

Doro wat merupakan hidangan khas Natal yang berasal dari Ethiopia. Doro wat sendiri sering disebut sik sik wat. Kudapan ini berupa potongan daging ayam dengan roti injera yang memiliki tekstur seperti spons. Bumbu nya sendiri diolah dari cabai rawit, berbere atau rempah khas Ethiopia, paprika, fenugreek, serta rempah-rempah lain yang berasal dari Ethiopia. Rasanya identik dengan rasa yang sangat pedas hampir mirip dengan rendang. Pada umunya, doro wat disajikan di atas satu piring datar yang besar dan dimakan beramai-ramai pada saat hari Natal.

Itulah tadi rekomendasi kudapan khas Natal yang ada di berbagai Negara. Nah untuk Anda yang ingin berlibur Natal di Indonesia, pastikan Anda memilih hotel yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Bukan hanya memiliki hotel yang cocok dikantong, kamar-kamar di RedDoorz juga dilengkapi dengan WiFi gratis, shower air panas, TV kabel, tempat tidur yang bersih dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar kami yang kami rekomendasikan jika Anda menginap di Indonesia adalah RedDoorz @ Padma Utara yang terletak tidak jauh dari pusat perbelanjaan di area Kuta atau RedDoorz @ Dago yang dikelilingi oleh beragam objek wisata di Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: