Tourist Spot

Tradisi Perayaan Tahun Baru di Dunia

Selain momen hari raya Natal, masih ada satu momen liburan lagi yang paling ditunggu-tunggu, yaitu perayaan pergantian tahun. Banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk berlibur ke luar negeri, keluar kota atau hanya berkumpul bersama keluarga dan kerabat di rumah. Beberapa negara di dunia memiliki tradisi yang biasa dilakukan untuk merayakan malam tahun baru. Termasuk Indonesia sendiri memiliki tradisi yang unik dalam melewati pergantian tahun. Nah, berikut ini RedDoorz telah merangkum tradisi unik dari beberapa negara, yuk simak!

  1. Indonesia

n1

Masyarakat Indonesia dari tahun ketahun memiliki kebiasaan unik dalam merayakan tahun baru. Para remaja biasanya berjalan-jalan keliling kota dengan cara konvoi kendaraan baik menggunakan motor ataupun mobil. Saat tahun baru, beberapa kota besar di Indonesia biasanya mengadakan acara festival kembang api ataupun konser musik. Konvoi tersebut biasanya dilakukan untuk menambah meriah rangkaian acara yang diselenggarakan. Atau jika yang lebih senang merayakan tahun baru di rumah, kebiasaan barbecue juga selalu menjadi pilihan untuk menunggu pergantian tahun. Tak hanya itu, terompet juga wajib untuk dibeli oleh masyarakat Indonesia.

  1. Jepang

n3

Berbeda dengan Negara lain yang merayakan tahun baru secara meriah, di Jepang perayaan tahun baru dilakukan dengan berpesta bersama keluarga dengan melihat festival kembang api, dan pembunyian lonceng di kuil-kuil Budha. Biasanya loncen akan dibunyikan sebanyak 108 kali sepanjang malam hingga pergantian tahun. Setiap dentang lonceng melambangkan 108 pikiran kotor yang dimiliki setiap orang. Selain itu tahun baru di Jepang biasanya juga tidak seramai di Negara lain dan banyak tempat wisata yang memilih untuk tutup agar dapat merayakan tahun baru secara khidmat.

  1. Denmark

n11

Masyarakat di Denmark memiliki tradisi yang unik untuk merayakan pergantian tahun yaitu dengan tradisi broken plates atau piring pecah yang dilakukan setiap malam tahun baru. Dalam waktu setahun para warga akan mengumpulkan piring-piring tak terpakai untuk kemudian dilemparkan ke pintu rumah temannya di tanggal 31 Desember. Tak ada perasaan tersinggung ataupun mengeluh saat rumahnya dilempari dengan piring-piring bekas tersebut. Karena, mereka yang rumahnya paling banyak terkena lemparan justru diyakini sebagai orang yang ramah dan banyak teman.

  1. Finlandia

n5

Di Finlandia, tradisi tahun baru dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, hal ini dipercaya bahwa timah yang dilelehkan merupakan ramalan tahun berikutnya. Jika timah berbentuk cincin maka akan ada pernikahan, bila Nampak seperti kapal maka akan ada perjalanan dan banyak simbol-simbol lainnya yang dipercayai masyarakat.

  1. Amerika Serikat

Image: Revellers cheer as confetti falls during New Year celebrations in Times Square in New York

Tahun baru merupakan perayaan besar bagi masyarakat Amerika Serikat. Mereka biasanya merayakan malam tahun baru dengan mengadakan sebuah pesta atau festival. Mereka akan menari, menyanyi dan juga makan bersama. Atau jika mereka tinggal di kota besar seperti New York atau Los Angeles, perayaan tahun baru akan meriah diadakan di pusat kota tersebut dengan keriuhan kembang api dan terompet. Kemudian, tepat jam 12 malam hari, biasanya mereka yang  berpasangan akan berpelukan dan saling mengucapkan ‘Happy New Year’.

  1. Filipina

n6

Jika Anda berkunjung ke Filipina, Anda akan menikmati perayaan tahun baru yang unik karena masyarakat Filipina mempercayai tradisi bahwa tahun baru selalu identik dengan bentuk bulat. Pada tahun baru mereka akan menyediakan makanan atau buah-buahan berbentuk bulat. Bahkan mereka akan memakai pakaian atau apapun yang berbentuk bulat. Hal ini karena masyarakat Filipina percaya bahwa bentuk bulat dapat menarik rezeki atau membawa keberuntungan

  1. Irlandia

n7

Jika Anda ingin cepat dapat jodoh, di Irlandia pada perayaan tahun baru memiliki tradisi unik yaitu menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah lantai. Tradisi ini kerap digunakan oleh para perempuan yang masih lajang. Tujuan menaruh daun mistletoe di bawah bantal adalah pengharapan agar lelaki pujaan bisa cepat datang melamar mereka. Selain itu, mereka juga percaya kebiasaan ini dapat menjauhkan dari nasib sial di tahun depan.

  1. Ekuador

n8

Masyarakat Ekuador memiliki tradisi membakar orang-orangan sawah pada malam pergantian tahun untuk mencegah kesialan yang datang. Selain itu, mereka juga percaya jika membakar kenangan-kenangan masa lalu di malam tahun baru seperti foto yang tidak menyenangkan bisa mendatangkan keberuntungan.

  1. Yunani

n9

Di Yunani, tradisi perayaan tahun baru dilakukan dengan memotong roti tahun baru yang di dalamnya berisi koin atau jimat yang disebut Vasilopita. Biasanya para ayah, selaku kepala keluarga akan membagikan potongan-potongan roti lapis tersebut kepada anggota keluarga lainnya. Roti lapis tersebut dipercaya membawa nasib baik bagi keluarga.

  1. Spanyol

n10

Ketika malam tahun baru tiba, hampir semua fasilitas umum di Spanyol akan tutup. Biasanya orang-orang merayakan pergantian tahun baru dengan memakan 12 butir anggur dengan cepat. Tradisi ini diyakini akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan di tahun-tahun berikutnya.

Itulah tadi beberapa tradisi unik di beberapa Negara yang bisa Anda contoh agar tahun baru Anda menjadi lebih seru. Nah jika Anda ingin menghabiskan liburan tahun baru di Indonesia dengan mengunjungi berbagai kota seperti Surabaya, Jakarta, Bali ataupun Bandung, pastikan Anda memilih hotel yang nyaman dan murah dengan menjadikan RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Bukan hanya memiliki hotel yang cocok dikantong, kamar-kamar di RedDoorz juga dilengkapi dengan WiFi gratis, shower air panas, TV kabel, tempat tidur yang bersih, dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar yang kami rekomendasikan adalah RedDoorz @ Candrawulan Buahbatu jika Anda ingin menghabiskan waktu akhir tahun Anda di Bandung, atau RedDoorz near Taman Remaja Surabaya jika Anda berkunjung ke Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s