Tujuan Wisata Seru untuk Merayakan Imlek di Indonesia

Tahun Baru Imlek merupakan sebuah perayaan penting yang dirayakan oleh etnis Tionghoa. Bagi masyarakat Indonesia, perayaan Tahun Baru Imlek juga merupakan momen bagi keluarga untuk berkumpul bersama. Mulai dari makan malam keluarga, sampai jalan-jalan melihat festival yang sarat akan budaya Tionghoa. Di artikel sebelumnya, RedDoorz sudah membahas tentang berbagai tradisi yang banyak digelar di berbagai Negara saat Tahun Baru Imlek. Kali ini, RedDoorz akan membahas berbagai tujuan wisata di Indonesia yang memiliki perayaan Imlek paling seru untuk Anda kunjungi. Apa saja? Yuk Simak!

Singkawang, Kalimantan Barat

cny7

Singkawang merupakan salah satu pusat permukiman etnis Tionghoa di Indonesia sehingga sudah tak heran jika masyarakat Singkawang selalu ramai merayakan Imlek. Hingga Cap Go Meh tiba, kota Singkawang akan dipenuhi pernak-pernik berwarna merah khas Imlek. Bahkan serangkaian acara Imlek di kota ini dikenal sebagai pesta perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di Asia Tenggara. Jika Anda ingin berlibur di sini, Anda dapat menikmati parade kendaraan hias saat siang dan indahnya ribuan lampion di malam hari. Sedangkan saat perayaan Cap Go Meh, sejumlah pertunjukan seperti tatung dan barongsai siap menyemarakkan liburan Anda.

Semarang, Jawa Tengah

1

Selain di Singkawang, ternyata perayaan Imlek di Semarang juga sangat meriah karena memiliki kawasan Pecinan yang sangat ramai. Setidaknya ada lebih dari sepuluh Kelenteng di Pecinan Semarang. Yang tertua bernama Tay Kak Sie, sedangkan yang terbesar adalah Wie Wie Kong. Di Semarang, pasar Imlek Semawis merupakan salah satu pusat perayaan Imlek selama satu minggu penuh. Yang menarik dari festival yang diadakan disana adalah pertunjukan permainan toya dan wushu khas biksu Shaolin. Anda bisa melihat langsung atraksi beladiri khas Tiongkok ini layaknya menonton film-film kungfu.

Jakarta

china-shanghai-yugarden-the_lantern_festival-2012_1834

Jika Anda tinggal di Jakarta dan ingin menghabiskan liburan disini, Anda dapat mengunjungi daerah Petak Sembilan, Glodok. Suasana perayaan Tahun Baru Imlek disini dibuat meriah dengan kehadiran lampion dan kue-kue khas Tiongkok. Kelenteng Jin De Yuan alias Kim Tek Le yang legendaris juga layak Anda kunjungi. Kelenteng tertua di Jakarta ini memiliki bangunan yang namanya unik yaitu Raja Neraka dan Kebajikan hati.

Bangka

3

Kota Belinyu di Bangka rajin membuat pesta kembang api pada saat Tahun Baru Imlek. Tidak hanya itu saja, ada juga pawai barongsai yang sangat panjang. Setelah perayaan di Siang hari usai, Anda bisa mendatangi beberapa pasar rakyat yang sengaja digelar untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Suasana Tionghoa akan sangat terasa jika Anda merayakan Imlek di Bangka. Selain itu, sempatkan juga untuk mengunjungi Vihara Dewi Kwan Im di Desa Jelitik. Disana ada kolam pemandian dan mata air yang dipercaya masyarakat Tionghoa bisa membuat Anda awet muda.

Palembang, Sumatera Selatan

4

Untuk Anda yang ingin mengunjungi kota yang terkenal akan kuliner mpek mpek ini, cobalah untuk singgah di kawasan Pecinan Dempo. Setiap tahunnya, ada banyak acara untuk merayakan Tahun Baru Imlek, mulai dari pertunjukan lampion sampai atraksi barongsai. Kelenteng Dewi Kwan Im di Kelurahan 10 Ulu biasanya dipenuhi dengan berbagai penjual kuliner seperti pempek, tekwan, dll. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pulau Kemaro yang pasti ramai saat liburan Imlek, karena para warga keturunan Tionghoa akan ramai-ramai datang kesana untuk berdoa,

Bandung, Jawa Barat

5

Di Bandung, ada kirab budaya Tionghoa untuk menyambut tahun Baru Imlek. Pusat perayaan Imlek di Bandung ada di kawasan Cibadang dan Kecamatan Andir. Tidak hanya warga Bandung, masyyarakat dari berbagai kota juga kerap datang untuk meramaikan kirab budaya ini. Selain melaksanakan ritual Imlek, Anda juga berwisata kuliner di daerah pecinan yang banyak tersedia pada saat menyambut Tahun Baru Imlek.

Solo, Jawa Tengah

Suasana di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/2) malam, yang dihiasi lampion-lampion menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2015.

Setelah era reformasi, komunitas Tionghoa di Solo memulai untuk merayakan tradisi Tahun Baru Imlek secara meriah. Seperti merayakan Imlek dalam Grebeg Sudiro yang dilaksanakan warga Pecinan di Sudiroprajan mengadopsi perayaan grebeg gunungan Kasunanan Surakarta. Puncak dari acara Gebeg Sudiro sendiri adalah rebutan hasil bumi dan makanan, sama seperti Grebeg Suro yang diselenggarakan Kasunanan. Dalam tradisi Jawa, rebutan makanan ini mengandung makna ‘orang yang tidak berusaha tidak akan bisa hidup berkecukupan.

Medan, Sumatera Utara

7

Berkunjung ke Medan pada saat Tahun Baru Imlek, jangan lupa untuk ikut dalam kemeriahan Gebyar Imlek Fair yang diadakan setiap tahun. Jejak etnis Tionghoa di Medan bisa Anda telusuri di Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Anda bisa berburu benda-benda peninggalan pemukim pertama Tionghoa seperti pecahan keramik hingga koin-koin kuno. Untuk Anda yang suka berburu kuliner, jangan lupa untuk mencicipi kue bakul. Kue khas Imlek ini terbuat dari tepung pulut dan gula yang melambangkan keakraban dan keharmonisan.

Surabaya, Jawa Timur

8

Perayaan Imlek di Kota Surabaya berpusat di Kelenteng Hong Tek Hian. Kelenteng tertua di Surabaya ini merupakan tempat ibadah untuk umat Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma. Tidak hanya Kelenteng, mall-mall besar di Surabaya juga selalu ramai dengan aktivitas khusus menyambut Tahun Baru Imlek. Tak hanya itu saja, di Surabaya, Anda dapat mengunjungi Kya-Kya Kembang Jepun yang merupakan surganya kuliner di Surabaya. Kalau Anda pernah ke Chinatown yang ada di Singapura, pecinan Kya-kya ini dibuat sangat mirip dengan pecinan di Singapura.

Itulah tadi berbagai daerah di Indonesia yang memiliki berbagai kemeriahan Tahun baru Imlek yang dapat Anda kunjungi. Nah, jika Anda tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bali dan Bandung, pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Bukan hanya memiliki hotel yang harganya ramah di kantong, kamar-kamar RedDoorz juga dilengkapi WiFi gratis, shower air panas, TV kavel, tempat tidur bersih dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar kami yang direkomendasikan jika Anda menginap di Surabaya adalah RedDoorz near ITS University yang dekat dengan berbagai restoran di daerah Klampis. Atau RedDoorz @ Diponegoro yang memiliki akses langsung ke berbagai pusat perbelanjaan di Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s