Skip to content

Floating Market Lembang Bandung

Kota Bandung adalah salah satu tujuan wisata yang banyak digandrungi oleh wisatawan lokal terlebih yang tinggal di wilayah Jabodetabek. Di Bandung, Anda dapat menikmati berbagai hal seperti tempat wisata yang menarik, pemandangan alam yang indah, berbagai wisata kuliner dan juga pusat perbelanjaan yang terkenal murah. Namun, Bandung tidak hanya terkenal dengan wilayah perkotaannya saja, ada banyak kawasan lain seperti Buah Batu, Cimahi, Jatinangor ataupun Lembang yang juga menawarkan berbagai tempat wisata untuk Anda kunjungi.

Kali ini, RedDoorz akan mengangkat tentang kawasan Lembang, yang sudah lama menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal. Kawasan wisata Lembang Bandung sudah sejak lama terkenal dengan pesona pegunungan yang berhawa segar dan sejuk. Beberapa tempat wisata banyak terdapat di kawasan Lembang, dari mulai kebun strawberry, peternakan sapi, pacuan kuda hingga Floating Market Lembang yang belakangan ini ramai dikunjungi.

le1

Tempat yang unik ini baru pertama kali ada di daerah Jawa Barat, sehingga cukup memikat banyak wisatawan yang berkunjung ke Lembang Bandung, terlebih tempat ini dikemas dalam bentuk sarana rekreasi. Floating Market Lembang Bandung sendiri mengusung konsep wisata berupa pasar terapung tradisional mirip seperti yang ada di Langkat Sumatera utara atau Sungai Kuin yang ada di Kalimantan. Hawa sejuk serta panorama pegunungan yang indah menambah area wisata ini menjadi tempat yang menyenangkan.

Floating Market Lembang sendiri memiliki tempat untuk wisata kuliner, wisata edukasi dan arena bermain. Tidak heran jika setiap akhir pekan, Floaring Market Lembang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Dan dari tahun ke tahun terjadi kenaikan jumlah pengunjung. Para wisatawan yang berkunjung kesini bisa merasakan sesuatu yang berbeda dan unik, yaitu berbelanja di atas perahu yang sedang terapung di atas danau. Barang-barang yang dijual disini seperti sayur mayur, lauk pauk, ikan segar dan lain sebagainya.

Sejarah Berdirinya Floating Market Lembang

le2 anakjajan.jpg

Floating Market Lembang ini awalnya berupa danau alami yang bernama “Situ Umar” yang juga merupakan kolam pemancingan. Pada awal Desember 2012 tempat ini dibuka dengan konsep floating market atau pasar apung dengan tujuan sebagai tempat wisata keluarga di Lembang Bandung. Khusus untuk food court dan pusat oleh-oleh khas sunda yang dijual terapung hanya buka di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Sedangkan taman bermain dan resto-resto yang tersedia tetap dibuka saat hari biasa. Tempat yang memiliki konsep unik ini menempati lahan seluas 7,2 hektar dan masih akan terus dikembangkan.

Akses Lokasi Floating Market Lembang

Jika Anda tertarik berkunjung ke Floating Market Lembang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, serta bisa juga menggunakan kendaraan umum. Jalur yang dapat Anda pilih adalah melalui Cipaganti, Setiabudhi, Ledeng, Lembang sementara dari Suabang Anda dapat melalui Ciater.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa mengambil angkutan dari Bandung melalui rute angkot Stasiun Bandung – Lembang dan Ciroyom – Lembang. Perlu diperhatikan, sebaiknya Anda pergi lebih pagi karena rute Lembang – Bandung sering tersendat terutama menjelang siang hari.

Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang

lem3-myfunfood-diarysumber gambar: funfooddiary

Untuk dapat menikmati kawasan Floating Market Lembang ini ternyata cukup murah, hanya sekitar Rp 15.000/orang dan tambahan tiket masuk mobil Rp 30.000 atau tiket masuk motor Rp 5.000 . Yang menariknya, walaupun Anda harus membayar biaya parkir, tapi karcis tersebut dapat Anda tukarkan dendgan berbagai minuman seperti lemon tea, kopi ataupun coklat panas yang disediakan oleh Floating Market Lembang.

Transaksi dengan Koin

lem4sumber gambar: liandamarta

Perlu diketahui, jika mengunjungi Floating Market Lembang Anda tidak akan bertransaksi dengan menggunakan uang Rupiah, sebagai gantinya pihak Floating Market Lembang akan menyediakan koin yang senilai dengan Rupiah. Mata uang tersebut dinamakan ‘Peng’, dimana nominal Rp 5.000 senilai dengan satu koin berwarna kuning, Rp 10.000 koin berwarna biru, Rp 50.000 koin berwarna pink dan Rp 100.000 senilai satu koin berwarna oranye. Sekedar tips, sebaiknya Anda menukarkan uang secukupnya karena koin yang sudah Anda tukar tidak dapat diuangkan kembali dan dapat Anda bawa pulang untuk kunjungan selanjutnya atau kenang-kenangan.

Kegiatan yang Dapat Anda Lakukan di Floating Market Lembang

lem6

  • Belanja di Food Court Terapung. Sesuai dengan konsep tempat ini, jika tujuan Anda untuk melihat dan merasakan keunikan jual beli di atas air, silahkan datang saat akhir pekan. Transaksi yang dilakukan di atas perahu ini hanya dapat berlangsung dengan mengginakan koin yang sudah Anda tukarkan. Selain itu, di pinggir danau ada berupa dermaga yang menjual berbagai makanan yang bisa Anda santap bersama dengan keluarga atau kerabat di tempat duduk yang sudah disediakan pengelola.
lem8sumber gambar: Sheraton Bandung
  • Taman Angsa. Pergi ke tempat ini bersama Anak-anak memang sangat cocok karena disini tersedia peternakan angsa. Di taman angsa, Anda dapat berfoto dan juga memberi makan unggas putih tersebut. Tetapi Anda harus tetap mengawasi anak-anak karena terkadang angsa dapat mematuk jika sedang marah.
  • Taman Kelinci. Hewan lain yang dipelihara oleh Floating Market Lembang ini adalah kelinci. Hewan lucu ini dianggap sebagai teman bermain oleh anak-anak. Hanya dengan membayar tiket tambahan seharga Rp 20.000, Anda juga dapat memberi makan kelinci sambil bermain dan berfoto.

a

  • Bermain Sampan dan Sepeda air. Untuk Anda yang ingin berwisata air, sewa-lah sepeda air yang tersedia di Floating Market Lembang ini. Cukup dengan harga sewa sebesar Rp 50.000 untuk durasi 30 menit, Anda dapat merasakan seru nya sepeda air atau kano bersama dengan keluarga.
  • Kampung Leuit. Di bagian belakang Floating Market Lembang, terdapat area yang menghadirkan suasana pedesaan tradisional Bandung yang lengkap dengan saung di tengah sawah. Saung ini dapat digunakan sebagai tempat makan yang eksotis dengan suasana pedesaan.

Itulah tadi ulasan mengenai Floating Market Lembang yang memiliki berbagai spot hiburan untuk Anda dan keluarga. Nah, jika Anda tertarik berlibur ke daerah Bandung untuk liburan Awal tahun, pastikan Anda memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda.

Bukan hanya memiliki hotel yang harganya ramah di kantong, kamar-kamar RedDoorz juga dilengkapi WiFi gratis, shower air panas, TV kabel, tempat tidur bersih dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar kami yang direkomendasikan jika Anda menginap di Bandung adalah RedDoorz near Parahyangan University 2 yang dekat dengan berbagai jajanan kuliner populer di area Ciumbuleuit. Atau Anda dapat memilih RedDoorz near Paris Van Java yang memoliki akses mudah ke berbagai area seperti Cihampelas dan Tol Pasteur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: