7 Tempat Kuliner di Jogja

Berbicara tentang liburan, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas destinasi wisata yang kita kunjungi. Kuliner di Indonesia sangatlah beragam dan memiliki rasa yang tidak kamu dapatkan di Negara lain. Nah, untuk kalian yang ingin liburan ke Yogyakarta, atau mungkin tinggal di sekitaran Jogja, RedDoorz akan mengulas berbagai tempat kuliner Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman ataupun kerabat. Apa saja? Yuk simak!

Gudeg Yu Djum

tempat-kuliner-di-jogja1

Mengunjungi Jogja tak lengkap jika tidak singgah ke salah satu tempat kuliner jogja yang wajib Anda coba. Rekomendasi dari RedDoorz adalah Gudeg Yu Djum yang legendaris. Gudeg ini termasuk salah satu gudeg Jogja yang paling terkenal karena cita rasanya yang lezat. Gudeg Yu Djum menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa gurih dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh sebagai kuliner Jogja yang khas. Berlokasi di Jalan Wijilan, Kaliurang Km.4 – Yogyakarta, warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk dapat melihat langsung proses pembuatan gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya. Gudeg Yu Djum disajikan di atas daun pisang dengan krecek pedas, ayam dan telur bumbu gudeg. Yang uniknya di warung ini gudegnya dimasak di atas kompor kayu bakar seperti pada awal warung ini berdiri.

Angkringan Lik Man

tempat-kuliner-di-jogja2

Angkringan bukanlah istilah asing di Kota Pelajar ini. Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner jogja yang murah meriah, namun juga menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang sambil bersantap malam. Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun salah satu yang paling populer adalah Angkringan Lik Man. Angkringan ini berdiri sejak tahun 1969 dan menjadi angkringan pertama di Yogyakarta. Menu yang disajikan sama seperti pada angkringan umumnya yaitu nasi, sate telur puyuh, aneka lauk dan gorengan. Tapi, yang uniknya di Angkringan Lik Man juga tersedia kopi joss. Anda tidak akan menemukan Kopi joss di kota lain. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih membara. Bunyi ‘joss’ yang ditimbulkan inilah yang membuat minuman ini dinamakan kopi joss. Angkringan Lik Man menjadi salah satu tempat kuliner Jogja terbaik yang sayang untuk Anda lewatkan.

Sate Klathak Pak Pong

tempat-kuliner-di-jogja3

Tempat kuliner Jogja yang satu ini sangat cocok untuk Anda penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Bumbu dari sate klathak ini hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan sederhana inilah yang membuat sate ini memiliki rasa yang khas. Selain bumbu, alat yang digunakan untuk memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda. Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang secara merata. Nah, untuk Anda yang ingin mengunjungi kuliner Jogja yang satu ini, lokasinya ada di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

House of Raminten

tempat-kuliner-di-jogja4

House of Raminten merupakan sebuah rumah makan yang menyajikan menu tradisional Yogyakarta seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing. Interior rumah makan ini juga sangat unik. Anda bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bis amelihat ruangan beraksitektur Jawa dengan wangi dupa yang khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan dengan iringan gending Jawa yang mengalun dan pramusaji di sini juga memakai kemben jawa yang khas. Tempat kuliner Jogja ini menjadi bukti bahwa menu makanan tradisional dapat disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas. Lokasi dan alamat House of Raminten berada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta.

Mie Jawa Mbah Mo

tempat-kuliner-di-jogja5

Tempat kuliner Jogja yang satu ini berlokasi di Jl.Dusun Conde, Kec. Bantul – Yogyakarta. Meskipun letaknya agak jauh dan tersembunyi dari pusat kota, namun tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan jika sedang ramai, Anda bisa mengantri sampai 1 jam untuk mendapatkan mie yang Anda pesan. Hal ini disebabkan karena koki yang memasak hanya 2 orang, satu untuk memasak bakmie goreng dan satu untuk memasak bakmie rebus. Yang uniknya lagi, mereka masih menggunakan kompor arang dan mie nya dimasak satu per satu. Walaupun harus mengantri, disini Anda dapat memesan teh jahe atau segelas kopi panas untuk teman Anda menunggu.

Sego Godog Pak Manto

tempat-kuliner-di-jogja6

Berbeda dengan Mie jawa, kuliner Jogja yang satu ini sangat unik karena walaupun sama-sama direbus namun bahan dasarnya bukan lah mie tetapi nasi. Dinamakan sego godog karena dalam bahasa jawa, sego berarti nasi dan godog berarti rebus. Proses pembuatan sego godog adalah dengan merebus nasi di dalam kuah yang sudah diberikan bumbu terlebih dahulu, kemudian ditambahkan mie, ayam dan telur ke dalam campurannya. Tempat kuliner Jogja ini tak hanya unik namun juga murah karena satu porsi nya hanya seharga Rp 8.000 saja loh!

Sate Buntel Tambak Segaran

tempat-kuliner-di-jogja7

Sate buntel ternyata tidak hanya ada di Solo, tapi Jogja juga memiliki sate buntel yang enak dan wajib Anda kunjungi. Warung sate buntel di Jogja yang paling terkenal adalah Warung Sate Kambing Tambak Segaran. Lokasi dan alamat warung sate ini terletak di Jalan Brigjen Katamso 192 – Yogyakarta. Berbeda dengan sate pada umumnya yang dimakan dengan cara ditarik dari tusuknya, di sini Anda tidak perlu melakukannya. Sate buntel tersaji tanpa bilah banbu penusuk, dua buntelan daging dapat Anda iris ringan dengan sendok.

Itulah tadi beberapa tempat kuliner Jogja yang dapat Anda kunjungi saat Anda berkunjung ke kota ini. Nah, untuk Anda yang belum tahu, mulai tanggal 3 Februari 2017 kemarin, RedDoorz telah hadir di kota Yogyakarta! RedDoorz telah dipercaya sebagai akomodasi yang menawarkan kebersihan dan kenyamanan di setiap propertinya. Jadi pastikan Anda memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan Anda selama berlibur di Yogyakarta.

Selain itu, RedDoorz juga memiliki penginapan dengan harga yang ramah di kantong. Fasilitas yang ditawarkan pun juga lengkap seperti WiFi gratis, shower air panas, TV kabel, tempat tidur yang bersih dan perlengkapan mandi. Beberapa kamar yang kami rekomendasikan jika Anda berlibur ke Yogyakarta adalah RedDoorz near XXI Solo Street yang dekat dengan beberapa tempat wisata seperti The House of Raminten dan Jalan Malioboro. Atau RedDoorz near Lempuyangan Station yang memiliki berbagai fasilitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s