Skip to content

Hemat Jalan-jalan ke Singapura? Kunjungi Tempat Wisata ini!

Singapura sering dijadikan destinasi wisata luar negeri yang kerap dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena lokasi geografisnya yang dekat tetapi juga banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga, teman ataupun kerabat. Tidak susah rasanya mendapatkan tiket pesawat murah untuk perjalanan pulang-pergi ke Singapura. Namun, walaupun Anda memiliki tiket pesawat murah, biaya hidup disana tidak bisa dibilang terjangkau sehingga Anda perlu mendapatkan informasi yang cukup agar dapat berhemat jika berkunjung kesana. Kali ini, RedDoorz akan membagikan informasi tentang berbagai tempat wisata yang wajib Anda kunjungi dan yang paling penting adalah tidak perlu biaya banyak atau gratis. Apa saja rekomendasi kami bagi Anda yang akan jalan-jalan ke Singapura? Yuk simak info selengkapnya!

Orchard Road

jalan-jalan-ke-singapura-1

Jalan-jalan ke Singapura belum lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Orchard Road, pusat perbelanjaan utama di Negara singa ini. Jalan-jalan, foto-foto dan window shopping sepanjang jalan ini tentu tidak memerlukan biaya. Anda dapat mengunjungi beberapa mall populer seperti Lucky Plaza, Takahimaya dan ION Orchard. Nah untuk Anda yang akan menggunakan moda transportasi MRT, pilihlah jalur merah untuk sampai ke Orchard Road dan turun di Orchard Station atau Somerset Station.

Merlion Park

jalan-jalan-ke-singapura-2

Selain Orchard Road, tentunya Anda harus mengunjungi Merlion Park. Di Merlion Park, Anda dapat melihat patung Merlion yang mejadi ikon Negara Singapura. Dari sejarahnya, patung Merlion ini merupakan singkatan dari mermaid dan lion, yang merupakan sesosok hewan yang memiliki kepala singa dengan ekor ikan. Patung Merlion yang memiliki tinggi 8,6 meter ini diciptakan oleh Lim Nah Seng pada tahun 1972. Anda tidak dipungut bayaran untuk mengunjungi Merlion Park ini. Sekedar saran, kunjungi Merlion Park di sore atau malam hari karena hawa nya lebih sejuk dan banyak temaram lampu yang membuat patung ini lebih indah.

The Esplanade

jalan-jalan-ke-singapura-3

Dari Merlion Park, Anda dapat berjalan kaki menuju The Esplanade atau yang dikenal sebagai Esplanade-Theatres on The Bay. Tempat ini selesai dibangun pada tahun 2002 lalu. Jika Anda perhatikan, arsitektur bangunannya sangat unik karena memiliki bentuk kubah yang berduri. The Esplanade ini menjadi tempat pameran karya seni dan berbagai pertunjukan seni lainnya. Di dalamn gedung ini sendiri terdapat concert hall, recital studio dan studio teater. Disini juga terdapat Esplanade Mall dimana Anda dapat mengunjungi berbagai toko dan restoran. Untuk Anda yang ingin berhemat, tidak dipungut bayaran untuk masuk ke The Esplanade ini, kecuali jika Anda ingin menonton pertunjukan yang sedang berlangsung.

Marina Bay Sands                      

jalan-jalan-ke-singapura-4                                         

Dari Esplanade Anda bisa jalan kaki melewati sebuah jembatan yaitu The Helix Bridge menuju ke satu bangunan lagi yang menjadi ikon Singapura, yaitu Marina Bay Sands. Komplek mall, hotel dan casino yang super megah ini telah dibuka sejak tahun 2010 lalu. Anda dapat berjalan-jalan disekitaran Marina Bay Sands tanpa dipungut biaya. Di bagian belakang gedung unik ini, Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan “Wonder Full – Light & Water Spectacular”, pertunjukan efek laser dan atraksi cahaya selama 13 menit, setiap jam 8 dan 9.30 malam. Tapi untuk Jumat dan Sabtu, ada pertunjukan tambahan di jam 11 malam.

Gardens by The Bay

jalan-jalan-ke-singapura-5

Di balik bangunan megah Marina Bay Sands, ada sebuah taman yang juga wajib Anda kunjungi, yaitu Gardens by The Bay. Tempat ini merupakan kompleks taman raksasa seluas 100 hektar yang wajib dikunjungi jika Anda jalan-jalan ke Singapura. Disini Anda dapat menjelajahi dengan gratis berbagai taman yang memiliki tema di setiap bagiannya sendiri. Tapi jika Anda ingin melihat Negara Singapura dari atas Supertree Grove, OCBC Skyway, Anda perlu membayar sebesar SGD5 per orang.

Singapore Botanic Garden

jalan-jalan-ke-singapura-6

Selain Gardens by The Bay, Anda juga dapat mengunjungi Singapore Botanic Garden yang merupakan kebun botani seluas 74 hektar. Kebun yang telah ada sejak tahun 1859 ini buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga 12 malam. Anda tidak akan dpungut bayaran untuk masuk ke Singapore Botanic Garden ini, kecuali jika Anda ingin berkunjung ke area Kebun Anggrek Nasional. Bagi Anda pencinta anggrek, tiket masuk sebesar SGD5 wajib dibeli jika ingin melihat lebih dari 700 jenis anggrek. Selain melihat keindahan aneka tanaman, Anda juga dapat berpiknik di Singapore Botanic Garden ini.

Chinatown

jalan-jalan-ke-singapura-7

Di berbagai kota besar di dunia, pasti terdapat kawasan Chinatown, tidak terkecuali dengan Singapura. Walau berbagai toko yang ada di kawasan ini tidak jauh berbeda dengan bagian kota tua lainnya di Singapura, tetapi dengan hadirnya berbagai atribut Oriental, membuat kawasan ini tampil berbeda. Mayoritas penduduk di Chinatown Singapura memang warga keturun China. Disini Anda juga bisa menemukan berbagai souvenir yang sangat variatif. Selain pernak-pernik, banyak juga tempat makan dan jajanan menarik di seputar area Chinatown. Untuk menuju kesini, Anda dapat naik MRT jalur ungu dan kuning, dan turun di Chinatown Station.

Buddha Tooth Relic Temple and Museum

jalan-jalan-ke-singapore-8

Masih ada dikawasan Chinatown, Kuil dan museum ini beada di South Bridge Road. The Buddha Tooth Relic Temple and Museum ini menampilkan karya seni yang berhubungan dengan Buddha dan juga perkembangan agama Buddha di Singapura. Anda dapat mengunjungi tempat ini secara gratis dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Terkadang ada pertunjukan budaya dan pemutaran film yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman ataupun kerabat.

Sentosa Island

jalan-jalan-ke-singapura-8

Salah satu tujuan masyarakat Indonesia jalan-jalan ke Singapura biasanya adalah mengunjungi Sentosa Island. Pulau buatan ini memiliki resor dan tempat rekreasi terkenal yang banyak menjadi tujuan liburan para wisatawan. Dapat dikatakan tempat ini mirip dengan Ancol yang ada di Jakarta karena tersedia berbagai tempat wisata mulai dari yang gratis sampai yang bayar. Di pulau inilah terdapat taman rekreasi  terkenal, Universal Studio Singapore. Untuk yang tidak ingin membayar tiket, Anda dapat berkunjung ke beberapa tempat berbelanja dan restoran yang terdapat dipintu gerbang Universal Studio Singapore. Tak hanya itu saja, berfoto di depan bola dunia Universal juga tidak dikenakan biaya loh!. Pulau ini juga memiliki patung Merlion setinggi 37 meter, lengkap dengan taman air terjun di Merlion Walk Sentosa yang unik dan cantik dengan hiasan sculpture-nya.

Siloso beach Sentosa

Singapore, the artificial beach of the Sentosa island

Satu pantai yang populer di Sentosa Island adalah Siloso Beach. Pantai ini memiliki air yang tenang dan tidak berombak. Ada semacam monumen berupa huruf-huruf membentuk kata ‘Siloso’ di tempat ini yang dapat Anda jadikan spot untuk berfoto. Pasir pantai Siloso Beach juga putih bersih sehingga banyak dimanfaatkan untuk piknik dan berolahraga seperti volley pantai.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai jalan-jalan ke Singapura hemat dengan mengunjungi berbagai tempat wisata gratis. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Singapura atau berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Banung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: