Skip to content

Mencari Tiket Pesawat Murah ? Ikuti Tips ini!

Traveling selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk semua lapisan masyarakat. Keluar dari rutinitas selama beberapa hari tentu akan membuat Anda senang dan bebas dari stres. Umumnya, masyarakat Indonesia sering memilih akhir tahun atau pertengahan tahun untuk liburan bersama keluarga, kerabat ataupun teman. Namun masalah yang sering dihadapi para traveler biasanya adalah harga tiket pesawat yang mahal terutama pada saat high season. Kali ini, RedDoorz akan memberikan tips dan informasi kepada Anda, untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Apa saja tips dari kami? Yuk simak ulasan berikut!

Perhatikan ke mana tujuan Anda

tiket-pesawat-murah-1

Jika rute pilihan Anda adalah rute yang banyak dilayani maskapai bujet rendah, seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, dan Yogyakarta, maka Anda harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif, Jadi jika Anda menemukan satu harga yang Anda pikir adalah harga termurah yang bisa didapatkan, maka kami sarankan agar membeli tiket pesawat saat itu juga. Tapi jika rute pilihan Anda merupakan rute yang tidak dilayani oleh maskapai ber-bujet rendah atau bukan rute yang ramai dipilih wisatawan, seperti Belitung, Banda Aceh, Kota Kinabalu, Krabi, atau ho chi minh, maka kapan pun Anda membeli tiket pesawat, harganya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Hal ini disebabkan karena maskapai yang melayani rute ini menerapkan sistem year-round fare yang artinya harga tiket pesawat akan kurang lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season.

 Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

tiket-pesawat-murah-9

Setelah memilih rute, perhatikan juga maskapai yang melayani perjalanan yang akan Anda rencanakan tersebut. Biasanya harga Low Cost Carrier (LCC) lebih murah jika dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat drastis jika dipesan hanya beberapa minggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan. Sementara untuk maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawatnya. Malah terkadang, harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah dibanding LCC jika Anda membelinya lebih dekat dengan hari keberangkatan.

Periode Perjalanan dan Tanggal Keberangkatan

tiket-pesawat-murah-3

Akhir pekan, long weekend, dan musim liburan pasti harga tiket pesawat akan jauh lebih mahal. Jadi, cobalah untuk berlibur di periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Selain periode liburan, hari keberangkatan dan kepulangan menentukan harga tiket Anda. Jika Anda ingin mencari harga murah dan ingin mengakali cuti kantor, gunakan kombinasi hari Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, Kamis-Senin, dan Minggu-Rabu. Sekedar informasi, untuk keberangkatan dengan harga tiket pesawat murah, tanggal 20-an cenderung lebih murah dibanding awal atau pertengahan bulan.

Booking Melalui Online Travel Agent (OTA)

tiket-pesawat-murah-4

Online Travel Agent (OTA) menjual berbagai tiket pesawat setiap hari dengan harga yang lebih murah. Selain itu, masih ada potongan harga yang diberikan jika Anda menggunakan aplikasi smart phone dari OTA tersebut. Untuk Anda pemegang kartu kredit, biasanya OTA selalu bekerja sama dengan beberapa bank dengan memberikan tambahan potongan harga, maupun cicilan 0%. Di Indonesia sendiri, ada banyak OTA yang aman dan selalu memberikan harga tiket pesawat murah.

Program Frequent Flyer

tiket-pesawat-murah-5

Program Frequent Flyer adalah salah satu program yang digunakan maskapai untuk mempertahankan loyalitas para pelanggannya. Konsepnya cukup sederhana, semakin sering Anda terbang dengan suatu maskapai atau beberapa maskapai yang saling beraliansi, semakin banyak poin (atau seringkali disebut miles) yang terakumulasi. Poin ini dapat ditukarkan dengan bonus berupa up grade dari kelas ekonomi ke kelas bisnis ataupun terbang gratis!

Pilih Bandara Sekunder

airport

Kota-kota besar biasanya memiliki bandara sekunder yang lebih kecil. Bagi sebuah maskapai penerbangan, mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder memakan lebih sedikit biaya dibandingkan jika pesawat mendarat di bandara utama. Hal ini mempengaruhi harga tiket sehingga seringkali tiket pesawat yang mendarat di bandara sekunder reatif lebih rendah harganya dibandingkan tiket pewawat yang mendarat di bandara utama.

Penerbangan Dengan Rute Transit

tiket-pesawat-murah-6

Untuk rute internasional, pilih penerbangan dengan rute alternatif atau transit. Cara ini dapat menghemat biaya perjalanan karena seringkali tiket pesawat tanpa transit lebih mahal. Misalnya, jika Anda traveling ke Tokyo dengan membeli tiket tanpa transit, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar USD 700. Namun jika Anda membeli tiket transit dalam satu maskapai sebagai contoh, Anda terbang ke Singapura sebesar USD 100, kemudian dari Singapura ke Tokyo biasanya dikenakan sebesar USD 400-450, Anda dapat menghemat USD 250. Lumayan banget kan?

Gunakan Dua Maskapai Yang Berbeda

tiket-pesawat-murah-8

Jika Anda menginginkan harga tiket pesawat murah pada saat pergi keluar kota, cobalah untuk menggunakan maskapai yang berbeda untuk kepergian dan kepulangan karena biasanya harganya jauh lebih murah ketimbang menggunakan maskapai yang sama. Hal ini memang lebih merepotkan dan tidak prakts jika kamu memesan tiket pesawat langsung dari website maskapai penerbangan. Tapi jika Anda memesan tiket pesawat di online travel agent, Anda bisa langsung membandingkan harga masing-masing tiket dan memilih maskapai dengan harga paling bersaing.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara mendapatkan tiket pesawat murah. Untuk Anda yang ingin mencari rekomendasi penginapan murah berfasilitas lengkap, pilihlah RedDoorz sebagai pilihan hotel murah Anda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: