Tips Liburan untuk Anda yang Baru Pertama Kali Ke Luar Negeri

Tingginya permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk bepergian ke luar negeri, menjadi salah satu perhatian khusus bagi para pelaku bisnis penerbangan di Indonesia. Mereka melihat hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan sejumlah keuntungan, maka tak heran jika banyak maskapai penerbangan yang mengupayakan tarif yang lebih terjangkau di dalam layanan yang mereka berikan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat luas, sebab bepergian ke luar negeri bukan lagi menjadi sebuah hal yang sangat mahal. Dengan adanya tiket pesawat murah, tentu mempermudah Anda dan keluarga untuk berlibur ke luar negeri. Untuk Anda yang bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya, RedDoorz akan membagikan tips agar perjalanan berjalan sesuai ekspektasi. Apa saja tips nya? Yuk simak!

Paspor dan Visa

tips-liburan-ke-luar-negeri-1

Paspor merupakan benda wajib untuk Anda bawa ketika bepergian ke luar negeri, bahkan Anda sudah akan membutuhkannya ketika akan membeli tiket penerbangan yang akan digunakan. Penting untuk memiliki paspor sejak awal, artinya Anda bisa saja membutuhkannya sewaktu-waktu tanpa rencana yang panjang terlebih dahulu, misalnya jika sewaktu-waktu ada acara kantor yang diadakan di luar negeri. Selain paspor, Anda juga perlu mengurus visa untuk perjalanan Anda, sebab sejumlah Negara hanya bisa didatangi dengan menggunakan visa, meskipun beberapa Negara membebaskannya bagi warga Negara tertentu yang berkunjung ke wilayah mereka. Beberapa Negara mungkin mengizinkan Anda mengurus visa lewat agen perjalanan, namun untuk yang lainnya Anda harus mengurusnya di kantor kedutaan Negara yang bersangkutan. Perhatikan juga masa berlaku masa parpor Anda sebelum merencanakan ke luar negeri, pastikan masa berlakunya lebih dari 6 bulan lagi ketika tanggal keberangkatan Anda tiba.

Tiket Pesawat dan Hotel

tips-liburan-ke-luar-negeri-2

Setelah memiliki paspor, Anda bisa mencari tiket pesawat dengan harga promo. Jangan lupa untuk langsung membeli tiket pulang. Ini untuk memudahkan Anda saat diwawancara di imigrasi ataupun dalam perihal pengurusan visa. Untuk penginapan, Anda wajib untuk memesan penginapan terlebih dahulu. Anda bisa membeli via online travel agent atau disitu-situs penjualan hotel online yang terpercaya. Sebaiknya Anda mencari tahu dulu lokasi hotel yang menjadi pilihan Anda. Pilihlah hotel yang dekat dengan jalur transportasi umum seperti subway atau bus agar memudahkan Anda dalam mengunjungi berbagai tempat wisata di Negara tujuan.

Menukar Mata Uang

tips-liburan-ke-luar-negeri-3

Tukarkan mata uang Rupiah dengan mata uang Negara tujuan. Siapkan jumlah yang cukup agar Anda terhindar dari kerepotan mencari money changer saat di Negara tujuan. Kurs mata uang Rupiah juga biasanya akan bernilai lebih rendah jika ditukarkan di luar negeri. Lebih baik Anda membawa mata uang US Dollar sebagai cadangan. Perhatikan juga naik-turun kurs mata uang Negara bersangkutan agar Anda tidak rugi ketika menukarkannya.

Cari Informasi Tentang Negara Tujuan

tips-liburan-ke-luar-negeri-4

Jangan sampai lupa untuk mempelajari Negara yang Anda tuju sebelum berangkat. Ini perlu dilakukan agar Anda lebih bisa memahami bagaimana keadaan Negara tersebut, seperti kondisi lingkungan, masyarakat lokal ataupun cuacanya. Selain itu, ketika Anda memahami budaya Negara tersebut, Anda akan jauh lebih mudah untuk bersikap dan berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Peraturan-peraturan Negara tujuan juga sebaiknya Anda pelajari, seperti contohnya jika Anda berkunjung ke Jepang, untuk mengantri escalator sebaiknya Anda berada di jalur kiri. Karena beda Negara pasti beda budaya dan peraturan kan?

 Perhatikan Barang yang Akan Anda Bawa

tips-liburan-ke-luar-negeri-5

Lakukan persiapan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan, hal ini akan memperkecil kemungkinan Anda meninggalkan sesuatu yang penting bagi perjalanan Anda tersebut. Jangan buru-buru dan siapkan semua kebutuhan Anda selama di sana dengan baik. Hindari membawa pakaian yang terlalu banyak, ini justru akan merepotkan dan membuat bagasi Anda penuh. Gunakan sepatu yang nyaman dan tidak membuat kaki Anda cepat lelah, terutama jika selama di sana Anda akan banyak berjalan-jalan. Bawa smartphone atau gadget Anda, lengkap dengan power bank dan juga charger-nya. Jangan lupa bereskan dompet Anda, bawa kartu kredit agar semua transaksi bisa berjalan dengan lancar, tinggalkan berbagai kartu yang tidak Anda butuhkan selama di sana.

Susun Rencana Pejalanan

tips-liburan-ke-luar-negeri-6

Sebelum berangkat, maka Anda wajib menyusun rencana perjalanan Anda selama di sana. Ini akan membuat perjalanan Anda menjadi terjadwal dan tidak membosankan. Dapatkan berbagai informasi mengenai objek wisata yang akan Anda datangi, serta waktu kunjungan terbaik untuk mendatanginya. Anda perlu mengetahui dengan jelas mengenai tiket masuk ke sana, dan juga transportasi yang akan Anda gunakan. Datangi tempat-tempat wisata yang berada di satu kawasan atau berdekatan sekaligus, agar tidak boros waktu dan juga biaya.

Cek Kesehatan

Many men can't remember their last doctor visit

Tidak mau kan rencana liburan Anda berantakan karena kondisi tubuh yang kurang fit? Sebaiknya periksakan kesehatan Anda terlebih dahulu sebelum pergi. Selain itu, bawalah obat-obatan yang Anda perlu untuk mengantisipasi jika Negara tujuan tidak menjual obat yang sejenis. Jadi jika sewaktu-waktu diperlukan, Anda tidak bingung mencarinya lagi.

Proses Imigrasi pada saat Keberangkatan

tips-liburan-ke-luar-negeri-8

Pada saat check in, petugas akan memeriksa paspor Anda dan memberikan boarding pass. Setelah itu di bagian imigrasi, petugas kembali memeriksa boarding pass dan paspor Anda. Setelah semuanya oke, petugas akan membubuhkan stempel di paspor Anda. Di pesawat Anda akan mengisi kartu kedatangan sebagai dokumen dari imigrasi Negara tujuan yang nantinya akan diperiksa oleh petugas.

Proses Imigrasi di Negara Tujuan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Begitu mendarat, Anda akan kembali berurusan dengan bagian imigrasi. Mengantrilah dengan sabar, jangan menyelak dan tetap berada di belakang garis kuning. Petugas imigrasi biasanya akan mengajukan beberapa pertanyaan umum, seperti: berapa lama Anda akan tinggal, tujuan Anda berkunjung ke Negara tersebut, dengan siapa Anda pergi dan di mana Anda akan menginap. Jawablah dengan singkat dan tepat. Setelah imigrasi selesai jangan lupa untuk mengambil bagasi Anda.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai tips dan informasi untuk Anda yang baru pertama kali berpergian ke luar negeri. Bagi Anda yang ingin mengunjungi ke berbbagai kota-kota di Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s