Tips Tetap Sehat Saat Traveling

Traveling adalah hal yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang memang menjadikan traveling sebagai kegiatan rutin. Tetapi pastinya akan sangat tidak menyenangkan jika di tengah perjalanan Anda merasa tidak enak badan dan jatuh sakit. Ada banyak penyebab Anda jatuh sakit ketika traveling salah satunya adalah perubahan cuaca ekstrim ataupun kurang istirahat. Nah RedDoorz memiliki beberapa tips agar tetap sehat untuk Anda yang hobi traveling. Apa saja tips nya? Yuk Simak!

Suntik Vaksin

traveling sehat 1

Sebagai wisatawan, Anda disarankan untuk suntik vaksin dahulu sebelum datang ke beberapa Negara tertentu, terutama jika negara tersebut memiliki cuaca yang jauh berbeda dengan Indonesia. Selain itu, ada beberapa Negara yang membutuhkan Anda untuk vaksin terlebih dahulu sebelum traveling ke Negara tujuan.Seperti contohnya, jika Anda berkunjung ke Amerika dan Afrika, sebaiknya suntik vaksin demam kuning (yellow fever) terlebih dahulu. Jika ke daerah tropis yang tergolong endemic malaria seperti Vanuatu, Papua atau ujung kulon, kami sarankan Anda melakukan vaksin malaria dan membawa obat anti malaria.

Tidur yang Cukup

traveling sehat 2

Salah satu alasan utama mengapa sistem tubuh Anda terganggu biasanya disebabkan karena pola tidur yang berubah dan lebih singkat. Jika saat tidak traveling sudah terbiasa tidur selama delapan jam, jangan kurangi waktu tidur Anda secara drastis misalnya jadi hanya empat jam saja. Setidaknya tidurlah minimal enam jam dan manfaatkan waktu untuk istirahat disaat-saat terkena delay, macet atau aktivitas yang membuat Anda tidak memiliki pilihan lain kecuali tidur dan beristirahat,

Bawa Makanan Ringan Sendiri

traveling sehat 3

Untuk tetap sehat, memang diperlukan sedikit usaha lebih. Tentunya Anda sangat tidak disarankan untuk membeli makanan ringan dengan perasa sintetis di supermarket. Sebagai gantinya, bawalah bekal yang sehat, mudah dibawa dan tidak berbau seperti kacang-kacangan yang dicampur buah-buahan kering atau overnight oat yang dapat dengan mudah Anda bawa dalam jar.

Stay Hydrated

traveling sehat 4

Selain membawa makanan ringan sendiri, agar tetap sehat saat traveling Anda harus minum air putih yang banyak. Sediakan botol minum yang dapat dibawa kemana-mana, sehingga tidak kesulitan mencari-cari supermarket yang menjual air minum jika diperlukan. Bukan hanya saat traveling di musim panas Anda harus terus konsisten minum air putih, tapi demikian juga ketika traveling saat musim dingin, karena disaat musim dingin cuaca nya sangat kering sehingga Anda membutuhkan air putih yang banyak agar tetap terhidrasi.

Perhatikan Pakaian Anda

traveling sehat 5

Mencari informasi tentang iklim dan cuaca Negara tujuan sebelum berangkat adalah hal yang penting. Karena hal ini dapat membantu Anda dalam memilih pakaian yang cocok saat traveling. Pakaian yang salah dibawa saat traveling bisa membuat Anda susah nantinya. Bayangkan saja jika cuaca dingin namun pakaian yang Anda bawa tidak cukup untuk menghangatkan tubuh Anda, tentunya Anda akan mudah terserang influenza. Tak hanya itu saja, penyakit lain seperti hipotermia dan serangan jantung juga bisa timbul karena hawa dingin yang meningkatkan tekanan darah pada jantung.

Bawa Anti Nyamuk dan Tabir Surya

traveling sehat 6

Jangan remehkan gigitan nyamuk. Jika Anda berada di daerah atau Negara asing, Anda tidak tahu gigitan nyamuk tersebut dapat menularkan penyakit apa. Tidak hanya gatal atau bentol, gigitan tersebut bisa juga mengandung berbagai penyakit, seperti malaria, demam berdarah atau bahkan zika. Untuk itu selalu oleskan cairan anti nyamuk agar tehindar gigitan nyamuk. Hal lain yang perlu Anda oleskan pada kulit adalah tabir surya. Di Negara-negara tropis, sengatan sinar matahari yang berlebih dapat membuat tubuh lemas karena dehidrasi dan kulit terbakar. Maka untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya untuk mengenakan tabir surya sebelum Anda beraktivitas diluar ruangan.

Cuci Tangan

Proper handwashing technique

Usahakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir daripada menggunakan tisu basah. Namun jika Anda kesulitan menemukan tempat untuk cuci tangan, pemakaian hand sanitizer sangat dianjurkan. Agar tidak terkena kuman, selalu ingat untuk tidak menyentuhkan tangan yang kotor ke bagian tubuh, terutama muka, mulut, hidung, ataupun leher.

Perhatikan Kapasitas Tubuh

traveling sehat 8

Mencoba ragam street food lokal yang menggiurkan memang salah satu hal wajib pada saat berlibur, tetapi ingatlah untuk mengontrol diri. Untuk itu, agar tidak merusak suasana liburan dengan terlalu membatasi diri, Anda bisa mencoba makanan khas Negara tujuan dengan sedikit-sedikit, Jangan langsung mencoba terlalu banyak. Perhatikan pula kondisi tubuh Anda, apakah Anda tahan dengan makanan yang pedas atau minuman alcohol lokal yang kadarnya mungkin terlalu tinggi.

Berolahraga

traveling sehat 9

Seringkali hotel atau penginapan menyediakan fasilitas olahraga seperti kelas Yoga atau fitness centre. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kalau tidak lelah, gunakan waktu Anda sebelum beraktifitas untuk berolahraga sekitar 30 menit agar Anda tetap sehat pada saat traveling. Namun, jika hotel Anda tidak menyediakan fasilitas olahraga, sebisa mungkin eksplor tempat wisata dengan berjalan kaki. Dengan berjalan kaki, Anda dapat lebih menikmai perjalanan dan menemukan banyak hal menarik yang tidak terduga. Dan pastinya tubuh menjadi lebih fit.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tips tetap sehat pada saat traveling. Untuk Anda yang akan berlibur di Indonesia seperti ke Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai temapt penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s