Wisata Raja Ampat di Mata Dunia

Jika mendengar nama Raja Ampat, pasti akan menjadi sangat familiar di telinga Anda. Raja Ampat dengan sejuta keindahannya, selalu mempesona setiap orang yang berkunjung ke sana. Terletak di barat laut Pulau Papua, tepatnya di kota Sorong, tempat ini selalu menjadi pilihan bagi para pecinta olahraga menyelam sejak tahun 2000an. Meskipun tempat wisata Raja Ampat tergolong mahal, pada tahun 2015 ada sekitar 6000 wisatawan lokal dan 15000 wisatawan asing yang berkunjung ke Raja Ampat. Tidak mengherankan jika Raja Ampat mampu menarik perhatian banyak wisatawan lokal dan asing, karena Raja Ampat merupakan tempat wisata yang memiliki Biota Laut paling beragam di dunia. Kali ini RedDoorz akan mengulas lebih jauh, tentang wisata di Raja Ampat, Yuk simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini!

“Hutan Amazon” Bawah Laut

Raja Ampat di Mata Dunia 1

Jika Hutan Amazon memiliki spesies binatang darat terbanyak di dunia, maka Raja Ampat dapat dinyatakan sebagai “Hutan Amazon” Bawah Laut. Dinyatakan bahwa di dalam perairan Raja Ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang keras. Karang-karang keras tersebut sudah mencakup 75% dari total jenis karang di dunia. Selain itu, di sini terdapat juga lebih dari 13 jenis endemic, 1070 jenis ikan karang, 60 jenis udang karang, 699 jenis hewan lunak ( jenis moluska) yang terdiri dari; 530 siput-siput (Gastropoda), 159 kerang-kerang (bivalva), 2 Scaphopoda, 5 cumi-cumian (Cephalopoda), dan 3 Chiton. Sampai saat ini, tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah keberanekaragaman biota laut sebanyak ini selain Raja Ampat. Tempat ini juga memiliki pantai berpasir putih, gugusan pulau-pulau yang indah, dan flora-flora yang unik seperti cendrawasih merah, aneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.

Asal Mula Nama Raja Ampat

Raja Ampat di Mata Dunia 2

Dalam Bahasa Indonesia Raja Ampat berarti “Empat Raja”, yaitu empat orang raja yang menguasai wilayah tersebut. Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu. Hadirnya keempat raja yang masing-masing berkuasa di keempat wilayah tersebut kemudian memunculkan nama Raja Ampat atau yang berarti Empat Raja. Mitos mengenai asal mula nama Raja Ampat ini juga turut memunculkan daya tarik tersendiri sebagai ciri khas dari Raja Ampat.

Raja Ampat Tak Sengaja Ditemukan

Raja Empat, Papua, Indonesia.

Keindahan Biota Laut yang sangat beragam ini ternyata ditemukan secara tidak sengaja sejak tahun 1990. Kecantikan Raja Ampat diketahui ketika seorang penyelam berkebangsaan Belanda Max Ammer mengunjungi kawasan ini, dengan tujuan awal untuk menemukan keberadaan pesawat dan kapal yang digunakan dalam perang dunia II. Terpesona dengan keragaman biota di Raja Ampat, kemudian Max mengajak seorang ahli perikanan dari Australia, Gerry Allen untuk mengadakan survei ditempat ini. Setelah melakukan pencarian kemudian juga ditemukan beberapa peninggalan berkas perang dunia II didasar laut Raja Ampat. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Raja Ampat tidak hanya kaya akan ragam biota laut, namun juga kaya akan kekayaan historis yang dimiliki.

Terumbu Karang Terindah Ada di Raja Ampat

Raja Ampat di Mata Dunia 4

Jika Anda berpikir untuk mencari sebuah tempat yang memiliki pemngan terumbu karang yang indah, maka Raja Ampat akan menjadi jawaban yang tepat. Raja Ampat dapat dikatakan sebagai surga dari terumbu karang. Terdapat beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat baik dengan persentase penutupan karang hidup hampir 90%. Terumbu karang yang berada di Raja Ampat umumnya merupakan terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Raja Ampat untuk sekedar menikmati pemandangan alam, namun tidak dapat menyelam atau merasa takut untuk menyelam, terumbu karang juga dapat menjadi pilihan untuk dinikmati. Terumbu karang yang berada di kampung Saondarek adalah salah satunya, Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang disaat pasang surut terendah. Anda jugadapat menikmati keindahan hamparan terumbu karang yang tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Ini adalah salah satu pilihan yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang tidak ingin menyelam ke dasar laut.

Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Raja Ampat di Mata Dunia 5

Terkenal dengan biota laut yang beragam, tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk melakukan penyelaman di Raja Ampat. Tempat wisata ini memiliki beberapa diving spot yang terkenal, seperti Manta Point, Mike’s Point, Sardine Reef, dan Shark Point. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Misalnya, di Manta point Anda akan dengan mudah bisa menemukan ikan Manta dengan diameter 9 meter hilir mudik di sekitar Anda. Jika ingin menyelam di Sardine Reef, Anda akan menyelam dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan adalah jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya. Raja Ampat yang terdiri dari banyak pulau dan selat sempit, membuat sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan. Istimewanya lagi, masih banyak situs terumbu karang yang belum pernah terjamah. Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan mendapatkan suatu pengalaman berwisata yang tidak akan terlupakan jika berkunjung ke Raja Ampat.

Itulah tadi beberapa hal yang membuat Raja Ampat begitu tersohor diberbagai dunia. Nah, untuk Anda yang ingin berlibur di Bali, atau kota lain seperti; Bogor, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s