Places To Visit Tourist Spot

Tips Wisata ke Green Canyon dengan Harga Murah

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Jawa Barat pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata bernama Green Canyon. Green Canyon atau lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Keindahan alam yang ditawarkan menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan Anda. Menariknya untuk menikmati keindahan berwisata di Green Canyon, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, cukup dengan uang kurang dari Rp 1.000.000 Anda dapat menikmati keindahan dan keseruan berwisata di Green Canyon.

Alternatif Transportasi Murah untuk Berwisata ke Green Canyon

Penumpang berjalan menuju bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di terminal Kampung Rambutan, Jakarta,

Untuk mengunjungi Green Canyon, ada banyak pilihan transportasi yang dapat Anda pilih, namun dalam artikel kali ini RedDoorz mengasumsikan perjalanan dimulai dari Jakarta. Untuk perjalanan dari Jakarta menuju Pangandaran jika menggunakan bus antar kota, Anda akan mengeluarkan biaya sekitar Rp.85.000. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 7-8 jam perjalanan.

Sesampainya di Terminal Pangandaran, Anda dapat menggunakan bus umum tujuan Tasikmalaya-Pangandaran-Cijulang dengan perkiraan harga tiket Rp.30.000, dan setelah itu Anda dapat menaiki ojeg dari terminal Cijulang ke gerbang Green Canyon dengan perkiraan harga Rp.15.000-Rp20.000. Untuk mencapai Green Canyon dari pintu gerbang atau dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 sampai 45 menit dengan menggunakan perahu kayu modern yang juga sering disebut dengan “Ketinting”. Tarif per orang untuk ketinting ini adalah Rp.75.000 dengan daya tampung maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

Selain menggunakan kendaraan umum, perjalanan ke Green Canyon juga bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Untuk alternatif yang satu ini Anda dapat menekan biaya jika pergi berwisata secara rombongan. Misalnya untuk perjalanan selama 3 hari menuju Green Canyon total biaya bensin sebesar Rp.400.000 – Rp.500.000. Jika Anda pergi secara rombongan, dengan beranggotakan 5 orang misalnnya maka untuk 1 orang hanya perlu membayar Rp.100.000 saja.

Memilih Tempat Penginapan dengan Harga Ekonomis

green canyon 2

Untuk menekan biaya saat melakukan wisata, Anda harus pintar dalam memilih tempat menginap. Harga penginapan di sekitar Pantai Pangandaran dibuka mulai dari Rp.150.000-Rp.200.000 dengan fasilitas standar seperti kipas angin dan kamar mandi dalam. Sementara itu untuk penginapan dengan fasilitas AC dan kamar mandi dalam, harga berkisar Rp.200.000-Rp.250.000. Untuk Anda yang berwisata secara rombongan tersedia guest house dengan harga berkisar Rp.600.000 – Rp.700.000. Jika Anda datang secara rombongan, guest house menjadi pilihan yang tepat untuk lebih menghemat biaya saat berwisata.

Seafood, Makanan Nikmat dengan Harga Memikat di Sekitar Green Canyon

green canyon 3

Berhubung dekat dengan pantai, sudah pasti harga seafood di Pangandaran akan lebih murah dari harga biasanya. Contohnya untuk harga cumi-cumi dihargai sebesar Rp.50.000/kg, udang seharga Rp.65.000/kg, ikan bawal Rp.65.000/kg dan masih banyak lagi pilihan seafood yang ditawarkan dengan harga memikat. Jika Anda mau lebih berhemat, tersedia juga Nasi Goreng Seafood dengan harga Rp.15.000 atau Cah Kangkung dengan harga Rp.10.000. Sangat irit kan untuk harga makanan di sini?

Kegiatan Menarik selama Berada di Pangandaran

green canyon 4

  • Menikmati lingkungan sekitar dengan bersepeda bersama. Untuk bersepeda disekitar Green Canyon, Anda dapat menyewa sepeda tandem atau sepeda panjang yang biasa di kendarai oleh 2 orang secara bersamaan. Anda dapat menikmati pengalaman bersepeda selama kurang lebih satu jam dengan harga sewa Rp.25.000 – Rp.30.000.

green canyon 5

  • Selain bersepeda, Taman Wisata Alam yang berada di Pangandaran juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melihat berbagai flora seperti laban, kisegel, merong dan sebagainya. Karena keanekaragaman flora di sana taman ini juga menjadi habitat yang menyenangkan bagi beberapa jenis fauna seperti tando, monyet ekor panjang, burung tlungtumpuk, cipeuw, dan berbagai jenis fauna lainnya. Untuk dapat menikmati keindahan taman wisata ini Anda hanya perlu membayar Rp.7000 jika masuk dari pintu darat dan Rp.10.000 jika melalui pintu air.

green canyon 6

  • Selesai dengan bersepeda dan menikmati keindahan Taman Wisata Alam, saatnya menikmati wisata yang sedikit menantang. Seperti yang Anda ketahui, Green Canyon adalah semacam aliran sungai yang diapit tebing-tebing tinggi. Jika dalam bahasa sunda disebut “Cukang Taneuh”. Namun pada tahun 1993 ada turis Perancis yang memberi nama “Green-Canyon” kepada tempat ini. Nama Green Canyon diberikan karena menurut turis tersebut Green Canyon sangat mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Amerika lagi, cukup ke Green Canyon saja. Untuk menikmati wisata body rafting Anda perlu membayar Rp.200.000/orang dengan fasilitas helm, life jacket, dan juga Selain menggunakan life jacket, juga ada pemandu yang akan menjaga agar Anda tetap aman. Sehingga, untuk keamanan dipastikan tidak usah khawatir.

green canyon 7

  • Bermain Banana Boat di Pantai Batu Karas. Pantai Batu Karas terletak tidak jauh dari Green Canyon. Jika Anda suka mengunjungi pantai di Bali, maka pantai Batu Karas ini tidak kalah istimewa dari pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai ini biasa disebut sebagai Pantai Kuta Jawa Barat, karena deburan ombak yang cukup tinggi di pantai ini biasa dimanfaatkan untuk peselancar dunia sebagai tempat berlatih. Bahkan setiap tahun diadakan event surfing di sini. Selain surfing, Anda dapat menikmati permainan banana boat dengan harga Rp.35.000 – Rp.45.000/permainan. Cukup terjangkau kan untuk menikmati serunya bermain banana boat?

Itulah tadi tips untuk berlibur ke Green Canyon, Pangandaran dengan harga murah. Nah, untuk Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota lainnya di Indonesia, seperti; Bogor, Jakarta, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s