Ranca Upas, Pilihan Berwisata di Bandung

Memiliki lebih dari 17.000 pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke, membuat Indonesia sering kali disebut sebagai negara kepulauan. Memiliki luas wilayah kurang lebih 1900km, membuat Indonesia memiliki beragam tempat wisata alam yang indah dan menarik. Nah, kali ini Reddoorz akan membahas mengenai salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, yaitu Kampung Cai Ranca Upas. Terletak di daerah Ciwidey dengan luas area sekitar 215 Hektar, membuat tempat wisata ini sebagai pilihan alternatif berwisata di Ciwidey selain Kawah Putih dan Situ Patenggang. Kawasan Ranca Upas sendiri banyak dikenal karena merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Jawa Barat. Di sini juga terdapat berbagai konservasi flora langka dan aneka fauna seperti burung dan rusa. Ranca Upas merupakan tempat yang tepat untuk Anda melakukan berbagai kegiatan seru bersama keluarga ataupun kerabat. Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga dan kerabat saat mengunjungi Ranca Upas. Yuk simak selengkapnya!

Menikmati Suasana Alam Dengan Camping Di Ranca Upas

ranca upas 8

Menikmati suasana alam tentunya dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan melakukan camping. Pemandangan yang sangat indah seperti; gunung-gunung, pepohonan hijau, dan beningnya air danau akan menjadi suguhan Anda selama melakukan camping. Jika beruntung, Anda juga dapat menikmati merdunya kicauan burung-burung di pagi hari.

Untuk melakukan camping di Ranca Upas juga cukup terjangkau. Anda hanya akan mengeluarkan uang sebesar Rp 150.000 untuk mendapatkan tenda dengan kapasitas 2-3 orang beserta dengan perlengkapan camping. Jika Anda menginginkan tenda yang lebih besar dengan kapasitas orang yang lebih banyak, tersedia juga tenda lainnya dengan harga yang bervariasi, namun masih sangat terjangkau. Harga tenda termahal adalah sekitar Rp 350.000 dengan kapasitas 12 orang di dalam tenda.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda berencana melakukan camping di Ranca Upas, tentunya jangan lupa untuk membawa pakaian hangat yang nyaman, karena Anda akan sangat kedinginan saat berada di tempat ini. Suhu udara dapat mencapai 0 derajat celcius saat malam hari.

Penangkaran Rusa Ranca Upas

ranca upas 2

Luasnya hutan lindung yang ada di Ranca Upas menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat penangkaran rusa. Rusa-rusa yang berada di penangkaran Ranca Upas adalah rusa jawa atau Cervus Timorensis yang statusnya dilindungi oleh negara. Berbeda dengan jenis lain, rusa jawa ini memiliki warna bulu kaki yang lebih terang dari bulu tubuhnya. Untuk bulu badannya sendiri berwarna merah sedikit kecoklatan. Rusa-rusa tersebut dibiarkan hidup bebas di alam liar, sehingga Anda dapat mengamati rusa dari dekat dan memberinya makan. Untuk makanan rusa, tentunya sudah disediakan oleh petugas sehingga Anda tidak perlu repot untuk membawanya dari rumah.

Outbound

ranca upas 9

Banyaknya permainan dan fasilitas outbound yang dapat dinikmati, membuat Ranca Upas sering dikunjungi oleh banyak siswa sekolah untuk acara pramuka ataupun latihan dasar kepemimpinan (LDK). Tak hanya dapat diikuti oleh siswa sekolah, para karyawan yang sedang mengadakan gathering perusahaan juga dapat menikmati serunya bermain outbound. Permainan dan fasilitas outbound yang tersedia salah satunya adalah flying fox , trampolin, dan jembatan goyang. Karena memiliki tempat yang terbilang sangat luas, tentu melakukan aktivitas outbond di Ranca Upas akan terasa lebih menyenangkan. Untuk menikmati wahana outbound tersebut Anda juga tidak perlu membayar mahal, cukup menyediakan Rp 15.000 saja untuk menaiki satu wahana. Disamping itu, pihak Ranca Upas juga menyediakan fasilitas seperti; api unggun, live music, dan juga sajian makanan prasmanan. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan, sehingga kita tidak perlu repot untuk menyiapkan hal-hal tersebut.

Kolam Air Panas dan Waterboom

ranca upas 12

Untuk Anda yang suka memanjakan diri dengan berendam air panas, Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan sarana berendam di kolam air panas. Disini disediakan sebuah kolam renang air panas yang cukup besar untuk memanjakan diri Anda di tengah suasana dinginnya Kota Bandung. Tempat ini juga sangat cocok untuk dinikmati bersama anak-anak, karena tersedia juga wahana bermain disekitar kolam, salah satunya adalah wahana seluncuran air. Untuk masuk ke area kolam Anda perlu membayar sekitar Rp 10.000 sedangkan untuk kolam air panas cukup hanya membayar Rp 3.500.

Paintball

ranca upas 6

Untuk rekomendasi kegiatan yang lebih menantang, paintball dapat menjadi kegiatan yang tepat untuk Anda. Nikmati sensasi seperti berada di medan perang dengan bermain paintball bersama tim. Di sini disediakan perlengkapan bermain yang sangat lengkap seperti baju khusus perang, kacamata, topi pelindung kepala, senjata, dan perlengkapan lainnya yang mendukung suasana ketegangan bermain paintball. Jika masih pemula, Anda juga tidak perlu khawatir karena tentunya ada instruktur yang akan memberikan pengarahan sebelum memulai permainan. Untuk menikmati keseruan dan ketegangan dari permainan ini Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 90.000 untuk bermain selama kurang lebih 1 jam. Tips dari RedDoorz jika ingin mencoba paintball, sebaiknya Anda bermain secara ramai-ramai dengan tim maupun keluarga, karena akan sangat membosankan jika bermain paintball dalam jumlah orang yang sedikit.

Itulah tadi informasi singkat mengenai kegiatan menyenangkan selama berada di Ranca Upas. Untuk akomodasi penginapan selama berada di Bandung, Anda dapat memilih RedDoorz sebagai solusi penginapan bagi Anda. Untuk Anda yang akan berlibur di kota lainnya di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya RedDoorz juga hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s