Hal Wajib untuk Diketahui Tentang Seaworld Ancol

kalaSebagai ibu kota negara Indonesia, Jakarta memiliki berbagai pusat perbelanjaan dan tempat hiburan. Anda akan dengan mudah menemukan pusat perbelanjaan disetiap sudut kota Jakarta. Banyaknya pusat perbelanjaan terkadang membuat kita jenuh untuk mengunjunginya. Jika Anda berpikir untuk menghabiskan waktu di Jakarta dengan cara yang berbeda, maka Taman Impian Jaya Ancol akan menjadi pilihan tepat sebagai alternatif tempat wisata. Salah satu wahana di Ancol yang selalu menarik minat pengunjung adalah Seaworld. Tempat ini memiliki sejuta keindahan biota laut yang dipertunjukan dalam sebuah akuarium raksasa. Nah, berikut ini RedDoorz akan memberikan berbagai informasi mengenai Seaworld, Yuk simak!

Sejarah Seaworld Ancol

seaworld 2

Seaworld Ancol merupakan miniatur pesona laut yang terletak di kawasan objek wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Selain berfungsi sebagai tempat rekreasi, objek wisata ini juga menjadi salah satu sarana edukasi yang sangat tepat bagi kita yang ingin mengetahui lebih banyak tentang biota-biota laut. Selain itu, Seaworld juga berfungsi sebagai area konservasi, baik terhadap biota lait maupun air tawar. Tempat wiata yang cukup populer di kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini memang sengaja dikembangkan untuk memperkenalkan kehidupan biota laut dan air tawar. Seaworld sendiri dibangun pada tahun 1992 di area seluas 3 hektare dengan luas bangunan utama kurang lebih 4.500 meter persegi. Pembangunan tersebut secara resmi dikukuhkan dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Wiyogo Atmodarminto. Tidak membutuhkan waktu lama, pada tanggal 3 Juni 1994 Seaworld Indonesia secara resmi dibuka untuk umum.

Seaworld Ancol Masa Kini

seaworld 3

Seaworld saat ini memiliki beragam koleksi biota air tawar terdiri dari 22.000 ekor ikan dengan 126 jenis, 28 reptil dengan 5 jenis berbeda; biota air laut sekitar 5180 ekor ikan sebanyak 26 jenis, 30 reptil dengan 5 jenis, 1 mamalia, dan 79 avertevrata sebanyak 13 jenis. Beberapa koleksi hewan yang disebutkan sebelumnya juga ada yang termasuk sebagai hewan-hewan yang tidak berbahaya sehingga dapat dipegang dan diajak bermain dengan beberapa petunjuk dari petugas.

Di dalam Museum Seaworld Ancol, terdapat juga dua macam jenis ikan awetan, yaitu ikan awetan basah yang sebelumnya telah direndam dengan alkohol maupun ikan awetan kering yang sebelumnya telah dikeraskan. Disamping itu terdapat juga awetan ikan purba selaka yang telah dinyatakan punah, awetan kepiting, awetan ikan hiu, dan ikan laut lainnya yang tertata rapi di dalam museum.

Jika Anda tertarik ingin menambah pengetahuan mengenai dunia kelautan secara visual, Anda juga dapat menonton teater yang memutarkan film dokumenter bertemakan dunia kelautan. Selain menampilkan hiburan dan edukasi kepada masyarakat, Anda tentunya wajib mengetahui bahwa saat ini Seaworld menjadi pusat konservasi yang membantu usaha pelestarian hewan-hewan langka, seperti penyu sisik, ikan napoleon, dan ikan purba coelacanth. Saat ini Seaworld sebagai yang terbesar di Asia Tenggara menjadi tempat pelestarian biota laut yang memegang peranan penting.

Menyelam ke dalam Seaworld

seaworld ancol 1

Untuk bersentuhan secara lebih dekat dan secara langsung dengan biota laut yang ada, Seaworld turut menyediakan fasilitas menyelam. Di dalam Seaworld terdapat terowongan khusus untuk Anda dapat menyelam ke dalam akuarium raksasa tersebut. Binatang laut seperti ikan hiu, penyu, dan juga bintang laut dengan mudah dapat Anda lihat dan sentuh dari dalam akuarium. Walaupun didampingi oleh pemandu, namun program menyelam ini dibagi menjadi dua yaitu beginner bagi mereka yang tidak memiliki sertifikat menyelam dan discovery bagi mereka yang telah memiliki sertifikat menyelam. Untuk menyelam selama 1 jam, Anda cukup membayar sebesar Rp 70.000/orang. Anda juga dapat turut serta memberi makan dalam feeding show, yang diadakan pada jam-jam tertentu. Untuk melakukan penyelaman, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengenai keamanan dan kesehatan dari biota laut di dalam akuarium besar ini. Mengenai kesehatan biota laut yang ada, tentunya Anda tidak perlu khawatir, karena setiap biota laut yang ada di Seaworld melalui proses karantina, sarana penyiapan pakan, sarana pengelolahan air, dan fasilitas lainnya yang memastikan bahwa biota dirawat dan dipelihara dengan baik.

Harga Tiket Seaworld

seaworld 4

Berbagai hal yang ditawarkan oleh Seaworld, tentunya dapat Anda nikmati dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk dapat masuk dan menikmati wisata Seaworld yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WIB ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 85.000/orang saat weekdays, dan Rp 100.000/orang saat weekend. Sangat terjangkau bukan untuk menikmati keindahan akuarium laut terbesar di Asia Tenggara ini?

Nah itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang Seaworld Ancol. Jika Seaworld Ancol ini mampu menjadi wisata yang sangat menarik bagi turis asing yang berkunjung ke Jakarta, tentunya tempat ini juga mampu menarik minat para wisatawan lokal, khususnya masyarakat yang juga berdomisili di Jakarta. Nah, bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat pengonapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s