Feature Places To Visit Tourist Spot

8 Tempat Wisata Wonosobo yang Seru untuk Liburan

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam keindahan alam. Salah satunya adalah keindahan alam yang terdapat di daerah dataran tinggi Dieng, atau yang biasa disebut dengan wisata Wonosobo. Hal ini disebabkan karena letaknya yang berada di kabupaten Wonosobo.

Di daerah wisata Wonosobo ini terdapat gunung merapi raksasa yang memiliki aktivitas vulkanik sehingga menarik untuk dikunjungi. Selain itu, wisata Wonosobo juga menawarkan pemandangan alam yang indah melalui bukit-bukit, telaga berbeda warna, maupun candi-candi yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Untuk Anda yang menyukai wisata kuliner, wisata Wonosobo juga menawarkan berbagai jajanan khas yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke sini. Penasaran apa saja yang ada di Wonosobo? Yuk simak ulasan lengkapnya!

 1.Telaga Merdada

wisata wonosobo 1

Saat ini berbagai wisata Wonosobo memang sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dapat terlihat dengan berbagai wisata alam yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu dari berbagai wisata alam yang menarik pengunjung adalah Telaga Merdada. Danau ini disebut-sebut juga sebagai danau terbesar di Wonosobo dengan ciri khas warna air yang sangat jernih dan suasana alam yang masih sangat asri. Dengan suasana alam seperti ini, tentunya membuat Telaga Merdada sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana tenang dan sejuk baik bersama teman, keluarga maupun pasangan.

2.Telaga Warna

wisata wonosobo 2

Telaga Warna adalah salah satu landmark bagi wisata Wonosobo. Tempat ini biasanya  dikenal dengan ciri khas warna air yang lebih dari satu warna. Secara ilmiah, warna yang berbeda ini berasal dari pembiasan belerang yang terjadi di bagian bawah, yang kemudian menyebabkan dominasi warna biru kehijauan dan putih kekuningan. Untuk dapat menikmati pemandangan dari Telaga Warna secara lebih maksimal, Anda juga dapat mendaki ke bagian atas menuju dataran tinggi di sekitar Telaga Warna, dan menikmati pemandangan alam dari atas.

3.Telaga Pengilon

wisata wonosobo 3

Jika Anda berkunjung ke Telaga Warna, pastikan untuk berkunjung juga ke Telaga Pengilon, yang terletak tepat di sebelah Telaga Warna. Walaupun letaknya berdekatan namun masing-masing danau memiliki ciri khasnya tersendiri. Telaga Pengilon memiliki ciri khas air yang sangat jernih dan bening layaknya cermin. Tak heran jika wisatawan seringkali menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk melakukan foto hunting, karena pemandangannya yang memang menarik untuk diabadikan.

Sekedar informasi tambahan, jika Anda ingin mendapatkan foto terbaik, maka sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke sini saat matahari masih muncul. Hal ini karena,pemandangan langit biru yang memancar diiringi air jernih dari Telaga Pengilon akan menjadi foto yang terlupakan.

4.Bukit Sikunir

wisata wonosobo 4-

Anda ingin melihat matahari terbit secara lebih dekat dan jelas? Maka datanglah ke Bukit Sikunir. memang sudah terkenal di kalangan wisatawan sebagai tempat berburu matahari terbit, sehubungan dengan letaknya di desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

Desa ini disebut-sebut memiliki ketinggan hampir 2.200 meter di atas permukaan laut. Bahkan, nama Sikunir pun turut diambil karena fenomena warna matahari yang bersinar kuning seperti kunir yang kemudian membuat penduduk lokal menamainya Bukit Sikunir.

5.Kawah Candradimuka

wisata wonosobo 4

Kebanyakan wisatawan yang berkujung ke tempat ini biasanya karena rasa penasaran akan legenda perwayangan mengenai Gatotkaca yang dahulu dimandikan di tempat ini. Setelah dimandikan di sini, kemudian barulah ia mendapatkan kekuatan supernya. Legenda ini memunculkan rasa penasaran dari wisatawan untuk melihat secara lebih dekat Kawah Candradimuka.

6.Kawah Sikidang

wisata wonosobo 6

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa daerah Dieng sebenarnya merupakan gunung berapi raksasa yang masih memiliki aktivitas vulkanik di dalamnya. Salah satu dari aktivitas vulkanik ini ditandai dengan adanya beberapa kawah yang berlokasi di Dieng, dimana kawah Sikidang adalah salah satunya. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan terletak di tanah datar sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah tersebut secara lebih dekat.

Seperti kawah pada umumnya, di kawah Sikidang juga terdapat kandungan sulfur yang tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena petugas keamanan pariwisata telah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah guna menjaga keamanan pengunjung.

7.Batu Ratapan Angin

wisata wonosobo 7

Batu Ratapan Angin adalah sebuah tebing di dekat Telaga Warna. Melalui tempat ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang ada di Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara bersamaan dari ketinggian. Untuk mencapai puncak dari Batu Ratapan Angin, Anda mungkin memerlukan tenaga ekstra, namun tidak perlu khawatir karena semuanya akan terbayar saat sampai di puncak. Menarik banget untuk dikunjungi kan?

8.Pendakian di Gunung Prau

wisata wonosobo 8

Gunung Prau adalah salah satu tempat wisata Wonosobo yang ditujukan khusus untuk Anda yang suka mendaki gunung. Sebelum mendaki gunung ini, pastikanJalur pendakian menuju Gunung Prau ini dapat ditempuh dari Kendal atau dari daerah Dieng dengan menggunakan beberapa pilihan transportasi darat seperti motor maupun mobil. Tinggi dari Gunung Prau inimencapai  2.565 meter di atas permukaan laut. Di sini, terdapat jalur pendakian yang terkenal seperti bukit Teletubbies. Bukit tersebut memiliki hamparan rumput hijau, sama seperti yang ada di serial televisi anak-anak Teletubbies.

Nah, Itulah tadi beberapa informasi mengenai tempat wisata Wonosobo yang akan membuat Anda tidak ingin pulang jika berkunjung kesana. Untuk Anda yang sedang mencari penginapan di Indonesia seperti; Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s