9 Tempat Wisata Kyoto yang Seru dan Menarik untuk Dikunjungi

Kyoto merupakan salah satu destinasi yang menarik dan menyenangkan di Jepang. Ada banyak hal yang bisa dilihat dan dinikmati ketika Anda mengunjungi kota ini. Tidak ada yang meragukan keindahan dari Kyoto. Bahkan mantan ibu kota Jepang ini sering dianugerahi sebagai kota terbaik di dunia oleh berbagai survey tentang traveling. Berbeda dengan kota besar seperti Tokyo, Osaka ataupun Nagoya, Kyoto menawarkan berbagai tempat wisata tradisional Jepang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Nah kali ini RedDoorz akan membagikan informasi mengenai berbagai tempat wisata Kyoto yang seru dan menarik untuk Anda kunjungi. Yuk simak selengkapnya!

Gion

tempat wisata kyoto 1

Gion adalah distrik hiburan terkenal dimana para wisatawan dapat bertemu dengan Geisha yang biasanya melewati jalanan tepi timur sungai Kamo-gawa. Pada awalnya Gion merupakan tempat dimana kedai-kedai teh melayani para pengunjung yang kelelahan setelah berkunjung ke kuil Yasaka. Dalam sejarahnya sendiri daerah Gion diklaim sebagai tempat hiburan malam terbesar di Kyoto. Meskipun kini arsitektur modern menjulang dimana-mana, lalu lintas sudah padat dan kehidupan malam mulai bermunculan, namun masih ada beberapa tempat yang tersisa di Gion untuk berjalan-jalan sambil menikmati jejak sejarah tempat ini. Jika Anda berkunjung ke Kyoto saat musim panas, akan ada sebuah festival legendaris yaitu Gion Matsuri. Perayaan tersebut dimulai pada tanggal 1 Juli yang ditandai dengan ritual Kippu iri dan diakhiri ritual Nagoshinoharae pada tanggal 30 Juli setiap tahunnya.

Kyoto Imperial Place

Palace Entrance

Terletak tepat di tengah-tengah Kyoto, Imperial Palace berada dalam Kyoto Imperial Park, sebuah taman dengan pohon rimbun dan kebun yang sangat terawat. Tempat wisata Kyoto ini juga berlokasi jauh dari keramaian dan hingar-bingar kota sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat yang tenang. Istana Kyoto ini merupakan kediaman Imperial Family Jepang sampai tahun 1858, sebelum ibu kota Jepang pindah dari Kyoto ke Tokyo. Untuk memasuki pekarangan istana Anda perlu mengantongi izin terlebih dahulu. Reservasi izin masuk ini bebas biaya, namun sebelumnya pengunjung harus mengisi berkas formulir dan menunjukan paspor di The Imperial Household Agency Office yang terletak di sisi barat laut dari Kyoto Imperial Park atau secara online. Untuk tur gratis disediakan pada hari Minggu, hari libur nasional dan terkadang hari Sabtu.

Arashiyama

tempat wisata kyoto 3

Sebuah distrik di pinggiran barat Kyoto ini sangat populer dikalangan wisatawan maupun warga lokal. Ada jembatan Togetsu, kereta Troli dan sungai Hozigawa untuk aktivitas rafting dan yang paling terkenal adalah hutan bambu yang memiliki pemandangan sangat indah. Setiap bulan Desember, diadakan Arashiyama Hanatoro, dimana jembatan Wanatabe dan jalan setapak di hutan bamboo diterangi dengan lampu-lampu. Selain itu, ada juga kuil yang bisa didatangi pada malam hari yaitu Nison-in dan Jojakko-ji. Hal tersebut juga sering membuat para wisatawan biasanya berkunjung dua kali kesini untuk merasakan pemandangan yang berbeda di siang dan malam hari.

Kuil Yasaka

tempat wisata kyoto 4

Kuil ini juga terletak di daerah Gion yang juga menjadi tuan rumah untuk festival Gion Matsuri. Tempat wisata Kyoto ini dilambangkan sebagai symbol kemakmuran. Banyak wisatawan yang memanfaatkan kunjungan ke Kuil Yasaka sambil berdoa kepada Dewa Kemakmuran dan Kesehatan karena menurut legenda, kuil ini memang didedikasikan untuk Susa-no-o ( Dewa Kemakmuran dan Kesehatan).

Kiyomizu-dera

tempat wisata kyoto 5

Kiyomizu-dera merupakan kuil Budha kuno yang dibangun pada tahun 798 dan sudah 10 kali mengalami kerusakan atau kebakaran akibat perang ataupun bencana alam. Jika kuil Yasaka disebut kuil kemakmuran, Kiyomizu-dera sering disebut kuil perjodohan karena di belakang kuil utama terdapat kuil Jishu-jinja yang disebut dengan Dewa Perjodohan.

Pasar Nishiki

tempat wisata kyoto 6

Dikenal sebagai ‘dapurnya Kyoto’, Pasar Nishiki merupakan suatu jalan perbelanjaan tradisional yang terletak di pusat kota. Menurut catatan sejarah, toko-toko di sini pertama kali dibuka pada tahun 1311. Pasar ini memiki luas sebesar 390 meter dari Teramachi Street sampai Takakura Street. Di tempat ini terdapat kurang lebih 120 toko-toko kecil dan restoran yang menjual berbagai kuliner khas Jepang, kerajinan, pakaian, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Kyoto Tower

tempat wisata kyoto 7

Kyoto Tower adalah salah satu landmark modern di kota yang penuh dengan kuil-kuil kuno dan jalan-jalan tradisional ini. Tower ini memiliki tinggi sekitar 131 meter dengan bobot 800 ton, dan terletak di atas sebuah bangunan dengan Sembilan cerita. Menara ini dibuka pada bulan Deseber tahun 1964, setelah acara Olimpiade Tokyo. Menawarkan pemandangan kota Kyoto dari ketinggian,  menara ini dirancang menyerupai lilin tradisional Jepang yang unik.

Tetsugaku No Michi

tempat wisata kyoto 8

Tempat yang terkenal dengan nama The Philosepher’s Path ini terletak di distrik Higashiyama yang berada di bagian utara kota Kyoto. Tempat wisata Kyoto ini diyakini sebagai salah satu tempat yang paling bagus untuk melihat keindahan bunga sakura pada musim semi. Tetsugaku No Michi sendiri merupakan jalanan sepanjang 2 km yang dimulai dari Ginkaku-ji dan berakhir di Nanzenji. Nama jalan ini diambil setelah salah seorang filsuf terkenal Jepang bernama Nishida Kitaro yang merenungkan makna kehidupan setiap berjalan di jalan ini menuju Universitas Kyoto.

Museum Nasional Kyoto

tempat wisata kyoto 9

Museum Nasional Kyoto merupakan tempat penyimpanan barang bersejarah dari zaman Heian hingga zaman Edo. Sebelum Perang Dunia II, koleksi museum sebagian besar berasal dari hadiah yang diberikan kuil Budha dan Shinto. Seusai Perang Dunia II, koleksi museum berasal dari koleksi Dewan Perlindungan Peninggalan Budaya, pembelian oleh pihak museum, atau hadiah dari penduduk. Pada tahun 1954, museum menerima Koleksi Moriya yang di dalamnya terdapat sitra Senju Sen-gen Daranikyo.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai berbagai tempat wisata Kyoto yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s