Skip to content

Kunjungi 11 Tempat Wisata Surabaya ini untuk Libur Lebaran

Libur Lebaran akan datang di akhir bulan Juni, banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah merencanakan liburan atau mudik ke kampung halaman. Biasanya libur Lebaran sering dijadikan ajang silahturahmi kepada keluarga ataupun kerabat. Meski kebanyakan masyarakat memilih untuk bersilahturahmi, tak jarang banyak juga yang memilih untuk berjalan-jalan menikmati keindahan kota. Salah satu yang sering dikunjungi ketika libur lebaran adalah Surabaya. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pulau Jawa sehingga selalu menarik untuk dikunjungi. Tak hanya para wisatawan yang singgah ke sini, tapi juga para perantau akan pulang ketika libur lebaran. Ada banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, mulai dari berbagai tempat bersejarah, berbagai kuliner khas, hingga pusat perbelanjaan. Kali ini RedDoorz akan memberikan rekomendasi tempat wisata Surabaya yang popular berada di Surabaya. Yuk simak artikel lengkapnya.

Wisata Monumen Pahlawan

tempat wisata surabaya 1

Tempat wisata Surabaya yang pertama kali harus Anda kunjungi adalah Monumen Pahlawan. Hal ini karena monument ini menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan masyarakat Surabaya, karena mengingatkan perjuangan pahlawan atas perjuangan mereka merebut kemerdekaan dari penjajah.Dengan tinggi 41.15 meter, tugu dengan bentuk paku terbalik ini memiliki lengkungan di tiangnya atau kerap disebut “Canalures”. Terdapat sebanyak sepuluh lengkungan serta terbagi menjadi sebelas ruas. Makna dari hal tersebut adalah: tanggal 10, bulan ke-11 dan pada tahun 1945; yang secara simbolik merupakan peristiwa berdarah yaitu masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Jembatan Suramadu

tempat wisata surabaya 2

Jembatan Suramadu merupakan jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5.500 meter, jembatan ini merupakan yang terpanjang di Indonesia. Dibangun dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Surabaya yang sangat terkenal.

Ciputra Waterpark

tempat wisata surabaya 3

Ciputra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mempunyai tema menyerupai dongeng petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak dalam karena tempat wisata Surabaya ini dibuat untuk bermain air, bukan untuk berenang sehingga kolam yang paling dalam hanya sekitar 1 m saja. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah IDR 70.000 untuk hari biasa dan IDR 90.000 untuk akhir pekan.

Patung Budha Empat Wajah

tempat wisata surabaya 11

Tempat wisata Surabaya populer berikutnya adalah Patung Budha Empat Wajah. Anda dapat mengunjungi tempat ini di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, sebuah pantai di kota Surabaya yang terkenal akan wisata baharinya. Patung ini menjadi salah satu patung tertinggi di Indonesia yang telah dicatat MURI. Patung Buddha ini terdiri atas wajah kesehatan dan perdamaian, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

House of Sampoerna

tempat wisata surabaya 5

Berlokasi di Krembangan Utara – Surabaya, tempat ini masih aktif berfungsi untuk memproduksi rokok Dji Sam Soe. Gedung yang dibangun oleh Belanda ini dibeli oleh Liem Seeng Tee (pendiri Sampoerna) pada tahun 1932 untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Selama berada di kawasan wisata House of Sampoerna Anda dapat berkunjung ke museum yang menampilkan berbagai sejarah pabrik rokok ini seperti; korek api, mesin cetak, lukisan hingga kendaraan kuno. Selain itu, Anda juga diizinkan untuk melihat para pekerja membuat rokok. Sebelum pulang, wisatawan bisa beristirahat sebentar di sebuah kafe yang berada di sisi kiri dari gedung utama. Di tempat tersebut juga terdapat galeri seni yang menjual produk unik dan cantik.

Kebun Binatang Surabaya

tempat wisata surabaya 6

Dibangun sejak zaman pemerintahan Belanda di Indonesia, tempat wisata Surabaya ini telah berganti lokasi lebih dari tiga kali sampai akhirnya menempati lokasi sekarang yang berada di kawasan Wonokromo. Di sini terdapat berbagai macam hewan langka seperti harimau Sumatera, komodo, singa Afrika dan lainnya. Jika berkunjung ke kebun binatang ini, Anda akan di pandu oleh beberapa guide yang bertujuan untuk memberi arah dan memberi pengetahuan tentang satwa. Bila Anda lelah, di sini juga terdapat pilihan untuk menunggang kuda ataupun gajah sehingga Anda tidak perlu jalan kaki untuk berkeliling.

 

Monumen Kapal Selam

tempat wisata surabaya 8

Tempat wisata di Surabaya ini berada di pusat kota dan berdampingan dengan pusat perbelanjaan Surabaya Plaza yaitu di Jalan Pemuda. Kapal selam yang terdapat pada monumen ini adalah KRI Pasopati 410 yang merupakan buatan Rusia pada tahun 1952 dan termasuk dalam jenis SS tipe Whisky Class. Pada masa lalu, Kapal Selam KRI Pasopati 410 pernah berjasa dalam pertempuran di Laut Aru melawan Belanda untuk membebaskan Papua Barat. Di dalam kawasan monumen ini, pengunjung dapat melihat langsung setiap bagian dari kapan selam. Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke ruang Video Rama untuk menonton film dokumenter kapal selam KRI Pasopati 410 dan perjuangan bangsa Indonesia.

Pantai Kenjeran

tempat wisata surabaya 9

Terbagi menjadi dua kawasan yaitu Pantai Kenjeran Baru  dan Pantai Kenjeran Lama (Pantai Ria Kenjeran). Pesona alam yang disajikan oleh kedua tempat wisata ini sedikit berbeda. Untuk di Pantai Kenjeran lama menyajikan pesona pantai pasir yang menawan, sedangkan Pantai Ria Kenjeran adalah tempat yang menyenangkan untuk berolahraga dan bertamasya. Kegiatan yang dapat Anda lakukan di Pantai Ria Kenjeran antara lain bermain di tepi pantai, naik perahu ke Pulau Pasir, memancing dan belanja souvenir. Harga tiket masuk di kedua tempat wisata Surabaya ini sebesar IDR 5.000/orang.

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

tempat wisata surabaya 7

Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo merupakan tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi tidak jauh dari Bandara Juanda Surabaya, tempat ini menawarkan keindahan alami dengan hijaunya daun-daun mangrove yang tersusun rapih. Di Hutan Mangrove Wonorejo Anda dapat berjalan menyusuri jembatan kayu di atas air dan menembus tanaman mangrove. Selain itu untu Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru, di sini juga disediakan perahu untuk menikmati tempat wisata Surabaya ini.

Suroboyo Carnival Night Market

tempat wisata surabaya 10

Bagi wisatawan yang menginginkan liburan yang seru di Surabaya pada saat malam hari, Anda bisa berkunjung ke Suroboyo Carnival Night Market. Jam operasional tempat ini dimulai dar pukul 16.00 sampau 24.00 WIB. Untuk harga tiket masuk ke berbagai wahana permainan ini adalah sebesar IDR 20.000/orang untuk beberapa permainan. Namun jika Anda ingin membeli tiket terusan, di sini juga tersedia dengan harga IDR 150.000 untuk orang dewasa dan IDR 75.000 untuk anak-anak. Wahana seluas 8 hektar ini juga memiliki area kuliner yang lengkap dengan kelezatan masakan khas Indonesia, China, dan Arab.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai berbagai tempat wisata Surabaya yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga, teman ataupun pasangan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Bogor, dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: