Skip to content

Berbagai Masjid Terindah di Indonesia yang Akan Membuat Anda Kagum

Sebagai salah satu Negara dengan umat Muslim terbanyak di dunia, Indonesia memiliki banyak bangunan masjid indah yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Sebagian besar di antaranya dibangun dengan arsitektur yang menawan. Banyak juga yang dipengaruhi budaya-budaya di Indonesia sehingga menghasilkan perpaduan yang unik dan membuat banyak orang kagum. Kali ini RedDoorz akan membagikan informasi tentang berbagai Masjid Terindah di Indonesia. Yuk simak artikel lengkapnya!

Masjid Istiqlal, Jakarta

masjid terindah 1

Tak hanya sebagai Masjid terbesar se-Asia Tenggara dengan daya tampung 200.000 jamaah, Masjid Istiqlal juga pantas menjadi salah satu yang terindah di Indonesia. Masjid Istiqlal mulai dibangun pada 24 Agustus 1951 yang diprakarsai oleh Presiden ke-1 RI Ir. Soekarno dengan arsitek Frederich Silaban. Lokasinya sendiri terletak di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut Lapangan Medan Merdeka yang di tengahnya terdapat Monumen Nasional (Monas). Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 m yang ditopang 12 tiang besar. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah umat Muslim, Masjid Istiqlal juga dijadikan sebagai kantor berbagai organisasi Islam, pusat aktivitas sosial dan kegiatan umum lainnya.

Masjid Dian Al Mahri, Depok

masjid terindah 2

Mulai resmi dibuka pada tahun 2006, Masjid Dian Al Mahri selalu ramai dikunjungi oleh para umat muslim yang tiggal di Jabodetabek. Masjid ini akan membuat Anda kagum karena kubahnya yang dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Masjid yang lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas ini terdiri dari 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Di dalam masjid, tergantung lampu kristal seberat 8 ton yang didatangkan langsung dari Italia.  Berdiri di atas lahan seluas 70 hektar dengan luas bangunan 8.000 meter persegi, masjid ini diperkirakan mampu menampung 15.000 jamaah untuk melaksanakan shalat, serta 20.000 untuk makjelis taklim.

Masjid Al-Irsyad, Bandung

masjid terindah 3

Bantuk bangunan Masjid Al-Irsyad ini seperti kubus besar dengan warna abu-abu. Yang membuat masjid ini menarik, batu bata pada dindingnya disusun membentuk celah-celah sehingga di siang hari penerangannya langsung berasal dari sinar matahari. Di dalam masjid, terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan tulisan nama-nama Allah (Asmaul Husna). Masjid yang tidak memiliki kubah ini dirancang oleh walikota Bandung yaitu Ridwan Kamil. Masjid ini dapat menampung hingga 1.500 jemaah.

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

masjid terindah 4

Majid Raya Baiturrahman merupakan masjid milik Negara yang berada di tengah kota Banda Aceh. Menurut sejarah, Masjid ini didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 namun sayangnya sempat dibakar oleh Belanda pada tahun 1873. Kemudian atas perintah Jenderal Van Der Heijden masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879. Arsitektur bangunan yang baru dibuat oleh de Bruchi tersebut mengadaptasi gaya Moghul (India). Yang uniknya lagi, pada saat kota Aceh terkena tsunami di tahun 2006, masjid ini tetap kokoh berdiri dan menjadi salah satu posko keselamatan saat itu.

Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

masjid terindah 5

Masjid yang berlokasi di Semarang ini memiliki perpaduan gaya arsitektur Jawa yang terlihat pada desain tanjung di bawah pilar utama dan gaya arsitektur Yunani yang diwakili oleh 25 pilar berwarna ungu di plaza utama. Masjid Agung jawa Tengah ini juga dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

Masjid Agung Tuban, Tuban

masjid terindah 6

Masjid Agung Tuban ini dulunya bernama Masjid Jami. Masjid yang dibangun pada tahun 1894 ini memiliki konsep bangunan yang unik mirip bangunan 10001 malam. Ornamen-ornamen masjid ini sangat menarik dengan kubah besarnya yang berwarna biru dan kuning. Bagian dalam masjid ini juga banyak menggunakan pola lengkungan untuk menghubungkkan tiang penyangga sehingga menghasilkan pola ruang dengan kolom-kolom.  Di malam hari, warna-warni cantik dari Masjid Agung Tuban ini terlihat semakin unik dan mengagumkan.

Masjid Islamic Centre Samarinda, Samarinda

masjid terindah 7

Pemandangan tepi Sungai Mahakam membuat Masjid ini semakin indah. Belum lagi, tujuh menara yang mengelilinginya, di mana menara utama yang memiliki tinggi 99 meter ini bertuliskan Asmaul Husna yang dilapisi batu granit terinspirasi dari Masjid Nabawi Madinah. Sedangkan kubahnya terinspirasi dari Masjid Haghia Sophia di Istanbul. Bangunan masjid ini j memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi yang dapat menampung sekitar 45.000 jamaah.

Masjid Agung An-Nur, Pekan Baru

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Masjid Agung An-Nur dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1958. Dilihat dari berbagai sisi, masjid ini banyak mendapat pengaruh dari gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Karena keindahannya yang mengagumkan, masjid ini sering disebut sebagai Taj Mahal Riau. Bila Anda amati, memang terdapat beberapa kesamaan dengan Taj Mahal. Dirancang oleh Ir. Roseno, masjid ini dapat menampung sekitar 4.500 jamaah. Komplek masjid ini pun dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendidikan, mulai dari playgroup hingga SMA, serta kantor perpustakaan dan aula.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai 8 masjid terindah yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang ingin berlibur ke berbagai kota-kota di Indonesia seperti; Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bogor dan Bandung. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: