Kesalahan yang Dapat Membuat Anda Boros Saat Traveling

Merencanakan liburan tentu akan membuat Anda sangat senang, terlebih jika memang sudah Anda tunggu-tunggu sejak lama. Berbagai persiapan biasanya dilakukan beberapa bulan sebelumnya untuk berlibur ke suatu tempat. Hal yang paling utama untuk merencanakan liburan biasanya adalah membuat anggaran yang diperlukan. Tapi terkadang meski sudah direncanakan sebaik mungkin, ada saja yang membuat boros pada saat traveling. Kesalahan yang dilakukan kadang tidak kita sadari selama berlibur karena kita asik mengeluarkan uang tanpa berfikir ulang. Nah, kali ini RedDoorz akan memberikan informasi tentang kesalahan yang dapat membuat Anda boros saat traveling. Yuk simak!

Liburan Dadakan

boros saat traveling 1

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak bisa terhindari adalah berlibur secara dadakan. Tak heran jika Anda akan mengeluarkan budget yang berlebih. Rencanakanlah liburan dari jauh-jauh hari. Hindari juga membeli tiket pesawat mendekati hari Anda berlibur. Karena biasanya untuk menghemat pengeluaran, para traveler lain sudah membeli tiket pesawat paling tidak 4-6 bulan sebelumnya. Dan sekedar informasi saja, tiket pesawat harganya akan semakin menanjak jika Anda membeli 2-4 minggu sebelumnya. Tak hanya itu saja, harga hotel pun akan jauh lebih murah jika Anda memesan pada saat ada promo.

Penggunaan Taksi yang Berlebihan

boros saat traveling 2

Alasan takut tersasar sering membuat lebih memilih taksi untuk mengantarkan Anda ke berbagai tempat wisata. Taksi yang tentatif pada situasi dan kondisi jalan akan mempersulit Anda memprediksikan biaya transportasi yang dikeluarkan. Pengeluaran tentu bisa membesar dan membuat Anda semakin boros saat berlibur. Untuk dapat menghemat uang Anda, bacalah banyak refrensi dari travel-blogger yang mengulas tentang berbagai transportasi umum di destinasi wisata yang Anda kunjungi. Jadi ketika sampai di sana, Anda tidak takut tersasar ataupun canggung untuk menggunakan berbagai transportasi umum seperti subway ataupun bus.

Menarik Uang di ATM Luar Negeri

boros saat traveling 3

Jika Anda berlibur ke luar negeri, sebisa mungkin hindari pembelanjaan menggunakan kartu kredit. Hal ini karena penghitungan kurs kartu kredit dikenakan pada hari Anda belanja dan umumnya kurs yang digunakan sangatlah tinggi. Hindari pula menarik uang di ATM luar negeri karena biaya administrasinya bisa terbilang mahal. Kecuali, jika Anda benar-benar kekurangan uang tunai.

Tidak Memberi Budget untuk Makan

boros saat traveling 4

Pengeluaran yang paling tidak Anda sadari biasanya adalah biaya makan dan minum. Jika Anda asal-asalan dalam hal ini, tentu pengeluaran bisa membengkak. Ada baiknya untuk sediakan anggaran yang sesuai supaya bisa membatasi diri. Untuk berhemat kunjungilah kedai makanan lokal yang harganya terjangkau. Dengan begitu Anda juga bisa mencoba berbagai jenis makanan khas yang saying untuk dilewatkan.

Tidak Menukarkan Uang Asing

boros saat traveling 5

Kehabisan mata uang asing saat sedang berlibur ke luar negeri bisa menjadi hal yang merepotkan. Terutama jika nilai tukar rupiah dibandingkan mata uang asing sangat jatuh. Bisa-bisa jika menukarkan uang di luar negeri, Anda bisa rugi sampai setengah harga. Tukar uang di luar negeri merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan traveler. Jadi siapkanlah mata uang tempat Anda berlibur dan berapa banyak yang perlu Anda tukar sebelum berangkat.

Membeli Oleh-oleh Berlebihan

boros saat traveling 6

Memberi oleh-oleh atau buah tangan dari tempat kita berlibur memang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda ini akan membuat anggaran keuangan Anda membengkak? Pasalnya, oleh-oleh bukanlah hal yang murah terutama jika Anda berlibur dengan budget terbatas. Saran dari RedDoorz, beli lah oleh-oleh seperlunya untuk orang terdekat dengan harga yang terjangkau. Atau jika Anda tetap ingin membeli oleh-oleh untuk banyak orang, cari refrensi tempat yang murah dan menjual secara grosir sehingga bisa mengurangi pengeluaraan Anda.

Melupakan Biaya Tak Terduga

Collecting money for travel. Glass tin as moneybox with cash

Dalam setiap perjalanan, pasti ada pengeluaran di luar rencana walaupun Anda sudah menyusunnya dengan baik. Nah, banyak sekali para traveler yang lupa membuat anggaran biaya tak terduga karena berfikir semua sudah tersusun dengan baik. Padahal biaya takĀ  terduga wajib untuk Anda masukan ke dalam budget. Setidaknya sisihkanlah 10% dari total biaya keseluruhan traveling Anda.

Itulah tadi informasi singkat mengenai kesalahan yang dapat membuat Anda boros saat traveling. Untuk Anda yang akan berlibur di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s