Feature Tips & Trick

9 Cara untuk Menghilangkan Jet Lag setelah Berlibur

Bagi para traveler, jet lag bukanlah hal yang lumrah lagi, terutama jika Anda sering melakukan perjalanan udara. Rasa bingung bercampur lelah muncul akibat tubuh yang kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu baru. Reaksinya tidak selalu dapat reda dalam beberapa jam, untuk beberapa orang, jet lag baru akan hilang setelah beberapa hari di darat. Pola tidur hingga nafsu makan pun terganggu akibat kondisi jet lag yang tidak kunjung hilang. Sebenarnya, ada banyak cara untuk meredakan jet lag dengan cepat. Nah, kali ini RedDoorz akan membagikan informasi tentang cara untuk menghilangkan jet lag setelah berlibur. Yuk simak artikel lengkapnya!

Beristirahat Sebelum Berlibur

mengatasi jet lag 10

Sebelum melakukan perjalanan cobalah tidur yang cukup. Begadang sebelum berplibur akan membuat tubuh lebih lelah selama perjalanan dan memicu jet lag. Jika stamina tubuh cukup baik, maka akan mudah beradaptasi di tempat yang baru.

Olahraga yang Rutin

mengatasi jet lag 2

Jika kita memiliki kehidupan fisik yang aktif atau rutin berolahraga, maka kita tidak akan merasakan jetlag yang terlalu parah. Walaupun kita bukan seseorang yang rutin berolahraga, menjelang perjalanan ke luar negeri yang akan Anda tempuh, cobalah untuk berolahraga ringan sebentar untuk mengurangi dampak jet lag nantinya,

Mencari Sinar Matahari

mengatasi jet lag 3

Hal ini penting buat Anda yang melakukan perjalanan di malam hari. Ketika tiba, beristirahatlah hingga matahari terbit. Tubuh memang masih lelah, namun sinar matahari yang mengantarkan panas sangat baik untuk melemaskan otot-otot yang kaku, serta dapat memperlancar aliran darah yang terkurung karena jet lag.

Kacang dan Susu

mengatasi jet lag 4

Lelah dan tidak bisa tidur merupakan gejala jetlag yang sebenarnya bisa Anda hilangkan dengan cara makan. Berikan tubuh Anda asupan makanan atau minuman dengan protein tinggi yang dapat menghantarkan Anda untuk tidur nyenyak. Camilan terbaik untuk menghilangkan jet lag adalah kacang dan susu panas yang tak hanya berprotein tinggi namun juga mengenyangkan.

Beraktivitas

mengatasi jet lag 5

Terjadinya perbedaan waktu dalam penerbangat sangat bergantung kepada arah terbangnya pesawat, ke timur atau ke barat. Jika Anda ke timur, bisa bangun siang tapi tidak bisa tidur lebih awal. Sebaliknya, jika Anda ke barat, bisa bangun lebih awal tapi cepat ingin tidur lagi. Cara mudah untuk menghilangkat jet lag setelah berlibur salah satunya adalah dengan mengajak tubuh Anda beraktivitas dulu sambil menyesuaikan diri dengan timezone baru.

Makan Sesuai Timezone

mengatasi jet lag 6

Kalau penerbangan Anda berjarak pendek, tips yang satu ini tidak perlu dilakukan. Tapi jika Anda terbang hingga 6-8 jam, akan sangat baik jika menyesuaikan waktu makan besar Anda pada timezone yang dituju. Di sela-sela itu, Anda bisa isi perut dengan camilan ringan yang tidak menguras otot lambung untuk bekerja keras.

Tidur 3 jam

mengatasi jet lag 8

Penerbangan malam hari memang melelahkan. Tapi, Anda bisa menghilangkan jet lag dengan cara tidur selama tiga jam. Misalnya jika Anda sampai rumah pukul 3 dini hari, paksakan diri Anda untuk tidur tuga jam hingga pukul 6 pagi. Tujuannya agar siklus tidur harian Anda tidak terganggu. Jadi, ketika Anda tidur di malam hari, dapat bangun seperti biasa.

Hindari Kafein

Processed with VSCO with a9 preset

Kafein memberikan eneergi tambahan bagi tubuh untuk bertahan dari rasa kantuk. Sedangkan, ketika jet lag, yang Anda butuhkan hanyalah tidur. Jadi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi hitam atau espresso sepanjang perjalanan atau saat tiba. Lebih baik meminum banyak air putih agar tubuh Anda tenang atau sesekali konsumsi secangkir teh panas untuk melegakan otot-otot di tubuh.

Memilih Jadwal Penerbangan yang Terbaik

mengatasi jet lag 11

Bebearapa orang dapat tidur dengan nyenyak selama di pesawat, namun sebagian juga tidak dapat melakukannya. Untuk menghilangkan jet lag, solusinya adalah dengan mengambil penerbangan di malam hari, jadi tubuh dapat langsung beradaptasi dengan jam tidur yang biasanya.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara menghilangkan jet lag saat berlibur. Untuk Anda yang akan berlibur di Indonesia seperti; Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s