7 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

Terkenal dengan beragam industri lokal seperti tikar anyaman, payung, dan batik lukis membuat Tasikmalaya sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, kota ini juga turut menawarkan berbagai atraksi budaya, disertai dengan keindahan alamnya yang eksotis. Lokasinya pun tak jauh, karena hanya berjarak 106 km di sebelah timur kota Bandung, atau hanya sekitar 3 jam waktu tempuh dengan berkendara. Semakin penasaran dengan objek wisata alam ataupun budaya di Tasikmalaya? Yuk bahas lebih jauh bareng RedDoorz!

Air Terjun Curug Dengdeng

tempat wisata tasikmalaya 5

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus mendaki jalan setapak melalui hutan jati yang lebat dan cukup luas. Namun, walaupun medan yang di lewati cukup menantang, semuanya akan terbayar saat Anda sampai di lokasi air terjun Curug Dengdeng. Di tempat ini, suasana alamnya akan membuat Anda sangat betah untuk berlama-lama, karena selain pepohonan hijau yang ada disekitar, tempat ini juga memiliki air kolam yang sangat jernih.

 Air Terjun Curug Cimanintin

tempat wisata tasikmalaya 6

Wisata air terjun Curug Cimanintin berlokasi di desa Tanjungsari, kecamatan Salopa Tasikmalaya. Akses menuju ke lokasi dapat Anda tempuh dengan melewati jalanan berbatu menggunakan kendaraan bermotor yang kemudian dilanjutkan dengan sedikit berjalan kaki melewati jalur kecil. Sepanjang perjalanan Anda akan menikmati pemandangan persawahan dan juga perbukitan yang sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Anda akan sangat terkesima dengan indahnya pemandangan yang ada. Setelah melewati persawahan, maka sampailah Anda di lokasi tujuan Curug Cimanintin. Disini, Anda dapat menikmati segarnya air yang berasal dari mata air asli pegunungan. Anda dapat menghabiskan waktu untuk berendam sambil menikmati suasana alam sekitar.

Pantai Pamayangsari

tempat wisata tasikmalaya 7

Selain air terjun, Tasikmalaya juga terdiri dari beberapa wisata pantai, salah satunya adalah pantai Pamayangsari yang berlokasi di perkampungan nelayan desa Cikawungading. Di sini terdapat dermaga kecil sebagai tempat berlabuh perahu-perahu nelayan yang dapat Anda jadikan sebagai objek foto yang menarik selain dari suasana pantai yang ada. Selain itu, di lokasi pantai ini juga terdapat tempat pelelangan ikan yang memungkinkan Anda untuk menyantap hidangan laut segar dengan harga yang relatif terjangkau. Ditambah lagi, pantai ini juga terletak berdekatan dengan lokasi balai konservasi penyu hijau. Sehingga setelah mengunjungi pantai Pamayangsari Anda juga dapat melanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke penangkaran penyu hijau.

Gunung Galunggung

tempat wisata tasikmalaya 2

Kawah dan juga pemandian air panas yang berada di Gunung Galunggung merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Tasikmalaya. Gunung ini dapat dikatakan sebagai salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Jawa. Namun, mulai dijadikan sebagai salah satu tempat wisata semenjak tahun 1982. Saat berkunjung ke sini, Anda dapat menikmati suasana berendam di kolam air panas bersama dengan suasana alam pegunungan yang terbentang luas. Selain pemandian air panas, pemandangan alam dari kawah Gunung Galunggung pun menjadi salah satu objek foto yang wajib untuk dikunjungi.

Kampung Naga

tempat wisata tasikmalaya

Penasaran dengan sisi tradisional masyarakat Tasikmalaya? berkunjunglah ke Kampung Naga. Tempat ini merupakan sebuah desa yang masih tradisional dan masih memegang adat istiadat kebudayaan dari leluhur masyarakatnya. Jika berkunjung ke sini, suasana itu akan dapat Anda rasakan melalui bangunan sekitar yang ada, hingga gaya hidup yang dianut oleh masyarakat. Anda akan menemukan setiap rumah yang ada memiliki alas ijuk sebagai atap, tanpa adanya pintu belakang. Hal ini karena tradisi masyarakat yang mempercayai bahwa jika rumah memiliki pintu keluar, maka setiap rezeki yang masuk pintu keluar akan kembali keluar melalui pintu belakang. Di sini juga tidak menggunakan listrik, sehingga tidak ada satu pun barang elektronik di sana. Anda juga akan melihat kehidupan bercocok tanam yang dilakukan sebagai mata pencaharian warga Kampung Naga.

Situ Gede

tempat wisata tasikmalaya 8

Situ Gede merupakan sebuah danau besar yang terdapat di kota Tasikmalaya. Tempat ini dapat dikatakan sebagai salah satu ikon wisata yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Tidak hanya berupa danau besar, namun tempat ini juga menawarkan banyak fasilitas hiburan seperti jogging track, wahana rekreasi, area memancing, tempat untuk berperahu bahkan hingga tempat untuk meeting bisa Anda nikmati di Situ Gede ini.

Water Splash Indihiang

tempat wisata tasikmalaya 1

Selain pemandangan alam yang ada, di kota ini juga terdapat arena bermain buatan yang tak kalah menarik, salah satunya adalah Water Splash Indhiang. Waterpark ini sudah berdiri sejak tahun 2009 dan dilengkapi dengan wahana seperti kolam arus, kolam khusus balita, whirl pool, gazebo, wahana flying fox, permainan trampolin, dan permainan air lainnya yang pastinya sangat menarik untuk dicoba. Ada juga wahana yang memacu adrenalin seperti ATV dan juga paint ball yang bisa Anda nikmati bersama keluarga tercinta.

Nah, itulah tadi 7 tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga, pasangan, maupun teman-teman terdekat. Untuk Anda yang sedang mencari penginapan di Indonesia, seperti; Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s