Berbagai Kuliner khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia memang terkenal akan tempat wisatanya yang sering menjadi perhatian oleh wisatawan mancanegara. Tetapi, tidak hanya itu saja berbagai kuliner khas Indonesia juga sangat mendunia. Terdapat banyak sekali pilihan kuliner yang bisa Anda santap dari Sabang sampai Merauke. Hal ini pun menyebabkan makanan Indonesia selalu tampil dalam ajang festival kuliner dunia karena hampir semua kuliner khas Indonesia menggunakan rempah-rempah yang sulit ditemukan di Negara lain. Inilah sebabnya makanan Indonesia begitu banyak diminati dan memiliki ciri tersendiri. Nah, kali ini RedDoorz akan membagikan informasi tentang berbagai kuliner khas Indonesia yang mendunia. Apa saja? Yuk simak artikel lengkapnya!

Nasi Goreng

kuliner khas indonesia 1

Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan makanan yang satu ini. Lebih dari itu, nasi goreng telah menjadi ikon dari kuliner khas Indonesia di mata dunia. Nama makanan nasi goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah mantan presiden US, Barrack Obama menyebutkan kuliner ini beberapa kali dan mengakui kenikmatannya. Pada ajang World Expo Shanghai China 2010 masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai Negara.

Gado-gado

kuliner khas Indonesia 2

Jika diluar negeri kita bisa menemukan salad yang terbuat dari sayuran dan minyak zaitu, beda halnya dengan gado-gado khas Indonesia yang terbuat dari rempah dan bumbu asli Indonesia. Gado-gado merupakan makanan khas Jawa yang berupa sayuran rebus yang dicampur menjadi satu. Makanan ini memiliki bumbu khas kacang tanah yang dihaluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng diatasnya. Perlombaan memasak internasional di Napoli, Italia, pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado adalah makanan yang tak hanya nikmat tampi memiliki tampilan yang estetik.

Soto Ayam

kuliner khas indonesia 3

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, soto juga memiliki tampilan yang menarik. Kuliner khas Indonesia ini paling nikmat jika dimakan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di Jepang. Dalam festival ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.

Sop Buntut

kuliner khas indonesia 4

Makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya sop buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya.

Rendang

kuliner khas indonesia 5

Rendang merupakan makanan daging bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah-rempah.  Kuliner khas Indonesia ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam-jam untuk menghasilkan warna coklat dan daging yang empuk.

Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat versi CNN Internasional pada tahun 2011 lalu. Rendang bahkan menjadi menu makanan favorit di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia.

Indomie Goreng

kuliner khas indonesia 6

Banyaknya jenis mie di dunia dari berbagai Negara. Tapi siapa sangka, merek mie di Indonesia yang bernama Indomie ini sudah terkenal di berbagai macam Negara di dunia. Selain menjadi makanan yang paling favorit di Indonesia, dan sering diolah dengan berbagai macam rasa. Indomie juga sudah diekspor ke 80 negara yang berada di dunia sejak 20 tahun yang lalu. Di Negara bagian Timur Tengah dan Afrika ini sudah menjual Indomie di hampir setiap supermarket yang ada. Hal unik lainnya, kuliner khas Indonesia ini menjadi salah satu kado Natal paling popular di Amerika Serikat.

Tempe

kuliner khas indonesia 7

Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering merajalela di berbagai festival kuliner dunia. Kuliner khas Indonesia ini paling sering menjadi bahan masakan yang diolah kembali dengan berbagai macam rasa dan masakan. Tidak hanya di Indonesia, ternyata di London juga ada street food yang bernama Warung Tempeh dan sangat digemari oleh masyarakat sekitar.

Gudeg

kuliner khas indonesia 8

Gudeg merupakan olahan nangka muda yang dimasak dengan santan, gula palem dan santan ini berasal dari Jogjakarta. Rasanya yang manis pedas ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Kuliner yang selalu menjadi favorit ini ternyata juga berada di Melbourne, Australia di kawasan Clayton Road. Restoran ini menjadi salah satu restoran gudeg asli yang berada di Australia.

Sate

kuliner khas indonesia 9

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari sate. Biasanya makanan ini disajikan dalam dua varian, sate padang dan sate Madura. Banyak dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia untuk selalu mencari sate karena kelezatannya yang tidak tertandingi. Anda bisa menemukan banyak sekali warung sate di Indonesia, bahkan di New York, Amerika Serikat juga memiliki restoran Indonesia yang bernama Satay Junction dan menjual sate ayam sebagai menu andalannya.

Itulah tadi berbagai kuliner khas Indonesia yang terkenal di mata dunia. Untuk Anda yang sedang mecari penginapan di Indonesia, seperti: Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s