Pulau Karimunjawa, Pilihan Destinasi Seru untuk Liburan Musim Panas

Pulau Karimunjawa, atau biasa dikenal sebagai Karimunjawa merupakan sebuah surga tersembunyi yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. Tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keindahan pantainya yang sangat menggoda. Bahkan, saat ini Pulau Karimunjawa juga turut dinobatkan sebagai 5 tempat tercantik yang ada di Indonesia karena keindahan dari biota laut, disertai dengan keindahan pantainya. Bagi Anda yang menyukai suasana pantai, namun bosan dengan suasana yang ada di Bali maupun pantai-pantai lainnya, Anda dapat mencoba untuk berkunjung ke tempat ini. Di sini, Anda dapat menikmati indahnya suasana pantai dengan udara laut yang segar di Karimunjawa. Di samping itu, jumlah wisatawan yang datang pun masih belum terlalu banyak, sehingga Anda dapat merasakan suasana pantai secara lebih private.

Lokasi dari Pulau Karimun Jawa

Pulau karimunjawa 1

Pulau Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya adalah sejauh 80 km dari kota Jepara itu sendiri. Untuk mencapai ke tempat ini, biasanya perjalanan ditempuh dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Kartini, yang memakan waktu sekitar 1 jam lebih.

Bagaimana Akses untuk Mencapai Karimunjawa

Pulau karimunjawa 2

Akses untuk mencapai pulau ini terbilang cukup mudah. Dari Semarang, Anda dapat menaiki bus ke kota Jepara, yang memakan waktu sekitar 2 jam. Kemudian dari Jepara Anda akan menaiki kapal feri dari pelabuhan. Kapal Feri jenis cepat akan memakan waktu selama 1 jam 45 menit dengan biaya Rp 70.000,00. Kapal biasanya akan berangkat dari Jepara setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Selain itu, jika Anda menginginkan akses yang lebih mudah, Anda juga dapat memesan tiket penerbangan dari Semarang ke Bandara Dewandaru yang berada di Pulau Kemujan.

 Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Pulau karimunjawa 3

Seperti wilayah lainnya di Indonesia, tentunya Karimunjawa juga memiliki iklim yang tropis. Karena itu, waktu terbaik untuk pergi ke tempat wisata ini adalah saat musim kemarau yang biasanya terjadi di bulan April sampai Oktober. Saat bulan-bulan tersebut, cuaca akan cenderung cerah namun lembab.

Hal Menarik yang Dapat Anda Lakukan Selama Berwisata di Karimunjawa

  1. Snorkeling

Pulau karimunjawa 4

Saat berada di sini, tentunya snorkeling menjadi sebuah aktifitas wajib yang harus Anda lakukan. Anda dapat memulainya dengan menyewa sebuah perahu untuk pergi mengelilingi pulau-pulau yang ada di sini. Ada banyak pulau kecil yang terdapat di Karimunjawa, beberapa diantaranya adalah Pulau Tengah, Tanjung Gelam dan Menjangan Besar. Saat Anda sampai di pulau tersebut, Anda kemudian dapat melakukan snorkeling dan menikmati keindahan biota laut yang ada.

  1. Diving

Pulau karimunjawa 5

Terdiri dari 35 jenis terumbu karang, spons, dan berbagai biota laut lainnya dengan kedalaman mencapai 15 sampai 40 meter membuat Karimunjawa sebagai salah satu tempat menyelam yang patut diperhitungkan. Tempat menyelam favorit para turis biasanya adalah Taka Panyawangan dan Gosong Cemara. Melakukan diving di sini akan membuat Anda sangat kagum dengan kehindahan bawah laut Karimunjawa. 

  1. Berenang Dengan Hiu

Pulau karimunjawa 6

Saat berkunjung ke sini, Anda akan melihat banyak hiu berkeliaran di daerah sekitar. Bagi Anda yang menyukai hal-hal menantang maka ini adalah jenis kegiatan yang cocok. Pergilah ke pulau Menjangan, temukan hiu-hiu yang ada, kemudian cobalah untuk berenang bersama dengan para hiu. Untuk masalah keamanan, tentunya Anda tidak perlu khawatir karena akan ada panduan-panduan yang diberikan dari pihak pengelola tempat wisata ini.

  1. Memancing di Laut Dalam

Pulau karimunjawa 7

Hal lain yang menarik untuk dilakukan di Karimunjawa adalah memancing. Anda dapat menyewa kapal dan pergi ke berbagai tempat memancing yang terdapat di sekitar pulau. Hasil pancingan kemudian dapat Anda nikmati untuk makan siang maupun makan malam bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

  1. Hiking

Pulau karimunjawa 8

Selain terdiri dari daerah lautan luas, tempat wisata ini juga terdiri dari beberapa pulau yang dapat Anda jelajahi dengan jalur darat. Anda dapat menjelajah daerah Karimunjawa dengan sepeda motor, sepeda atau bahkan hanya dengan berjalan kaki. Tentunya, Anda akan mendapatkan pemandangan indah sekitar pulau Karimunjawa yang tidak dapat terbayarkan dengan apapun.

  1. Camping

Pulau karimunjawa 9

Jika Anda sungguh-sungguh ingin menikmati suasana alam yang ada di Pulau Karimunjawa, maka melakukan camping akan menjadi pilihan seru dan menarik. Anda akan merasa semakin dekat dengan alam. Salah satu hal yang tidak dapat dilupakan adalah menciptakan suasana romantis dengan menikmati taburan bintang di alam terbuka saaat camping.

Tips Sebelum Berkunjung Ke Karimunjawa

PUlau karimunjawa 10

Sehubungan dengan Karimunjawa sebagai tempat wisata pantai, maka membawa sunblock adalah sebuah pilihan yang bijak. Tanpa sunblock, kulit Anda akan mudah terbakar dengan sinar matahari yang ada. Selain itu, untuk sekedar berfoto Anda juga dapat membawa kacamata hitam beserta dengan topi pantai.

Nah, sekarang sudah lebih mengenal tentang tempat wisata Karimunjawa beserta tips sebelum berkunjung bukan? Tentunya Karimunjawa akan menjadi pilihan terbaik sebagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi, khususnya sebagai pilihan destinasi wisata pantai. Untuk Anda yang sedang mencari penginapan di Indonesia, seperti; Jakarta, Bandung, Bogor, Bali, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s