Skip to content

Tempat Wisata Semarang yang Sayang untuk Dilewatkan

Semarang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota provinsi merupakan salah satu nilai pus yang dimilikinya. Namun, terlepas dari hal tersebut, semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kulinernya. Berbagai ragam tempat wisata tersaji di sana lengkap dengan berbagai fasilitas. Tak heran jika semarang selalu ramai dikunjungi ketika liburan tiba. Nah, kali ini RedDoorz akan memberikan informasi tentang  7 tempat wisata Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Yuk simak selengkapnya!

Lawang Sewu

tempat wisata semarang 1

Lawang Sewu merupakan nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama tempat tersebut memiliki arti seribu pintu yang berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela. Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas zaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Untuk tiket masuk ke sana, sangat murah hanya Rp 10.000 saja.

Pantai Marina

tempat wisata semarang 2

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata Semarang ini pada musim hujan maka di sisi utara agak ke timur pantai, Anda akan melihat air laut berwarna kecoklatan. Hal tersebut terjadi karena pada sisi tmur pantai ini merupakan tempat bermuaranya sungai banjir kanal barat. Pantai Marina tergolong sebagai pantai kecil dan letaknya ada di sekitar kawasan perumahan. Namun pemandangannya tak akan mengecewakan para wisatawan.

Untuk Anda yang suka mengejar pemandangan matahari tenggelam, maka pantai ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata Semarang yang seru untuk dikunjungi. Selain itu, pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas seperti kolam renang, speed boat, ski air dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan.

Vihara Buddhagaya Watugong

tempat wisata semarang 3

Vihara Buddhagaya Watugong merupakan salah satu tempat ibadah yang dijadikan destinasi tempat wisata Semarang. Vihara ini diresmikan tahun 2006 lalu dan sudah banyak menarik minat para wisatawan. Selain bangunannya yang unik, Vihara ini juga telah dinyatakan sebaga pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI. Tempat ini terdiri dari kompleks luas yang terdiri dari banyak bangunan. Yang paling terkenal di sini adalah pagoda Avalokitervara atau biasanya disebut juga dengan Pagoda Metakaruna. Nama ini memiliki arti cinta dan kasih sayang. Menurut sejarahnya, pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang oleh orang Budha dipercaya sebagai dewi kasih sayang.

Curug Benowo

tempat wisata semarang 4

Curug Benowo adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Gunung Ungaran, Semarang dan merupakan air terjun yang banyak dikunjungi oleh para pecinta alam. Namun, tempat wisata Curug Benowo ini kurang cocok untuk wisata keluarga, karena perjalanan yang harus ditempuh cukup sulit dan melelahkan, kira-kira sekitar 2 jam berjalan kaki di medan yang sempit dan berbatu. Tapi jika Anda berkeinginan mengunjungi tempat ini, jangan khawatir karena pemandangan yang akan Anda lihat sangat indah dan alami.

Umbul Sidomukti

tempat wisata semarang 5

Inilah salah satu tempat unik di Semarang. Sebuah kolam renang yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl di lereng Gunung Ungaran. Ada 4 kolam yang masing-masing dibangun pada tingkatan yang berbeda. Airnya berasal dari sumber alami Gunung Ungaran. Berenang di tempat ini seperti berenang di atas awan. Umbul Sidomukti sebenarnya merupakan kawasan wisata terpadu. Selain kolam renang, ada beberapa tempat lain yang dapat Anda kunjungi di sana, termasuk Pondok Kopi. Di tempat tersebut terdapat arena outbond dan penginapan untuk Anda bermalam.

Pantai Maron

tempat wisata semarang 7

Berlokasi hanya beberapa ratus meter dari Bandar Udara Ahmad Yani, Pantai Maron adalah salah satu tempat wisata Semarang yang selalu ramai dikunjungi. Tempat tersebut menawarkan keindahan pantai yang eksotis dan menawan. Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Maron, perlu diingat bahwa jalan menuju tempat ini masih terbuat dari tanah yang dipadatkan, sehingga apabila hujan jalanan tersebut akan menjadi licin.

Masjid Agung Jawa Tengah

tempat wisata semarang 8

Diresmikan pada tahun 2006, Masjid Agung Jawa Tengah memiliki luas lebih dari 7.500 meter persegi ini mampu menampung sekitar 16.000 jamaah. Selain bangunan utama, di Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai fasilitas lain seperti auditorium, perpustakaan, museum budaya islam, toko cenderamata, kafe, kereta kelinci, dan lain-lain. Masjid ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia yang banyak dikunjungi bukan hanya untuk beribadah, melainkan untuk kegiatan wisata juga.

Nah, itulah tadi 8 tempat wisata Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama teman, kerabat maupun keluarga. Untuk Anda yang ingin berwisata ke Semarang, kini RedDoorz juga hadir di Semarang sebagai penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: