Skip to content

Suka Menyelam atau Snorkeling? Kunjungi Wisata Bawah Laut Terbaik di Asia Tenggara ini!

Liburan musim panas selalu membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai-pantai yang ada di berbagai penjuru dunia. Menikmati pemandangan yang indah maupun kegiatan-kegiatan seru seperti snorkeling atau diving menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan. Tak sedikit orang yang sengaja pergi berlibur ke beberapa Negara bahkan benua hanya untuk melihat wisata bawah laut yang menakjubkan, berenang bersama ikan pari, kura-kura, bahkan hiu, atau sekedar melihat karang yang berwarna-warni. Nah, kali ini RedDoorz akan mengajak Anda untuk melihat berbagai wisata bawah laut terbaik di Asia Tenggara yang sayang untuk Anda lewatkan. Yuk simak artikel lengkapnya!

Pulau Weh, Sabang, Indonesia

wisata bawah laut 1

Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera, dengan pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang sendiri merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, atau sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo. Di sini terdapar sekitar 36 diving spot dan beberapa yang cukup terkenal adalah St. Christoper Wreck, Sabang Reef, dan Shark Cave.

Raja Ampat, Indonesia

wisata bawah laut 2

Berdasarkan laporan dari The Nature Conservancy and Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia yang tinggal di perairan Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Karena itu wajar apabila jutaan orang dari seluruh penjuru dunia ingin sekali mengunjungi tempat yang menakjubkan ini. Meski harus menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan, namun semuanya akan terbayar jika Anda melihat keindahan wisata bawah laut di Raja Ampat.

Kepulauan Mergui, Myanmar

wisata bawah laut 3

Terdiri dari 800 pulau kecil, Kepulauan Mergui yang terletak di bagian selatan Myanmar ini sangat terkenal dikalangan penyelam dunia. Penampkan ikan yang dapat Anda lihat di wisata bawah laut ini adalah barakuda, bat fish, unicorn fish dan trevallies. Beberapa hewan laut seperti pari manta dan hiu paus yang mengagumkan, serta hiu sirip putih juga sering terlihat di sini. Beberapa diving spot yang cukup terkenal adalah Shark Cave dan Black Rock.

Pulau Malapascua, Filipina

Beautiful Coral reef on background of cloudy sky and volcano.

Terletak sekitar 4-4,5 jam perjalanan darat dan laut dari Cebu, Filipina, awalnya Pulau Malapascua hanya terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan lembut, barulah kemudian pada tahun 1990 tempat ini terkenal akan keindahan wisata bawah laut terbaik di Filipina, terutama bagi yang ingin melihat hiu threster. Beberapa diving spot yang dapat Anda kunjungi adalah Gato Island, Monad Shoal dan Kemod Shoal.

Taman Nasional Komodo, Indonesia

wisata bawah laut 5

Tempat yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara timur ini tak hanya terkenal dengan binatang purba nya yaitu komodo saja, tapi juga keindahan pantai dan alam bawah lautnya yang akan membuat banyak wisatawan ingin segera berkunjung ke tempat ini. Untuk mengunjungi Pulau Komodo, cara yang paling umum adalah dengan menginap beberapa malam di atas kapal. Bukan hanya Anda dapat dengan mudah melakukan diving, namun liburan Anda pasti akan lebih bersatu dengan keindahan wisata bawah laut.

Bunaken, Indonesia

wisata bawah laut 6

Tempat ini sudah lama terkenal akan kekayaan wisata bawah laut dikalangan para penyelam dunia, karena keindahan alamnya yang selalu terjaga. Anda bisa memanjakan mata dengan melihat 13 jenis terumbu karang dan 91 jenis ikan, bahkan Anda juga bisa menemukan kima raksasa, ikan kepala kambing, nautilus dan tunikates.

Phuket, Thailand

wisata bawah laut 7

Puncak kemahsyuran Phuket, terutama Koh Phi-Phi dan Maya Bay, dimulai setelah tayangnya film “The Beach” yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Banyak tempat di sekitar Phuket juga sangat terkenal dengan pemandangan alam bawah lautnya yang menakjubkan, beberapa diantaranya adalah King Cruiser wreck, Racha Noi South Point, Shark Point,dan Anemo Reef. Selain itu, beberapa area di sekitar Koh Phi-Phi, Koh Samui, dan Krabi juga tak kalah menarik untuk dijadikan spot diving.

Ambon, Indonesia

wisata bawah laut 8

Ambon merupakan kota terbesar di wilayah Kepulauan Maluku yang saat ini menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan. Menurut hasil penilitian, terdapat lebih dari 3000 spesies ikan dan ratusan jenis terumbu karang yang ada di wilayah perairan Ambon. Beberapa diving spot yang terkenal dikalangan wisatawan adalah Pintu Kota, Hukurila Cave, Pulau Saparua, hingga ke perairan Laut Banda dan Kepulauan Banda.

Hoi An, Vietnam

wisata bawah laut 9

Terletak di bagian tengah Negara Vietnam, beberapa diving spot di Hoi An terdapat di pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tempat yang cukup terkenal adalah Kepulauan Cua Loa Cham yang terletak tidak begitu jauh dari kota Hoi An. Kepulauan yang terdiri dari 7 buah pulau besar dan kecil ini sangat sering dikunjungi oleh penyelam maupun wisatawan biasa ang ingin sekedar menikmati wisata bawah laut dengan snorkeling.

Sabah, Malaysia

wisata bawah laut 10

Setidaknya terdapat lebih dari 10 pulau di bagian timur Malaysia yang sangat terkenal karena keindahan wisata bawah lautnya dikalangan para wisatawan mancanegara. Pulau tersebut adalah Pulau Sipadan, Pulau Mabul, Pulau Kapalai, Pilau Lankayan, Pulau Layang-layang, Pulau Mataking, Pulau Pom, Pulau Sibuan, dan lain-lain yang semuanya terletak di Provnsi Sabah, Malaysia. Terdapat banyak sekali jenis biota laut yang dapat Anda lihat dengan diving maupun snorkeling.

Nah, itulah tadi berbagai tempat wisata bawah laut terbaik di Asia Tenggara yang dapat Anda kunjungi saat liburan musim panas. Untuk Anda yang ingin mencari penginapan saat berlibur di Indonesia, seperti; Jakarta, Semarang, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: