9 Makanan khas Indonesia yang Paling Enak dan Populer!

Indonesia terkenal dengan tempat-tempat wisata dengan pemandangan yang indah. Hal ini terbukti dengan banyaknya tempat wisata di Indonesia yang menjadi sorotan publik baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, tidak hanya itu saja yang dapat diunggulkan, ada hal lain seperti wisata kuliner Indonesia yang sudah terkenal ke berbagai negara. Terdapat banyak sekali pilihan kuliner yang bisa Anda santap dari Sabang sampai Merauke. Masakan khas Indonesia selalu memiliki rempah-rempah unik yang sulit ditemukan di Negara lain. Tentu ini yang menjadi alasan mengapa makanan Indonesia banyak diminati dan memiliki ciri tersendiri. Kali ini RedDoorz akan membagikan informasi tentang makanan Indonesia yang paling enak dan banyak diminati. Yuk simak artikel lengkapnya!

Bakso

makanan khas indonesia 1

Menu makanan ini terbilang unik dan cukup banyak digemari oleh masyarakat dari setiap kalangan. Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang terinspirasi dari masakan khas China. Biasanya, bakso terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dibentuk meyerupai bola, dan dihidangkan bersama mie, pangsit, serta sayur-sayuran dan bawang goreng. Di Indonesia sendiri, ada banyak varian bakso mulai dari bakso ayam, bakso sapi, bakso ikan dan bakso kepiting.

Pempek

Makanan khas Indonesia 2

Siapa yang tidak kenal dengan enaknya makanan khas Palembang ini. Pempek konon pertama kali dibuat oleh imigran asal China yang bekerja di Palembang sebagai pedagangan ikan dan tepung tapioca. Makanan khas Indonesia ini menjadi salah satu hidangan yang menjadi favorit wisatawan asing. Biasanya pempek disajikan dengan saus asam pedas yang diberi nama “cuko”.

Opor Ayam

Makanan khas Indonesia 3

Opor ayam identik dengan perayaan Lebaran, Hari Raya keagamaan terbesar di Indonesia. Makanan ini biasanya disantap bersama ketupat serta sambal goreng ati. Opor memiliki rasa unik karena dimasak dengan santan dan kunyit. Daging ayam yang dimasak bersama bumbu opor pun memiliki rasa yang gurih dan empuk.

Mie Aceh

Makanan khas Indonesia 5

Berasal dari daerah Sumatra, mie Aceh memiliki bentuk mie yang besar dan agak tebal. Makanan khas Indonesia ini bisa disajikan berkuah dan bisa juga kering. Namun, terlepas dari berkuah atau kering, makanan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya mie Aceh dicampur dengan daging sapi atau kambing. Tapi, tidak sedikit yang menggunakan udang, cumi, hingga kepiting untuk melengkapi rasa rempah dan kari yang gurih pedas khas Aceh.

Rawon

Makanan khas Indonesia 6

Dari tampilannya, sajian berwarna hitam pekat dengan potongan daging dan kentang ini mungkin kurang menarik. Tapi jika Anda sudah mencobanya tentu pasti akan ketagihan! Makanan khas Indonesia ini biasanya disajikan bersama tauge, sambal, telur asing dan nasi hangat. Warna hitam dari rawon ini berasal dari kluwek yang merupakan salah satu bumbu khas Indonesia.

Nasi Uduk

Makanan khas Indonesia 7

Bagi sebagian orang Indonesia, nasi uduk adalah hidangan ideal untuk disantap saat sarapan. Nasi uduk tidak berwarna putih bersih layaknya nasi biasa karena dimasak dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, serai dan garam. Namun, hal ini tidak mengurangi kelezatannya, malah menambahan rasa gurih dan wangi yang khas. Dalam penyajian, nasi uduk biasa dipadukan dengan ayam goreng, telur dadar iris, bihun goreng, sambal, taburan bawang goreng dan kerupuk.

Ayam Betutu

Makanan khas Indonesia 4

Selain terkenal akan keindahan pantai dan alamnya, Bali juga terkenal karena kulinernya yang bercita rasa pedas. Salah satunya adalah panganan betutu yang menggunakan ayam atau bebek sebagai bahan baku utamanya. Dahulu, proses masak dari ayam betutu cukup merepotkan. Ayam yang telah diisi rempah dibungkus daun pisang dan dibungkus lagi dengan pelepah pisang. Betutu ini lalu ditanaa dalam lubang tanah dan ditutup bara api sampai matang. Namun kini proses memasaknya telah lebih modern dan sederhana. Meski begitu, rasanya tetap tidak kalah lezat kok!

Martabak

Makanan khas Indonesia 8

Martabak bisa masuk kategori camilan atau pun makanan berat karena cukup mengenyangkan. Terdiri dari dua jenis yaitu martabak manis dan martabak telur, keduanya sama-sama nikmat disantap selangi hangat. Dalam beberapa tahun terakhir, martabak manis dan telur mengalami banyak modifikasi resep dan tampilan. Martabak manis ini punya topping dan isian yang semakin beragam mulai dari selai cokelat Nutella, biskuit Oreo, red velvet dan lain-lain. Sedangkan untuk martabak telur, salah satu jenis baru yang banyak diminati adalah martabak telur dengan lelehan keju mozzarella.

Rendang

Makanan khas Indonesia 9

Tak lengkap rasanya jika tidak mencantumkan makanan khas Indonesia satu ini. Rendang pernah menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Best Food, sebuah hasil survey yang dirilis oleh CNN pada 2011 lalu. Pencapaian yang diraih oleh rendang ini memang tidak mengagetkan, kuliner yang gurih dan kaya akan rasa rempah ini menjadi favorit banyak orang  Indonesia maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Rendang mungkin memang bukan makanan yang bisa dihidangkan setiap hari di meja makan, kecuali jika Anda mencarinya di restoran atau rumah makan Padang. Hal ini dikarenakan proses memasaknya yang memakan waktu lama demi mendapatkan tekstur dn rasa  yang pas di lidah. Rendang yang cocok dinikmati dengan depiring nasi hangat berbahan dasar daging sapi yang diolah bersama air santan dan rempah-rempah pilihan.

Itulah tadi berbagai Makanan khas Indonesia yang banyak diminati masyarakat Untuk Anda yang sedang mencari penginapan di Indonesia, seperti; Jakarta, Semarang, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s