Feature Tips & Trick

Ketinggalan Pesawat saat Ingin Liburan? Ikuti Tips dari Kami!

RedTraveler pernahkah Anda ketinggalan pesawat saat akan liburan? Jika pernah tentu hal tersebut tidaklah menyenangkan. Agar traveling dengan pesawat lancar dan tidak ada keterlambatan, pastinya kita selalu disarankan untuk datang ke bandara 2 jam lebih awal. Namun, kadang ada hal-hal di luar kendala yang membuat kita datang terlambat ke bandara, salah satunya faktor kemacetan. Jika sudah tidak bisa dicegah lalu Anda ketinggalan pesawat, jangan panik dan melakukan hal yang malah membuat Anda membuang waktu bahkan biaya. Soalnya, RedDoorz punya beberapa solusi yang dapat dilakukan ketika ketinggalan pesawat. Yuk simak lengkapnya!

Jangan Panik

delayed flight

Yang menjadi hal pertama dalam menghadapi insiden ketinggalan pesawat adalah dengan mencoba rileks dan tetap tenang. Memang tidak ada yang mau mengalami kejadian ketinggalan pesawat, terlebih Anda sudah melakukan rencana dari jauh-jauh hari liburan tersebut. Janganlah merasa panik dan ambilah air putih hangat lalu tenangkan pikiran terlebih dahulu. Sebab dengan keadaan yang tergesa-gesa dan suasana pikiran yang tenang kita bisa mendapatkan solusi yang terbaik.

 Lakukan Identifikasi Tiket

ketinggalan pesawat 2

Hal selanjutnya yang harus dilakukan jika Anda ketinggalan pesawat adalah lakukan identifikasi tiket, apakah tiket yang Anda punya adalah tiket pesawat normal atau tiket pesawat promo? Jika tiket pesawat yang Anda punya adalah tiket promo, tiket tersebut akan hangus dan Anda harus membeli tiket pesawat baru untuk mengikuti penerbangan selanjutnya. Begitu pula sebaliknya, jika tiket pesawat Anda normal. Berarti masih bisa menggunakan tiket tersebut untuk penerbangan selanjutnya.

Hubungi Call Centre Maskapai

ketinggalan pesawat 3

Meskipun tiket pesawat yang Anda punya adalah tiket non-promo, tapi Anda harus tetap memastikan nasib tiket pesawat tersebut. Segera datangi counter maskapai penerbangan yang Anda gunakan untuk menanyakan apakah tiket yang dipegang dapat di-refund atau dipindahkan ke waiting list untuk penerbangan selanjutnya, atau tiket pesawat sudah hangus, sehingga harus membeli tiket pesawat baru.

Sayangnya, tidak semua maskapai penerbangan memiliki counter di bandara. Untuk berjaga-jaga simpanlah selalu call center dari maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ketinggalan pesawat, Anda bisa segera menghubungi call center, sekaligus meminta panduan mengenai tindakan selanjutnya.

Manfaatkan Fasilitas Online Travel Agent

ketinggalan pesawat 4

Ketika tiket yang sudah Anda pesan nyatanya hangus dan harus membeli tiket baru, Anda dapat meminimalisir waktu yang terbuang percuma untuk mencari hingga memesan tiket penerbangan dari beberapa maskapai dengan memanfaatkan fasilitas travel meta search engine atau biasa juga disebut online travel agent. Kini sudah cukup banyak online travel agent yang sangat mudah diakses secara langsung melalui tablet maupun smartphone Anda sehingga memudahkan pemesanan tiket pesawat Anda.

Dengan memanfaatkan fasilitas ini Anda juga bisa membandingkan harga tket pesawat dari masing-masing maskapai tanpa perlu membuka situs maskapai yang ada satu persatu. Sehingga Anda juga dapat lebih menghemat waktu meskipun saat itu sudah tertinggal pesawat yang seharusnya Anda tumpangi. Pilih online travel agent yang memberi kemudahan lebih seperti pemesanan atau booking online melalui internet dengan pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan kartu kredit.

Hindari Ketinggalan Pesawat dengan Tips Berikut!

Setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa mengetahui bahwa tidak semua jenis tiket pesawat  memberikan jaminan memindahkan jadwal penerbangan ketika Anda mengalami ketinggalan pesawat. Untuk menghindari ketinggalan pesawat, ikuti tips berikut ini!

  • Perhitungkan Waktu dan Jarak Tempuh Menuju Bandara

ketinggalan pesawat 5

Anda harus mengetahui jadwal keberangkatan pesawat dan check in. Dengan demikian Anda dapat mempersiapkan waktu yang cukup lama untuk menempuh perjalanan menuju bandara. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta yang terkenal akan kemacetan nya. Ada baiknya untuk menunggu sedikit lebih lama di bandara daripada nantinya harus buru-buru atau ketinggalan pesawat. Karena meskipun Anda sampai di bandara sebelum waktu keberangkatan, namun jika sudah lewat dari batas check in sudah dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan lagi diijinkan masuk ke pesawat. Sehingga sangat dianjurkan agar Anda berada di bandara sebelum waktu check-in berakhir.

  • Pastikan Sudah Membawa Paspor dan Kartu Identitas

ketinggalan pesawat 6

Ini mungkin menjadi hal yang seringkali diabaikan ketika akan melakukan penerbangan. Padahal saat ini tidak sedikit calon penumpang yang lupa untuk membawa serta barang-barang penting tersebut. Sehingga akhirnya mereka harus kembali pulang untuk mengambilnya, hal seperti inilah yang juga menjadi penyebab dari ketinggalan pesawat. Terlebih lagi jika jarang tempuh dari bandara untuk menuju ke rumah tergolong cukup jauh. Jadi sebelum berangkat, cek dulu semua kelengkapan termasuk tiket pesawat, paspor dan kartu identitas.

  • Manfaatkan Fasilitas Check-in Online

ketinggalan pesawat 7

Sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang memiliki fasilitas online check-in pada situs web mereka. Umumnya web check in akan dibuka 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Namun, harap diperhatikan juga, meskipun sudah melakukan check-in online, jangan sampai Anda terlambat berada di bandara ketika tiba waktu keberangkatan. Karena jika Anda sudah melakukan check-in online tetapi terlambat saat jadwal keberangkatan, tiket pesawat yang Anda pegang akan tetap hangus.

  • Pastikan Dimana Lokasi Terminal Ataupun Gate Pesawat

ketinggalan pesawat 8

Jika sekarang ini Anda merasa kurang familiar dengan bandara yang akan Anda gunakan. Anda dapat memastikan pesawat Anda ada di terminal berapa. Lebih baik Anda tanyakan juga pada sopir taksi yang Anda tumpangi serta petugas bandara guna memastikan hal tersebut. Dengan demikian Anda tidak akan lagi bingung dan terburu-buru dalam menemukan pesawat yang akan Anda gunakan.

Gimana RedTraveler? Udah liat kan tips tentang apa yang harus Anda lakukan ketika ketinggalan pesawat. Nah, untuk Anda yang ingin mencari penginapan saat berlibur di Indonesia, seperti: Jakarta, Semarang, Bandung, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan mudah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s