Pulau Komodo, Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Ke Sana

Satu lagi pulau yang jadi kebanggaan Indonesia di kancah Internasional, Pulau Komodo. Setelah dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO, pulau ini semakin menjadi pulau idaman dan banyak diburu oleh wisatawan asing. Anda yang mengaku warga negara Indonesia jangan mau ketinggalan untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

Di Pulau Komodo ini Anda bisa menemukan banyak keindahan alam yang bisa dieksplore selama di sana. Mulai dari Pink Beach, padang savana di Gili Bala yang Indah, pemandangan alam bawah laut hingga serunya berinteraksi langsung dengan komodo-komodo liar di Taman Nasional Komodo. Sebelum Anda berkunjung ke sana, berikut spot yang indah dan panduan saat Anda ingin ke Pulau Komodo.

Berinteraksi dengan Komodo Liar di Taman Nasional Komodo

komodo

Sesuai dengan namanya Pulau Komodo, pulau ini memang digunakan sebagai tempat penangkaran komodo yang sudah langka. Di Taman Nasional Komodo ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan komodo-komodo yang berkeliaran di sana. Tetapi, Anda tidak bisa sembarangan berinteraksi dengan komodo yang ada di sini.

Nantinya, ada ranger yang memandu Anda selama berkeliling di pulau ini. Mereka akan memberikan panduan apa-apa saja yang boleh Anda lakukan yang tidak boleh Anda lakukan. Jadi, selama ada di sana Anda jangan jauh-jauh dengan ranger yang memandu Anda demi keselamatan. Tapi sisanya Anda pasti akan merasakan keseruan melihat hewan yang dilindungi ini.

Pink Beach

pantai merah muda

Tidak hanya keseruan berinteraksi langsung dengan komodo, di pulau ini Anda juga bisa melihat indahnya Pink Beach atau Pantai Merah Muda. Dinamakan Pantai Merah Muda karena memang pantai ini memiliki warna pasir merah muda yang membentang sepanjang pulau. Warna merah muda yang ada di pantai ini disebabkan oleh banyaknya terumbu karang berwarna merah muda di sana.

Serpihan-serpihan terumbu karang yang terbawa hingga ke pinggir pantai inilah yang membuat pantai ini kemudian berwarna merah muda. Terbayang bukan bagaimana indahnya pemandangan di pantai ini. Anda yang suka berfoto-foto atau pun fotografi, tempat ini akan fotogenic sekali untuk jadi koleksi foto pemandangan Anda yang terbaru.

Pemandangan Bawah Laut yang Indah

diving terumbu karang

Bermain-main di pinggir pantai kurang lengkap jika Anda tidak snorkeling atau menyelam langsung di Labuan Bajo. Di sini Anda akan melihat keindahan terumbu karang di bawah laut di Labuan Bajo. Ada 385 spesies terumbu karang  yang menghiasi keindahan bawah laut di sini. Dengan kedalaman 150 meter, laut disini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata menyelam.

Tidak hanya terumbu karang, Anda juga bisa melihat berbagai macam flora dan fauna cantik yang akan memanjakan mata Anda selama menyelam di sana. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan Manta yang banyak berenang di perairan ini selama Maret-April dan September- November. Beberapa titik penyelaman yang wajib Anda coba di lokasi ini ada Crystal Rock, Toko Toko, Bantu Samsia dan Manta Point.

Gili Laba, savana kepulauan komodo

gili bala

Setelah menyelam di bawah laut dan melihat keindahan terumbu karang yang ada di sana. Anda juga harus berkeliling di Gili Bala, padang savanna indah yang ada di Pulau ini. Untuk berkeliling di padang savanna ini Anda bisa menggunakan sandal gunung atau sepatu yang nyaman karena di sini Anda akan dihadapkan dengan tracking yang mendaki. Matahari terbenam adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu saat Anda mendaki di Gili Bala. Hal yang paling penting, jangan lupa membawa perbekalan yang cukup selama Anda eksplore padang savanna ini ya.

Sail Komodo

sail komodo

Satu alasan lainnya kenapa Anda harus ke Pulau Komodo adalah Anda bisa menyaksikan Sail Komodo. Acara ini merupakan sebuah acara bahari yang diselenggarakan oleh Kementrian Kelautan dan perikanan Indonesia. Acara ini sudah bertingkat Internasional loh jadi akan banyak partisipan asing nantinya yang akan meramaikan acara ini.

Dalam acara ini Anda  akan melihat banyak kapal-kapal besar berlayar di sepanjang perairan pulau nan eksotis ini. Dengan ikut acara ini Anda bisa ikut berlayar melalui beberapa rute yang sudah di tentukan sebelumnya seperti Australia, Kupang, Flores hingga berakhir di Labuan Bajo.

Akomodasi ke Pulau Komodo

penginapan

Untuk ke pulau ini ada dua pilihan yang bisa Anda coba. Pertama, Anda bisa menggunakan jasa travel untuk sampai ke tempat tujuan. Sedangkan, kalau Anda ingin pergi tanpa travel agent ada beberapa hal yang harus Anda tahu nih. Pulau ini bisa diakses melalui Labuan Bajo, Flores atau Lombok.

Buat Anda yang ingin melakukan perjalanan ala backpacker jalur ini cukup disarankan karena hanya akan memakan sedikit biaya. Anda juga bisa menyewa kapal yang bisa memuat mulai dari 5 hingga 10 orang. Harga sewa kapal ini bisa sekitar Rp. 2.000.000.

Kemudian, untuk penginapan Anda bisa menyewanya sekaligus dengan kapal. Hal lainnya yang perlu diingat, kalau Anda ingin ke sana saat musim liburan, cobalah untuk memesannya jauh-jauh hari agar tidak full booked.

Itulah tadi informasi mengenai Pulau Komodo. Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s