Skip to content

Tips Liburan Murah ke Korea Selatan

Korea Selatan menjadi terkenal berkat beberapa tahun belakangan baik dunia entertainment maupun industrial menguasai pasar dunia. Hal ini membuat banyak orang penasaran seperti apa Negara yang memiliki ibukota Seoul tersebut. Sejak merebaknya Korean Culture di seluruh dunia, Korea Selatan menjadi destinasi favorit wisatawan, terutama wisatawan dari Indonesia. Sebagai ibu kota, kepopuleran Seoul mulai meningkat sepanjang tahun 2014 dan diprediksi akan semakin meningkat setiap tahunnya. Ibu kota Korea Selatan ini menyimpan banyak hal menarik, mulai dari wisata budaya, alam, kuliner, hingga belanja. Sayangnya, banyak orang yang berpendapat bahwa traveling ke Korea Selatan itu mahal. Tapi tidak usah khawatir RedTraveler karena di artikel kali ini, RedDoorz akan membahas tentang berbagai tips liburan murah ke Korea Selatan!

Tiket Pesawat

liburan murah ke korea selatan 1

Korea Selatan memiliki 7 bandar udara internasional dan bandara utamanya adalah Incheon yang terhubung dengan berbagai Negara di dunia, termasuk Indonesia. Ada 3 penerbangan langsung dari Jakarta ke Seoul, dengan total 25 penerbangan selama seminggu. Meski demikian, harga tiket pesawat murah kadang bisa Anda dapatan dari penerbangan yang membutuhkan transit terlebih dahulu, misalnya Jakarta-Kuala Lumpur-Seoul. Selain itu, menurut data yang kami kumpulkan, waktu termurah untuk membeli tiket pesawat ke Korea Selatan adalah 19 minggu di awal. Anda juga dapat mencari beberapa alternatif rute terbang maupun rute pulang dari kota yang berbeda untuk menemukan harga penerbangan termurahnya. Setelah tiket pesawat terbeli, Anda harus mengurus visa karena warga Negara Indonesia wajib memilikinya untuk berlibur ke Korea Selatan.

Menginap di Hostel/Guest House

liburan murah ke korea selatan 3

Tentunya jika ingin liburan murah ke Korea Selatan, Anda harus pintar-pintar memilih akomodasi yang murah dan berfasilitas lengkap. Meskipun di Korea Selatan belum ada RedDoorz, tapi kota Seoul memiliki sejumlah alternatif tempat penginapan murah. Hostel atau guesthouse memang tidak terlalu umum di Korea Selatan, tetapi Anda masih bisa menemukannya di berbagai kota-kota besar seperti Seoul, Busan dan Pulau Jeju. Harganya berkisar antara KRW 15.000-25.000 untuk kamar asrama dan KRW 25.000-40.000 untuk kamar pribadi. Selain hostel atau guesthouse, ada banyak pilihan penginapan lain yang bisa Anda ambil untuk menghemat biaya, seperti minbak ataupun homestay yang mirip dengan hostel.

Menginap di Jjimjilbang

liburan murah ke korea selatan 9

Jika Anda sering menonton drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Biasanya ini merupakan tempat masyarakat Korea mandi atau santai bersama dengan memakai baju warna-warni dan handuk lucu di kepala mereka. Tempat yang konsepnya seperti pusat spa terpadu ini memang khas Korea dan sulit Anda temukan di Negara lain. Tempat ini mendapat sebuat “jjimjilbang” dan traveler sering menggunakannya sebagai alternatif penginapan. Tempat ini buka selama 24 jam dan memiliki berbagai fasilitas layaknya hostel, seperti tersedia pemandian umum, baju tidur, restoran hingga tempat menonton DVD. Dengan biaya masuk yang relatif lebih murah, yaitu sekitar KRW 5.000-15.000, Anda akan dapat menginap setelah sebelumnya merelaksasi badan dengan mandi air hangat.

Makanan

liburan murah ke korea selatan 6

Harga makanan di Korea Selatan memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia. Makanan murah berkisar antara 4.000-5.000 won, makanan standar berkisar antara 8.000-10.000 won, dan makanan mahal biasanya berharga di atas KRW 15.000. Untuk mencari makanan yang tidak membuat kantong Anda jebol, makanlah makanan khas Korea Selatan karena biasanya lebih murah dan bisa Anda temukan di pinggir jalan. Anda juga dapat mencari makanan di “Kimbap Cheonguk”, yaitu semacam warteg Korea. Di sana, porsi makanan berukuran besar dan harganya di bawah KRW 5.000 dan juka buka selama 24 jam.

Transportasi

liburan murah ke korea selatan 8

Berbeda dengan biaya makanan, biaya transportasi umum di Korea Selatan tergolong cukup murah. Sesampainya di sana, Anda dapat membeli T-Money, sebuah kartu yang bisa Anda gunakan untuk membayar bus, subway, taksi, dan bahkan barang belanjaan di beberapa mini market. Jadi untuk berkeliling kota, Anda bisa naik subway, bus, ataupun taksi yang bang biayanya juga tidak terlalu mahal. Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan bayak tur gratis untuk memanjakan para wisatawan. Anda hanya perlu melihat jadwal tur gratis yang Anda inginkan di internet, mengisi formulir pendaftaran jika dibutuhkan, lalu datang ke tempat pertemuan di hari H.

Untuk liburan murah ke Korea Selatan, Anda juga wajib mengunjungi Korean Tourism Office karena di sana tersedia banyak aktivitas yang bisa Anda ikuti, seperti belajar kaligrafi dan membuat kerajinan khas Korea, ataupun berfoto dengan pakaian tradisional Korea. Pilihan lainnya adalah museum khusus Hallyu/Korean Wave yang bisa Anda kunjungi dengan gratis. Dan yang pasti, Anda pun bisa naik Seoul City Tour Bus yang akan menurunkan Anda di objek-objek wisata yang ada di Seoul tanpa harus mengeluarkan biaya.

Belanja

Liburan murah ke korea selatan 7

Untuk sebagian orang, belanja merupakan sesuatu yang wajib dilakukan ketika liburan. Meski memakan biaya yang cukup mahal, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menapatkan barang murah ketika berbelanja di Korea Selatan. Berkunjunglah ke daerah Dongdaemun atau Myeongdong di Seoul, surganya tempat belanja murah. Anda bisa membeli kaus, gantungan kunci dan berbagai oleh-oleh lain untuk teman dan keluarga di rumah. Selain itu, Myeongdong juga merupakan surga bagi para wanita karena terdapat banyak make up merk Korea yang memiliki harga murah. Bahkan, Anda cukup berkeliling saja dan Anda akan mendapatkan sampel gratis dari berbagai produk make up. Seru banget kan!

Gimana RedTraveler udah baca kan informasi mengenai liburan murah ke Korea Selatan? Pasti jadi tambah pengen dong berkunjung ke sana! Nah, untuk Anda yang ingin berlibur di Indonesia, seperti ke; Jakarta, Bogor, Bali, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: