Skip to content

Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi Di Sulewesi Selatan

Apa tempat wisata yang pertama kali muncul di kepala Anda saat berkunjung ke Sulawesi? Kebanyakan orang pasti lebih familiar dengan objek wisata Taman Laut Bunaken. Tapi tahukah Anda kalau ada tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Taman Bunaken? Jika belum tahu, cobalah untuk mengunjungi Tanjung Bira yang menyimpan keindahan alam yang tidak kalah cantik dibandingkan dengan Bunaken.

Keeksotisan Pantai dan Laut Biru 

tanjung bira

Tanjung Bira memang dikenal dengan wisata alam berupa pantai pasir putih dan pemandangan laut yang indah. Destinasi wisata yang satu ini menjadi salah satu surga tersembunyi di Sulawesi Selatan yang dapat menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Berkunjung ke sini Anda bisa melihat matahari terbenam yang menarik sekali. Anda yang sering pergi ke pantai Bali dan ingin mencari suasana baru, pantai ini bisa menjadi alternatif. Hal yang membuat tempat wisata  ini tampak berbeda dan spesial adalah warna lautnya yang memiliki 3 lapisan warna berbeda. Anda pasti bisa melihat bagaimana indahnya laut 3 warna ini saat suasana sedang cerah.

Pantai di sini juga tidak seramai Pantai di Bali atau Lombok. Jadi akan pas sekali nih suasananya untuk Anda yang ingin mencari suasana tenang saat berlibur. Anda bisa berkunjung ke Pulau kambing dan Pulau Liukang untuk mendapatkan pemandangan yang indah di tepi pantainya.

Snorkeling di Tanjung Bira

snorkeling

Selain keeksotisan pantai yang luar biasa indah, Anda juga bisa snorkeling dan diving di sini. Pemandangan bawah laut di sini sangat indah sekali untuk Anda jadikan tempat menyelam atau diving. Air lautnya yang jernih membuat tempat ini sangat direkomendasikan.

Pembuatan kapal penishi di Bulukumba

penishi

Tidak hanya keindahan alamnya yang eksotis, di Tanjung Bira Anda juga bisa melihat pembuatan kapal penishi. Pembuatan kapal penishi di Bulukumba ini memang sudah menjadi warisan warga di Sulawesi. Suku bugis yang merupakan warga asli Makasar memang terkenal menjadi bangsa yang menguasai laut. Jadi, untuk Anda yang ingin melihat bagaimana proses pembuatan kapal penishi ini, bisa langsung berkunjung ke lokasi wisata ini.

Akomodasi selama berlibur di Tanjung Bira

DCIM100MEDIADJI_0079.JPG

Untuk masuk ke lokasi wisata ini Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp. 10.000 untuk wisatawan lokal sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 20.000 per-orangnya. Harga tiket ini akan berbeda jika Anda berkunjung saat liburan, karena harga tiketnya akan naik menjadi Rp. 15.000 per-orang. Sedangkan untuk Anda yang ingin naik perahu ke pulau Lingkuang bisa menyewa sebesar Rp. 100.000 – Rp. 300.000.

Jalur menuju Tanjung Bira 

jalur menuju tanjung bira

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa transit di kota Makasar dulu. Kemudian dari sini Anda bisa menuju Kabupaten Bulukumba dengan menelusuri jalanan utama. Pemerintah daerah memang sedang melakukan pembangunan besar-besaran pada bidang pariwisata tentunya infrastruktur di sana pun sedang dilakukan perbaikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan akses jalan ke sana yang sulit.

Sebelum menuju langsung ke Kabupaten Bulukumba, Anda bisa melalui kabupaten Gowa, lalu menuju kabupaten Takalar hingga nantinya mencapai Kabupaten Jeneponto. Anda tidak perlu khawatir dengan tempat parkir karena nantinya Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di rumah-rumah warga yang ada di sana.

Sedangkan, untuk Anda yang menggunakan Bus untuk sampai ke tempat ini bisa mengaksesmelalui Terminal Melengkeri. Pilhlah bus dengan jurusan Selayar untuk sampai ke Dermaga Tanjung Bira. Setelah sampai di Dermaga  Anda akan menunggu kapal untuk menyebrang dengan tujuan selayar.

Jadi bagaimana menurut Anda mengenai lokasi wisata ini ? Menarik bukan? Untuk Anda yang suka dengan wisata alam harus banget berkunjung ke lokasi wisata yang jadi surga tersembunyi di Sulawesi Selatan. Dapatkan sendiri pengalaman seru jalan-jalan di sini!

Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: