Nikmati Keindahan Pantai dan Bermain Ubur-ubur di Pulau Derawan

Indonesia memiliki berbagai pulau indah dengan pemandangan laut yang sangat menawan. Hal ini yang membuat Anda harus mengeksplore lebih banyak pulau-pulau yang ada di Indonesia ini. Kalau sebelumnya kita pernah membahas tentang Pulau Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur dan Pulau Pahawang di Lampung, sekarang saatnya kita membahas tentang Pulau Derawan.

Pulau yang satu ini juga menjadi salah satu primadona bagi para pencinta pantai, sunset, hingga snorkeling. Pulau Derawan sendiri terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Berau. Anda yang suka dengan berbagai macam keindahan bawah laut harus merasakan sendiri bagaimana indahnya pulau yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, Reddoorz akan mengulas lengkap tentang Pulau Derawan dan bagaimana Anda bisa menuju ke sana.

Pulau Maratua  

pulau maratua

Pulau Maratua menjadi salah satu pulau terbesar yang ada di pulau ini. Dari sini Anda bisa menikmati indahnya laut biru di Kalimantan Timur. Pulau Maratua sendiri posisinya terletak di perairan Sulawesi namun tetap masuk dalam wilayah Kalimantan. Untuk sampai ke sini, Anda hanya perlu menggunakan speed boat dari Pulau Derawan.

Perairan di Pulau Maratua ini termasuk cukup tenang. Suasananya yang cukup hening membuat perairan ini sangat bagus untuk jadi tempat menyelam atau sekedar snorkeling. Menyelam di sini Anda bisa melihat banyak sekali biota laut yang unik seperti lion fish hingga ikan pari putih. Anda yang ingin bermain dengan penyu pun juga bisa melihatnya di sore hari saat permukaan air laut sedang dangkal.

Pulau Sangalaki

sagkali

Kemudian ada Pulau Sangakali, sebuah pulau kecil yang juga termasuk ke dalam Kepulauan Derawan. Tidak hanya di Pulau Maratua saja, di Pulau Sangakali ini Anda juga bisa menemukan penyu-penyu yang berenang bebas di sepenjang perairan. Banyaknya penyu yang bertelur di sini membuat Pulau Sangakali menjadi salah satu pulau yang dijadikan tempat penangkaran penyu.

Bila Anda ingin menyaksikan penyu-penyu ini bertelur, Anda bisa melihatnya secara langsung di malam hari. Nantinya, Anda juga bisa menyaksikan secara langsung bagaimana puluhan penyu datang dan betelur di pinggir pantai. Ini bisa jadi momen yang menarik sekali untuk Anda saksikan selama berlibur di Kepulauan Derawan.

Pulau Kakaban

pulau kakaban

Tidak kalah menarik dibandingkan dua pulau sebelumnya, Maratua dan Sangakali, Pulau Kakaban menyajikan keeksotisan tersendiri. Di Pulau Kakaban ini Anda bisa berenang secara langsung dengan ubur-ubur. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ubur-ubur yang ada di Pulau Kakaban ini termasuk ubur-ubur yang tidak menyengat. Jadi, akan sangat aman untuk Anda dekat-dekat atau bahkan menyentuh ubur-ubur yang ada di sini.

Selain berenang bersama dengan ubur-ubur, Anda yang snorkeling di sini juga bisa melihat keindahan karang laut atau coral. Berbagai spesies ikan pun, bisa Anda lihat selama snorkeling di danau ubur-ubur ini. Sebut saja ikan seperti black tip, white tip, barakuda hingga hammer shark ada di sini.

Akses Menuju Pulau Derawan

speed boat

Untuk sampai ke sini ada berbagai pilihan akses yang bisa Anda tempuh seperti udara dan darat. Anda yang berasal dari luar daerah bisa mengakses lokasi ini melalui udara. Akses menuju ke sini, bisa ditempuh dengan beberapa penerbangan dengan tujuan Balikpapan. Kemudian, setelah Anda sampai ke Balikpapan, dapat melanjutkan perjalanan ke Tarakan atau Berau.

Kalau Anda mengakses Pulau Derawan melalui Tarakan, Anda bisa menggunakan speed boat. Tetapi, Anda yang memilih jalur ini, harus siap untuk menempuh jalur yang lebih jauh. Selain itu, Anda yang melalui jalur ini juga harus menyewa speed boat secara pribadi.

Tetapi, jangan khawatir, ada jalur lain yang bisa anda tempuh untuk mencapai Pulau ini yaitu Berau. Melalui lokasi ini, Anda bisa mengakses Kepulauan Derawan dengan menggunakan travel atau pun speed boat.

Penginapan Di Kepulauan Derawan

pulau derwan

Untuk penginapan sendiri, Anda bisa menemukan berbagai pilihan menarik. Tentunya, semuanya harus Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Di Kepulauan Derawan ini Anda bisa menemukan berbagai macam penginapan mulai dari homestay hingga Resort.

Anda hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp 100.000 untuk menginap di penginapan murah. Sedangkan untuk homestay, Anda bisa mengeluarkan budget sekitar Rp 300.000 per malamnya. Pilihan lainnya untuk menginap di Kepulauan Derawan ini ada cottage. Penginapan jenis ini cocok sekali untuk Anda yang memang ingin menikmati liburan mewah di Pulau Derawan. Tetapi, uang yang harus Anda keluarkan untuk menginap di cottage bisa dibilang cukup mahal  yaitu mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1.000.000 per malamnya.

Jadi itulah, beberapa informasi dari Reddoorz mengenai Pulau Derawan. Anda yang sudah lama ingin berkunjung ke sini mulai rencanakan perjalanan Anda dari sekarang! Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

(Baca Juga: 8 PANTAI TERINDAH DI INDONESIA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s