Skip to content

Oleh-oleh Surabaya yang Perlu Banget Anda Bawa Pulang!

Surabaya sebagai Kota Pahlawan merupakan salah satu magnet pariwisata di Indonesia. Wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata keluarga lengkap tersedia di Surabaya. Bila Anda berkunjung ke Surabaya sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh khas Ibu kota Jawa Timur yang mungkin sulit Anda temui di kota lain. Apa saja oleh-oleh Surabaya yang bisa dibeli untuk keluarga atau teman di rumah? Yuk simak artikel RedDoorz selengkapnya!

Sambal Bu Rudy

oleh-oleh surabaya 1

Buat Anda pecinta makanan pedas, maka Sambal Bu Rudy ini masuk dalam daftar oleh-oleh Surabaya yang wajib Anda beli. Setiap hari, toko Sambal Bu Rudi selalu dipadati oleh pembeli. Banyak yang mengatakan bahwa Sambal Bu Rudy identik dengan kelezatan dan kepedasannya. Varian rasanya pun beragam, ada sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak, sambal ikan peda, sambal bawang, sambal udang dan lain sebagainya. Untuk sambalnya sendiri dihargai sekitar Rp 26.000 saja.

Spikoe Resep Kuno

oleh-oleh surabaya 2

Spikoe Resep Kuno adalah kue lapis lezat yang menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya tidak berubah. Spikoe atau spiku terdiri dari dua lapis yaitu kuning dan coklat dengan rasa manis bertekstur lembut karena dalam proses pembuatannya menggunakan banyak telur. Pada tahun 1976, Spiku buatan Nyonya Santoso memiliki banyak peminat, namun kemudian usaha ini tutup pada tahun 1982. Kemudian di tahun 2002, Paulus Santoso anak pertama dari Nyonya Santoso kembali membuka bisnis kue ini dengan menggunakan resep yang sama.

Kerupuk Ikan Kenjeran

oleh-oleh surabaya 3

Untuk Anda penyuka makanan ringan kerupuk, jangan khawatir jika berkunjung ke Surabaya karena Anda dapat menemukan oleh-oleh yang pas, yakni Kerupuk Ikan Kenjeran yang merupakan kerupuk khas Surabaya. Tidak hanya rasa ikan saja yang bisa Anda beli dari merk kerupuk ini tetapi juga hasil olahan laut lainnya seperti cumi, kerang bahkan rumput laut. Kerupuk Ikan Kenjeran bisa Anda temui di sekitar Jalan Sukolilo atau kawasan Pantai Kenjeran. Harga perkilonya dijual mulai dari Rp 15.000-100.000 .

Almond Crispy

oleh-oleh surabaya 4

Almond Crispy merupakan oleh-oleh Surabaya yang sedang hits. Meski awal kemunculannya masih belum cukup lama, namun Almond Crispy berhasil menjadi primadona oleh-oleh khas Kota pahlawan. Jajanan ini terbuat dari telur, tepung, gula, susu bubuk, keju dan almond sebagai topping. Meskipun bahannya cukup praktis dan sederhana, namun rasa yang dihasilkan tak boleh dianggap remeh. Almond Crispy terdiri dari tiga varian rasa utama yaitu original  cheese, cokelat dan green tea. Ketiganya sama lezat dan akan membuat Anda tidak berhenti mengunyah!

Abon Sapi Padmosusastro

oleh-oleh surabaya 5

Siapa yang bisa menolak kenikmatan abon sapi? kudapan ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. Jika Anda penggemar abon sapi, cobalah datang ke Jalan Padmosusastro. Tersedia abon dalam dua varian rasa yaitu pedas dan manis. Jika bingung memilih, beli saja keduanya karena dijamin Anda tak akan menyesal. Abon sapi ini dikemas dalam berbagai ukuran. Selain membeli produk jadinya, Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan abon sapi di sini.

Siropen Telasih

oleh-oleh surabaya 6

Surabaya ternyata memiliki minuman khas yang menyegarkan, yaitu Siropen Telasih. Minuman ini telah berdiri sejak 1923 dan dikelola oleh perusahaan milik Belanda sampai kemudian jatuh ke Indonesia setelah mengalami pergantian kepemilikan beberapa kali. Dahulu, hanya kaum bangsawan yang bisa menikmati Siropen Telasih ini namun seiring perkembangan zaman, Anda dapat membelinya di Jalan Mliwis – Surabaya. Siropen Telasih memiliki rasa yang nikmat karena tidak menggunakan pemanis buatan. Minuman ini juga terdiri dari beberapa varian rasa seperti jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar dan cocopandan.

Guna-guna Snack

oleh-oleh surabaya 9.jpg

Siapa sangka keripik singkong dan kentang sederhana bisa dikemas menarik dan cocok dijadikan oleh-oleh Surabaya. Guna-guna Snack mampu menghadirkan sensasi berbeda pada jajanan ini. Silahkan cicipi keripik singkong balado dan keripik kentang pedas manisnya yang pasti Anda tak cukup makan satu bungkus. Tak hanya keripik singkong dan kentang, Guna-guna Snack juga menyediakan baso goreng, samosa, keripik buah naga serta aneka pastry lezat lainnya.

Kaos Cak Cuk

oleh-oleh surabaya 8

Jika menurut Anda oleh-oleh makanan tak bisa tahan lama, cobalah membeli kaos khas Surabaya, Cak Cuk. Cak Cuk sendiri merupakan sebuah toko baju yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan tetap banyak peminat sampai saat ini. Tak berbeda dengan Joger dari Bali dan Dagadu dari Yogyakarta, Cak Cuk menawarkan desain kreatif dengan gambar dan tulisan khas anak muda. Produk Cak Cuk tak hanya kaos, Anda juga bisa menemukan gantungan kunci, pin, mug dan juga tas. Agar lebih mengenal produk Cak Cuk ini, Anda bisa mendatangi gerainya yang tersebar di beberapa daerah di Surabaya.

Gimana RedTraveler? Udah baca kan mengenai berbagai oleh-oleh Surabaya yang wajib Anda bei. Nah, untuk Anda yang sedang mencari penginapan di Surabaya, atau kota-kota lain di Indonesia, seperti; Jakarta, Baandung, Bogor, Bali, Semarang,, dan Yogyakarta. RedDoorz hadir sebagai hotel murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: