Skip to content

11 Tips Liburan Bersama Anak Agar Perjalanan Anda Nyaman dan Menyenangkan

Mengisi waktu berlibur memang paling seru bersama dengan orang-orang terkasih. Tetapi terkadang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau kita hendak bepergian bersama dengan keluarga. Terutama bagi RedTraveler yang masih memiliki anak-anak kecil. Pastikan persiapan perjalanan Anda agar liburan menjadi nyaman dan aman. Berikut beberapa tips liburan bersama anak yang bisa Anda aplikasikan nih, yuk simak.

Pertama Pastikan Anak-Anak Dalam Keadaan Sehat

sehat

Hal pertama dan paling penting saat Anda hendak berlibur dengan membawa serta anak-anak adalah memeriksa kondisi kesehatan mereka. Pastikan anak Anda sehat saat hendak berlibur bersama. Daya tahan anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Jadi, jangan sampai selama Anda bepergian, anak Anda menjadi sakit karena kondisinya yang kurang fit.

Bawa Kereta Dorong

baby stroller

Sedangkan, untuk Anda yang memiliki anak-anak yang masih balita, bisa membawa kereta dorong selama liburan. Kadang anak-anak suka rewel saat kelelahan atau kepanasan. Saat Anda harus menyusuri tempat wisata Anda bisa menggunakan kereta dorong untuk berjalan-jalan. Anak Anda pun jadi tidak kepanasan atau kelelahan selama jalan-jalan dengan kereta dorong ini.

Bawa Peralatan Tidur Portable

car seat

Anak-anak akan membutuhkan waktu beristirahat lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa. Karena itu penting juga untuk Anda membawa peralatan tidur selama Anda bepergian. Kalau Anda membawa kendaraan pribadi, anak-anak Anda jadi bisa beristirahat selama perjalanan pergi atau pun pulang. Peralatan tidur juga bisa Anda taruh di dalam kereta dorong untuk dibawa selama meyusuri tempat wisata.

Bawa Makanan Kesukaan Anak-Anak Anda

bawa perbekalan

Tips liburan bersama anak berikutnya adalah dengan membawa makanan selama Anda mengunjungi tempat wisata. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun terkadang sering merasa lapar saat sedang di jalan. Saat perjalananan jauh atau macet di tengah jalan, anak-anak Anda bisa makan kudapan tersebut. Hal ini juga bisa menjadi persiapan saat macet di tengah jalan dan Anda belum menemukan tempat makan. Jangan sampai anak anda kelaparan di tengah jalan ya RedTraveler!

Bawa Baju Ganti Anak-anak Anda

baju anakCobalah untuk membawa baju ganti untuk anak-anak Anda. Selama berlibur, anak-anak pasti akan cenderung aktif. Baju mereka bisa saja basah atau kotor selama perjalanan. Jangan sampai anak Anda menjadi sakit karena bajunya dibiarkan basah. Hal ini sangat penting terutama untuk anak-anak Anda yang masih balita.

Pilih Alat Transportasi yang Tepat

tidur di plane

Memilih alat transportasi yang tepat untuk Anda bepergian juga cukup penting. Pastikan alat transportasi yang Anda gunakan bisa membuat anak-anak Anda nyaman. Jika memang anak-anak Anda masih balita pastikan mereka bisa tidur atau beristirahat dengan nyaman tanpa harus kepanasan. Anda pastinya tidak mau kalau kondisi kesehatan anak Anda menurun pasca berlibur bersama bukan?

Bawa Obat-Obatan

drugs

Barang lainnya yang penting untuk dibawa adalah obat-obatan. Bawa obat-obatan seperti pereda demam, obat anti mabuk, minyak kayu putih, obat merah dan plester untuk persiapan. Tentunya, kita nggak pernah mau kejadian buruk terjadi selama perjalanan apalagi saat Anda berlibur. Jadi sebisa mungkin cobalah untuk membawa obat-obatan tersebut selama perjalanan bersama dengan anak-anak.

Pilih Tempat Wisata yang Ramah Anak

tempat wisata edukatif

Hal yang paling penting lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih tempat wisata yang tepat untuk anak-anak. Carilah tempat wisata yang ramah anak. Misalnya tempat wisata yang memang menyediakan tempat bermain atau memang tempat wisata yang edukatif untuk anak-anak Anda. Jadi Anda tidak hanya liburan tapi juga menambah pengetahuan si kecil.

(Baca Juga: REKOMENDASI PENGINAPAN MURAH DAN NYAMAN DI JAKARTA)

Rencanakan Durasi Berlibur

durasi berliburDurasi Anda berlibur juga sangat penting untuk Anda perhitungkan, terutama saat Anda berlibur dengan anak-anak. Anda tidak  mungkin membawa serta anak-anak yang masih balita dalam perjalanan jauh dengan jalur darat seperti halnya road trip. Kalau pun Anda berlibur dalam durasi yang cukup lama, pastikan tempat peristirahatan serta perbekalan yang Anda bawa selama perjalanan cukup.

(Baca Juga: RedDoorz @ Tibubeneng Canggu)

Pergi saat Low Season

low season

Pergi saat low season juga bisa menjadi pilihan saat Anda berlibur dengan anak-anak. Memang lebih mudah untuk mengatur waktu untuk bepergian saat musim liburan. Tetapi konseskuensi yang perlu Anda terima adalah padatnya tempat wisata yang padat dan jalan yang pastinya akan macet. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mencari waktu-waktu low season saat hendak bepergian dengan anak-anak. Dengan begitu perjalanan berlibur Anda bisa nyaman dan anak-anak pasti akan senang.

Saat Sesuatu Terjadi Tetap Tenang

traveling with kids

Saat sesuatu terjadi selama perjalanan cobalah untuk tenang. Mungkin ini menjadi pengalaman Anda yang pertama kali untuk berlibur bersama dengan si kecil. Jika anak Anda tiba-tiba rewel atau sakit selama perjalanan cobalah untuk tetap berfikiran jernih dan jangan panik. Kalau Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik, pasti hal tersebut bisa dihindari.

Jadi, bagaimana? Apa Anda sudah memiliki rencana berlibur dengan keluarga di akhir pekan nanti? Jangan lupa aplikasikan tips liburan bersama anak di atas. Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: