Skip to content

Tempat Wisata Belitung, Keindahan Pulau Laskar Pelangi yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi wisata seperti apa yang paling sering Anda kunjungi? Gunung atau pantai? Kalau Anda ingin berkunjung ke pantai atau tempat wisata yang bertema tropis, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Belitung. Anda mungkin mengetahui Pulau Belitung dari film Laskar Pelangi. Di Film ini kita bisa melihat banyak keindahan pantai serta laut dari Pulau Belitung.

Tetapi, sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata Belitung yang bisa Anda eksplore. Mulai dari beberapa pantainya yang memang cantik dain air lautnya yang jernih. Belitung menyimpan banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Berikut beberapa rekomendasi dari Reddoorz mengenai tempat wisata Belitung yang menarik.

Pulau Lengkuas

tempat wisata belitung

Tempat wisata Belitung pertama yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Pulau Lengkuas. Pulau satu ini merupakan pulau kecil yang ada di timur Pulau Belitung. Di pulau ini Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru. Layaknya seperti dalam film Laskar Pelangi, Anda bisa melihat batu-batu granit raksasa yang ada di sisi pantai.

Di sini juga ada sebuah mercusuar yang cukup ikonik. Para pengunjung bisa menaiki mercusuar ini dan melihat keindahan Pulau Lengkuas dari atas. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat para  pengunjung bisa berkeliling lokasi ini hanya dengan waktu  20 menit saja.

Danau Kaolin

Alat berat beroperasi di area tambang Kulong Kaolin yakni danau yang tercipta akibat kegiatan penambangan kaolin di Desa Perawas, Tanjungpandan, Belitung, Selasa (26/5).

Kalau Bandung memiliki wisata alam kawah putih, Belitung juga punya danau kawah putihnya tersendiri. Danau Kaolin, merupakan salah satu tempat wisata Belitung yang cukup direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Dinamakan Danau Kaolin sendiri karena tempat ini merupakan bekas tempat penambangan kaolin.

Kalau di wisata kawah putih yang ada di Bandung, Anda akan mencium bau belerang, di Danau Kaolin ini Anda tidak akan mencium bau-bauan yang sama sekali. Kalau Anda ingin bermain air yang ada di lokasi ini juga termasuk aman karena air di danau ini tidak panas.

Untuk sampai ke sini, Anda bisa menuju pusat kota Tanjung Pandan terlebih dahulu. Anda bisa menuju ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi karena di lokasi ini sangat jarang ada angkutan umum. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat tempat wisata Belitung ini hanya perlu ditempuh dalam waktu  10 menit saja.

Museum Kata Andrea Hirata

museum kata

Tempat wisata Belitung berikutnya masih berkaitan dengan Film Laskar Pelangi. Semenjak film dan novelnya terkenal, Belitung memiliki sebuah meseum yang dinamakan Museum Kata Andrea Hirata. Di lokasi ini Anda bisa melihat beragai macam karya sastra dari berbagai genre. Ada 200 literatur yang disimpan di Museum Kata Andrea Hirata ini. Mesum Kata Andrea Hirata sendiri memang didirikan oleh Andrea Hirata sebagai wujud apresiasi seni. Untuk ke sini, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 50.000 saja. Anda juga bisa membawa oleh-oleh dengan membeli buku yang dijual di  museum ini.

Pantai Tanjung Tinggi

patai tanjung tinggi

Kalau Anda berkunjung ke Belitung, cobalah untuk datang ke Pantai Tanjung Tinggi. Tempat wisata Belitung satu ini berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Sepertinya pantai-pantai Belitung memang identik dengan batu-batu granit raksasa. Di pantai yang satu ini pun, Anda bisa menikmati keindahan pantainya dengan laut biru. Di Pantai Tanjung Tinggi Anda bisa berenang atau bersnorkeling. Tetapi Anda yang hendak snorkeling atau berenang di sini harus berhati-hati dengan serangan ubur-ubur.

Pantai Punai

patai belitung

Selain itu, Anda juga bisa melihat Pantai Punai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Di lokasi wisata ini Anda bisa menemukan banyak fasilitas penunjang seperti cottage, rumah makan seafood, hingga kamar bilas. Pantai ini berlokasi di Desa Tanjung Kelumpang yang hanya berlokasi 93 km dari ibukota Tanjung Pandan. Pantai ini pun hanya berjarak sekitar 1,5 hingga 2 jam saja dari Bandara H. AS Hanandjoeddin atau pun Pelabuhan di Tanjung Pandan.

(Baca Juga: REDDOORZ NEAR EXIT TOLL BOGOR, PENGINAPAN BERLOKASI STRATEGIS DAN MURAH)

Pantai Tanjung Kelayang

pantai tanjung kelayang

Tempat Wisata Belitung satu ini juga harus masuk ke dalam daftar lokasi wisata yang harus Anda kunjungi. Keindahan Pantai Tanjung Kelayang ini juga cukup unik karena batu granitnya ada yang berbentuk mirip dengan kepala burung. Keindahan pantai ini juga pernah dijadikan lokasi perhelatan Sail Wakatobi Belitong 2011. Saking jernihnya air yang ada di pantai ini, Anda bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang. Menyaksikan matahari terbenam juga menjadi momen yang sangat indah untuk Anda lalui selama berlibur di Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Leebong

pulau leebong

Agak berbeda dengan pantai yang lainnya, saat bermain ke Pulau Leebong Anda akan dihadapkan dengan deretan hutan Mangrove. Anda bisa menyusuri indahnya hutan Mangrove ini dengan melewati jembatan dermaga yang ada. Di ujung  jembatan ini ada dua bangku santai yang bisa Anda gunakan untuk bersantai-santai selama di sini. Anda juga bisa menikmati keindahan pulau dengan berperahu di sepanjang perairan ini.

Jadi apa Anda sudah memiliki rencana untuk datang ke tempat wisata Belitung ini? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: