Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha. Salah satu perayaan terbesar bagi umat islam ini tentunya akan terasa sangat spesial bagi setiap umat muslim yang ada di mana pun. Setiap negara di dunia pun memiliki berbagai macam cara perayaan Idul Adhanya masing-masing. Ada tradisi-tradisi unik yang biasa dilakukan di tempat-tempat tertentu. Berikut Reddoorz akan membahas tentang tradisi Idul Adha.

China

uighur-muslims-china-eid-al-adha

China kini menjadi salah satu negara yang perkembangan islamnya cukup pesat. Meski Agama Islam termasuk agama yang minoritas di China, tetapi perayaan Idul Adha di China juga tidak kalah semarak. Perayaan Idul Adha diselenggarakan selama empat hari. Mereka juga akan melakukan takbiran sehari sebelum perayaan berlangsung. Hal yang berbeda dengan perayaan Idul Adha di China adalah hanya para prianya saja yang melaksanakan Shalat Ied. Sedangkan, wanita di sana dillarang untuk melakukan shalat Ied di masjid.

Setelah melaksanakan shalat Ied masyarakat di China akan melakukan berberapa tradisi idul adha lainnya seperti membaca Al-quran, bernasyid hingga berkasidahan bersama. Suasana Idul Adha di Cina akan semakin semarak dengan adanya pasar dadakan yang diselenggarakan selama empat hari.

Turki

idul adha di turki

Tradisi Idul Adha berikutnya adalah di Turki. Di sini perayaan Idul Adha dikenal dengan ama Baqri-Ied atau Festival Sapi. Di sini Idul Adha terasa lebih spesial karena di Turki, Idul Adha dirayakan dengan liburan selama empat hari. Pemotongan hewan kurban seperti sapi, kambing hingga domba juga dilakukan.

Tetapi bedanya, orang-orang Turki lebih suka memasaknya langsung menjadi baklava dibandingkan dengan memasaknya dengan cara di bakar. Selain dimasak langsung, mereka juga akan memasaknya dengan cara menjadikannya daging giling atau kiyma.

Arab Saudi

ideul adha di arab saudi

Lalu, kita beranjak ke negara selanjutnya yaitu Arab Saudi. Di negara ini, Idul Adha merupakan salah satu perayaan yang cukup besar karena berkaitan dengan puncak Ibadah haji. Setelah penyelenggaraan Shalat Ied berjamaah  dari Masjidil Haram, umat Muslim di sana akan melakukan pemotongan hewan kurban yang hasilnya dibagikan ke seluruh  kawasan Asia serta Afrika.

Karena pemotongan hewan kurban yang cukup besar, daging-daging tersebut di distribusikan dengan menggunakan container menggunakan kapal laut dan pesawat. Tidak hanya sapi dan domba atau kambing saja yang dijadikan hewan kurban tetapi Unta pun juga dijadikan hewan kurban di Arab Saudi.

Amerika Serikat

amerika

Sedangkan, tradisi Idul Adha di Amerika Serikat dirayakan dengan liburan selama 1 hingga 3 hari. Kemeriahan Idul Adha akan terpusat di komunitas-komunitas Muslim yang ada di sana. Tetapi yang berbeda dengan di Indonesia, pemotongan hewan kurban di Amerika Serikat lebih dilakukan di tempat pemotongan hewan. Masyarakat muslim yang ada di sana nantinya tinggal memesan daging  hasill pemotongan tersebut.

Singapura

idul adha di singapura

Di Singapura perayaan Idul Adha akan diselenggarakan dengan cukup meriah juga. Nantinya, masyarakat akan menggunakan baju tradisional melayu saat hendak Shalat Ied berjamaah. Setelah shalat berjamaah kemudian mereka pun akan berkunjung ke sanak saudara untuk saling bersilaturahmi. Setelahnya, mereka juga akan melakukan ziarah.  Anda juga bisa menemukan  berbagai macam bazaar dengan hiasan yang meriah. Perayaan ini juga ramai dengan masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara.

(Baca Juga: LIBURAN HEMAT DAN SERU DI REDDOORZ NEAR PLAZA MARINA)

Rusia

idul adha di rusia

Negara berikutnya yang cukup meriah merayakan Idul Adha adalah Moskow. Idul Adha di sini lebih dikenal dengan nama Kurban Bayram atau yang memiliki arti pergorbanan. Sedangkan tradisi Idul Adha Bayram berarti festival atau pun pesta.

Shalat Idul Adha di Moskow biasa dilakukan di Masjid Agung Moscow dan Masjid-masjid besar lainnya seperti Historical Mosque dan Memorial Mosque. Hal yang sedikit berbeda adalah pemotongan hewan kurban di sini dilakukan di tempat pemotongan hewan khusus yng berada di luar kota Moscow. Di Rusia pun hari raya Idul Adha tidak dijadikan hari libur tetapi hari kerja seperti biasa. Hanya daerah-daerah seperti Republik Tatarstan, Bakhorkostan, Chechnya, Krimea dan provinsi lain yang banya muslimnya yang diberikan hari libur selama 1 hari untuk perayaan Idul Adha ini.

Indonesia

idul adha di indonesia 2

Di Indonesia sendiri perayaan Idul Adha diselenggarakan dengan berbagai macam cara. Setiap daerah di Indonesia memilki tradisi idul adha sendiri. Satu hari sebelum perayaan, biasanya akan diramaikan dengan malam takbiran meskipun tidak seramai dengan saat Idul Fitri.

Tetapi, takbiran ini pasti akan dilakukan pada malam sebelum Idul Adha. Masyarakat Indonesia biasanya akan melaksanakan shalat Ied berjamaah yang disambung dengan pemotongan hewan kurban. Hal yang unik di sini, kebanyakan dari masyarakat Indonesia akan memasak daging kurban dengan menjadikanya gulai atau sate.

Bagaimana apa Anda punya tradisi idul adha sendiri? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s