7 Tempat Wisata Ujung Kulon Yang Menarik untuk Anda Kunjungi

Indonesia selalu menyimpan keindahan alamnya tersendiri. Mulai dari perbatasan ujung pulau hingga perbatasan pulau terluar, negeri kita tercinta ini selalu menarik untuk dibahas. Salah satu tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dibahas adalah Ujung Kulon. Wisata Ujung Kulon menjadi salah satu bagian menarik dari pariwisata Indonesia.

Taman Nasional Ujung Kulon pun sudah tercatat oleh UNESCO sejak tahun 1991 dan menjadi salah stu warisan dunia yang harus dilindungi. Tempat ini pun menjadi salah satu tempat perlindungan bagi Badak Jawa. Untuk Anda RedTraveler yang ingin berlibur ke Ujung Kulon berikut beberapa tempat wisata Ujung Kulon yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

Pulau Peucang

dermaga pulau peucang

Tempat wisata pertama yang cukup populer di Ujung Kulon ada Pulau Peucang. Pulau yang satu ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan lokal maupun luar negeri. Di sini, Anda bisa menemukan pantai pasir putih  yang airnya sangat jernih. Jernihnya air yang ada di sini membuat Pulau Peucang menjadi salah satu tempat yang seru untuk bersnorkeling. Tidak hanya snorkeling,  kegiatan lain seperti berjalan (trekking) ke karang Copong pun bisa Anda lakukan.

Pulau Peucang ini menjadi konsentrasi tempat penangkaran Badak Bercula Satu yang ada di Ujung kulon. Anda tidak perlu khawatir dengan tempat wisata Ujung kulon yang satu ini.  Pulau Peucang sudah memiliki berbagai macam fasilitas wisata yang memadai salah satunya penginapan. Jadi untuk ada yang ingin berlibur ke sini sangat  pasti akan nyaman dan pastinya aman.

Pulau Panaitan

pulau panaitan

Tempat wisata Ujung Kulon berikutnya yang bisa Anda bisa kunjungi adalah Pulau Panaitan. Di sini Anda bisa menikmati keindahan deburan ombak  dari lautnya yang luar biasa cantik. Anda bisa melihat berbagai biota laut dan suasananya yang masih asri. Anda tidak perlu jauh-jauh untuk berenang ke tengah laut untuk melihat ekosistem bawah laut yang di sini. Hanya dengan berenang di pinggir laut pun Anda bisa melihat keindahan biota laut  yang menakjubkan. Tidak hanya menikmati keindahan lautnya yang jernih dan indah, di sini pun Anda bisa menyusuri hutan yang belum terjamah. Anda juga bisa melihat keindahan matahari terbenam dari lokasi ini.

Sungai Cigenter

sungai cigenter

Sedangkan, Anda yang ingin mencoba suasana lain di Ujung Kulon bisa berkunjung ke Sungai Cigenter. Anda bisa merasakan sensasi berlibur di sungai Amazon selama Anda menyusuri sungai Cigenter ini. Ajak serta teman atau saudara Anda untuk naik Kano bersama untuk melihat indahnya sungai Cigenter ini. Di sini Anda bisa merasa excited sekaligus ngeri karena masih banyaknya hewan liar di sepanjang sungai Anda bisa melihat mulai dari  ular hingga buaya. Jadi Anda harus hati-hati ya.

Untuk bisa naik perahu Anda perlu merogoh kocek hingga Rp. 1.500.000 dengan jumlah kapasitas 20 orang dalam satu perahu. Biaya ini sudah termasuk biaya pulang pergi, jadi Anda yang pergi bersama rombongan bisa patungan bersama untuk bisa menyewa perahu. Sebelum masuk menyusuri sungai Cigenter sendiri Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.500.

Gunung Honje

honje

Tidak hanya pantai dan  sungainya yang menarik untuk Anda susuri. Ujung Kulon juga menyimpan tempat wisata bentuk lain yang tidak kalah menarik. Gunung Honje menjadi salah satu tempat wisata Ujung Kulon yang wajib Anda kunjungi. tempat wisata Ujung Kulon ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Meski tidak setinggi  gunung-gunung yang ada di Jawa yakni hanya sekitar 700 mdpl, Gunung Honje tetap menyimpan keindahan vegetasi alamnya tersendiri. Trekking di sini Anda bisa bertemu dengan berbagai macam hewan liar dan satwa yang ada di sana. Selama di sini, Anda akan di pandu oleh para pemuda dari desa di daerah ini dan porter yang siap membawa barang-barang Anda selama trekking.

Pulau Handeleum

pulau hendeleum

Tempat wisata Ujung Kulon berikutnya ada Pulau Handeleum. Di sini Anda bisa menikmati keindahan hutan mangrove. Sama seperti saat Anda hendak menyusuri sungai Cigenter, untuk melihat keindahan hutan mangrove yang ada di sini Anda bisa menaiki perahu karet. Ada tiga jenis vegetasi  yang hidup di hutan mangrove ini diantaranya Api-api, Pidada, hingga bakau. Hutan mangrove ini menjadi tempat  berkembang biaknya banyak biota laut seperti kepiting, ikan dan udang. Bagaimana Anda tertarik ke sini?

(Baca Juga: REDDOORZ NEAR GOR PADJAJARAN BOGOR, PENGINAPAN DENGAN SUASANA ANTIK)

Pulau Oar

pulau oar

Berikutnya ada Pulau Oar yang masuk menjadi salah satu tempat wisata ujung kulon yang wajib Anda kunjungi. Pulau Oar ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni. Jadi selama Anda berkunjung ke sana, Anda bebas bermain pasir putih dan berkeliling pulau. Hal yang terasa spesial di sini adalah bila kebanyakan pantai yang ada di daerah Banten sudah tercemar atau tidak terlalu biru. Tetapi, pantai di Pulau Oar ini masih segar dan jernih. Anda bersama teman dan saudara bisa camping seru selama berada di pulau ini. Anda tidak perlu khawatir karena pulau ini sudah dilengkapi dengan sanitasi yang sudah cukup memadai  mulai dari toilet hingga sumur air. Pokoknya, Pulau Oar menjadi salah satu tempat wisata yang wajib masuk daftar destinasi Anda saat ke Ujung Kulon.

Pantai Ciputih

patai ciputih

Saat Anda ke Ujung Kulon, tempat wisata selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah  Pantai Ciputih. Pantai ini merupakan satu-satunya pantai di Ujung Kulon yang telah disentuh oleh pradapan manusia. Anda yang ingin menginap dengan suasana penginapan yang lebih mewah bisa menginap di  Ciputih Beach Resort. Selama di sini Anda bisa bersnorkeling di perairan dangkal dan melihat berbagai biota dan ekosistem laut yang ada di sini. Anda hanya perlu menyewa kapal kecil  dengan harga Rp. 500.000 untuk satu hari.

Apa Anda sudah punya rencana untuk berlibur ke Ujung Kulon? Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s