Skip to content

Tempat Panjat Tebing di Indonesia Bagi Anda Pecinta Olah Raga Ekstrim

Menjaga kesehatan memang sama pentingnya dengan traveling. Anda yang suka traveling tentunya tidak akan bisa kemana-mana jika kondisi tubuh sedang tidak fit. Tapi jangan khawatir karena sebenarnya Anda bisa berolahraga sambil jalan-jalan ke tempat-tempat seru. Di Indonesia sendiri banyak tempat wisata yang bisa Anda jadikan tempat olah raga yang oke. RedTraveler yang ingin berolahraga dengan suasana yang berbeda bisa mencoba berkunjung ke beberapa lokasi wisata ini. Berikut beberapa rekomendasi dari Reddoorz tentang lokasi panjat tebing di Indonesia.

Tebing Pantai Siung Yogyakarta

tebing siung

Kalau Anda ingin merasakan sensasi memanjat tebing sambil melihat pemandangan pantai cobalah untuk berkunjung ke Tebing Pantai Siung di Yogyakarta. Tempat ini menjadi salah satu tempat panjat tebing terbaik yang ada di Yogyakarta. Ada sekitar 50 jalur pemanjatan yang sudah dipasang hanger atau pengaman permanen di sini. Tebing Pantai Siung sendiri memiliki ketinggian sekitar 5 hingga 10 meter yang sehingga cocok untuk sport climbing dan artificial climbing. Bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang lebih menantang, gunakan jalur Kuda Laut dan Pancaran Siung karena memang lebih sulit dari jalur biasa. Bagaimana Anda tertarik untuk mencoba panjat tebing di sini?

Tebing Uluwatu, Bali

Pemandangan dari arah Pura Luhur Uluwatu

Bali bukan hanya menjadi tempat wisata yang menyimpan berbagai macam keindahan alam seperti pantai hingga pemandangannya yang eksotis. Di Pulau Dewata ini Anda juga bisa mencoba sesuatu yang berbeda seperti halnya olah raga panjat tebing. Lokasi panjat tebing di Uluwatu ini memiliki ketinggian mulai dari 75 hingga 100 meter. Tingkat kesulitannya sendiri pun sangat bervariasi yaitu mulai dari yang  mudah, sedang hingga sulit untuk para pemanjat professional. Sambil memanjat di sini Anda bisa melihat keindahan pantai Uluwatu yang eksotis.

Tebing Citatah, Jawa Barat

tebing citatah

Anda yang ingin mencoba sensasi lain saat berkunjung ke daerah Bandung, pergilah ke Tebing Citatah. Salah satu tempat panjat tebing di Indonesia ini merupakan bekas pertambangan kapur. Di sini terdapat tiga tebing yang digunakan sebagai tempat pemanjatan. Ketiga tebing tersebut memiliki ketinggian yang bervariasi mulai dari 48 meter, 90 meter hingga 125 meter.

Ada 25 jalur pemanjatan yang bisa Anda coba di Tebing Citatah ini. Untuk sampai ke sini Anda bisa menempuh dua jalur yakni melalui Ciawi dan Tol Cipularang. Sedangkan, Anda yang ingin menggunakan bus bisa naik dari Terminal Kampung Rambutan. Tidak terlalu sulit bukan? Kapan lagi RedTraveler bisa mencoba sensasi lain berwisata di Bandung!

Gunung Api Purba, Gunung Kidul

gunung api purbaa

Tempat panjat tebing di Indonesia berikutnya memiliki ketinggian 300 meter dan luas 800 meter. Tetapi, untuk para pemula dan wisatawan yang baru ingin mencoba panjat tebing tidak perlu khawatir. Ada banyak jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi di Gunung Api Purba. Tebing ini berlokasi di desa Nglangeran, kecamatan Patuk, kebapaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk sampai ke sini Anda bisa menjadi melalui jalur Wonosari dari pusat kota Yogyakarta. Kemudian Anda juga bisa melewati Bukit Bintang dan Radio GCD untuk nantinya menuju Desa Ngoro-ngoro. Tidak jauh dari situ Anda akan sampai di Gunung Api Purba Desa Nglanggeran. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 9000 saja perorangnya.

(Baca Juga: HEMAT BIAYA LIBUR LEBARAN DENGAN MENGINAP DI REDDOORZ PLUS @ MALIOBORO)

Tebing Sepikul, Jawa Timur 

tebing sepikul

Tempat panjat tebing selanjutnya adalah Tebing Sepikul.  Salah satu tempat panjat tebing di Indonesia ini berlokasi di DesaWatu Agung Watulimo kabupaten Trenggalek. Tebing Sepikul terdiri dari bebatuan Andesit dengan tinggi  250 meter dan lebar 150 meter. Untuk menuju lokasi Tebing Sepikul, Anda hanya perlu menggunakan bus dengan jalur Jakarta-Surabaya-Durenan hingga Gua Lowo. Tebing Sepikul dikenal juga sebagai tebing yang sering digunakan sebagai tempat pengibaran sang saka merah putih pada hari kemerdekaan Indonesia. Anda bisa pergi ke sini untuk melihat bagaimana proses pengibaran bendaranya berlangsung. Salah satu tempat yang cukup menarik bukan?

Tebing Carstensz Pyramid, Jayawijaya Papua

tebing jaayawijaya

Anda yang ingin melihat bagaimana indahnya gunung Jayawijaya berkunjunglah ke Tebing Carstensz Pyramid, Papua. Tebing ini terbuat dari batuan andesit dengan ketinggian 600 meter. Medan pemanjatan Tebing Carstensz ini termasuk yang cukup sulit. Saking sulitnya hanya beberapa orang saja yang berhasil sampai ke puncak  diantaranya Pat Morrow. Tidak heran hal inilah yang membuat Gunung Jayawijaya termasuk ke dalam Seven Summit. Fisik dan mental harus Anda persiapkan saat ingin mendaki tebing di gunung ini.

Itulah beberapa tempat panjat tebing di Indonesia yang bisa Anda coba. Untuk Anda para pecinta olah raga ekstrim, Reddoorz punya berbagai macam artikel referensi lainnya. Nah, untuk Anda yang ingin menginap di Bali kota-kota lain di Indonesia, seperti; Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Jakarta. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: