Skip to content

Punya Budget Lebih? Kunjungi 5 Negara Termahal di Asia

Liburan ala backpacker ataupun flashpacker memang menjadi suatu tren tersendiri beberapa tahun belakangan ini. Namun ternyata tidak semua orang memilih untuk berwisata ala backpacker. Mereka yang memiliki budget lebih tentu ingin berlibur dengan fasilitas kelas satu dan mengunjungi tempat-tempat elit di berbagai negara. Ungkapan lebih dekat belum tentu murah, lebih jauh belum tentu mahal rasanya tempat ditunjukan untuk 5 destinasi ini. Walaupun berada dalam satu benua dengan Indonesia, faktanya 5 kota di Asia ini termasuk dalam 10 kota termahal di dunia versi The Economist tahun 2017. Lima destinasi ini bahkan tercatat sebagai kota termahal di atas Paris, New York dan Copenhagen. Apa saja sih Negara-negara mahal di Asia ini? Yuk simak selengkapnya RedTraveler!

Singapura

kota termahal di asia 1

Selama 4 tahun terakhir, Singapura mempertahankan prestasinya dengan menduduki peringkat teratas dalam daftar kota termahal di dunia. Berdasarkan data, Singapura tercatat lebih mahal 20% dari New York dan 5% lebih mahal dari Hong Kong. Dengan luas yang hanya sebesar 718 kilometer persegi, Singapura memiliki keterbatasan sumber daya alam sehingga harus mengimpor banyak komoditas dari Negara lain dan menjadikan harga jual di sana melonjak.

Sebagai sebuah destinasi wisata, Singapura memiliki potensi besar untuk menguras uang Anda. Untuk urusan akomodasi, lupakan niat menginap di hotel yang berlokasi di pusat bisnis atau perbelanjaan. Harga hotel bintang tiga atau empat di area itu bahkan bisa lebih mahal dari hotel bintang tiga atau empat di area itu bahkan bisa lebih mahal dari hotel bintang lima di Jakarta.

Untuk transportasi, ada baiknya Anda tidak menggunakan taksi dan menghemat budget liburan di Singapura dengan memanfaatkan MRT atau bus umum. Jika berencana mengisi liburan di Singapura dengan memanfaatkan MRT atau bus umum. Jika berencana mengisi liburan dengan berkunjung ke Universal Studio Singapore, pastikan Anda telah mempersiapkan budget khusus. Sebagai Universal Studios pertama yang dibangun di Asia Tenggara. Tempat ini tercatat sebagai salah satu top attraction termahal di Asia selain day tour di Great Wall of China.

Hong Kong

kota termahal di asia 2

Selama 2 tahun terakhir, Hong Kong masuk sebagai kota termahal kedua di dunia. Dengan 303 gedung pencakar langit, Hong Kong merupakan kota yang bukan hanya mahal, tapi juga gemerlap. Menurut data Oxford Economics, harga rumah di Hong Kong nyaris mencapai Rp 550 miliar tercatat sebagai harga properti termahal di dunia.

Tidak jauh berbeda dengan Singapura, Hong Kong juga mematok harga tinggi untuk akomodasi dan transportasi. Biaya hidup pun semakin melambung tinggi pada momen Tahun Baru Imlek. Kenaikan jumlah wisatawan sebanyak 14.1% turut berpengaruh terhadap kenaikan ini. Oleh sebab itu siapkanlah budget lebih jika ingin liburan ke Hong Kong pada saat musim liburan Imlek.

Untuk mendapat harga yang lebih murah, Anda bisa menginap di daerah Mongkok. Sedangkan untuk urusan kuliner, pastikan Anda menyiapkan budget yang cukup. Meski menawarkan beragam pilih makanan, mulai dari kaki lima hingga restoran di hotel bintang lima, harga makanan di Hong Kong termasuk tinggi. Sebagai perbandingan, harga sebotol wine di Hong Kong lebih mahal dibandingkan harga di New York. Sementara, harga roti di Hong Kong lebih tinggi dari harga di Copenhagen.

Tokyo

kota termahal di asia 3

Sebagai tempat tinggal, Tokyo menduduki peringkat keempat kota termahal di dunia di bawah Singapura, Hong Kong dan Zurich. Sedangkan sebagai destinasi wisata, biaya traveling di Tokyo (yang mencakup penginapan, makan, minum dan hiburan) merupakan yang tertinggi di Asia.

Tarif taksi di Tokyo merupakan tarif taksi kedua termahal di dunia di bawah tarif taksi di Zurich. Setiap 3 km, rata-rata biaya taksi di Tokso bisa mencapai Rp 250.000. Yang lebih fantastis, biaya taksi dari Narita International Airport ke pusat kota Tokyo dapat mencapai lebih dari Rp 5.000.000. Agar tidak kebobolan, pastikan Anda memilih transportasi yang lebih terjangkau seperti kereta atau bus.

Jika Anda pemburu makanan enak, Tokyo akan membuat Anda jatuh cinta dan sekaligus berpotensi membuat kantong Anda jebol. Sebagai catatan, Tokyo memiliki lebih dari 160.000 tempat makan dan beragam restoran premium yang mendapatkan Michelin Star. Jika berencana memanjakan lidah dan perut selama berada di Tokyo, Anda harus merencanakan budget khusus.

Osaka

kota termahal di asia 4

Seolah ingin membuktikan diri sebagai Negara termahal, 2 kota di Jepang masuk ke dalam daftar 5 besar kota termahal di dunia. Tokyo berada di peringkat keempat dan Osaka mengekor di posisi ke 5.Tidak jauh berbeda dengan Tokyo, Anda perlu menyiapkan budget lebih jika ingin jalan-jalan yang menyenangkan di Osaka.

Dikenal sebagai pusat kuliner, Osaka menjanjikan tempat makan yang lebih berwarna. Banyaknya tempat makan di Osaka membuat kota ini memiliki slogan Kuidaore yang berarti ‘makan hingga kekenyangan’. Ingin mencoba chef tasting di Osaka? Pastikan Anda menyediakan budget setidaknya Rp 500.000 hingga Rp1,2 juta. Sekedar catatan, harga roti di Osaka lebih mahal dibandung harga roti yang dijual di Sydney.

Seoul

kota termahal di asia 5

Melengkapi kota Asia lainnya, Seoul menjadi kota terakhir yang menduduki peringkat keenam dalam daftar kota termahal di dunia. Jika berencana berwisata ke Seoul, beberapa hal berikut perlu mendapat perhatian dan biaya lebih. Pertama, penginapan tidak jauh berbeda dengan kota-kota mahal lainnya, harga hotel di Seoul terbilang tinggi. Jika tidak ingin membuang jutaan Rupiah per malam, menginap di hostel merupakan pilihan terbaik.

Kedua, makanan. Banyak makanan di Seoul yang masuk ke dalam daftar makanan termahal di dunia. Sebagai informasi, harga wine dan Starbucks di Seoul lebih mahal dibandingkan dengan harga produk serupa di New York.

Ketiga, pakaian. Tidak jauh berbeda dengan Singapura, Seoul memaok harga tinggi untuk produk fashion. Jika berencana berlibur sambil belanja, pastikan Anda telah menyiapkan budget khusus untuk shopping.

Nah, itulah tadi informasi singakt mengenai beberapa Negara dengan biaya hidup termahal di Asia. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke berbagai kota di Indonesia yang tentunya juga murah, seperti; Jakarta, Bali, Yogyakarta, Bogor, Surabaya dan Bandun. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas yang lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: